Anda merasakan ada suatu hal yang aneh pada telinga? seperti ada tekanan berlebih, memberikan rasa penuh pada telinga, dan kadang-kadang disertai dengan adanya suara teredam, bahkan berderak di dalam telinga.

Kemungkinan besar saat ini telinga anda sedang mengalami penyumbatan. Lalu cara seperti apa yang musti dilakukan jika telinga mengalami penyumbatan? Sebelum kita mencari tahu cara apa yang musti dilakukan untuk mengatasinya, mari kita memahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi di dalam telinga kita, sampai-sampai bisa terjadi penyumbatan.

Apa Penyebab Telinga Tersumbat?

Telinga bisa tersumbat karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Disfungsi tuba eustachius akibat infeksi
  2. Adanya kotoran berlebih dalam telinga
  3. Akumulasi air di dalam telinga
  4. Perubahan ketinggian
  5. Alergi
  6. Masalah sinus

Beberapa penyebab kurang umum termasuk kista dan tumor dalam telinga, juga bisa menjadi faktor penyebab dari adanya telinga tersumbat. Jika kemacetan telinga tidak lega dan terus tersumbat, dan kemudian disertai dengan rasa sakit, segeralah berkonsultasi dengan dokter, dan menjalankan pengobatan secara rutin.

Gejala Dari Telinga telinga tersumbat

Gangguan telinga tersumbat biasanya akan sangat menjengkelkan, disebabkan menimbulkan beberapa gejala seperti:

  • Tidak bisa mendengar apa-apa
  • Telinga sering merasa gatal
  • Adanya rasa nyeri dibagin dalam telinga
  • Timbul ketidak nyamanan pada bagian atas kedua telinga
  • Mengalami sakit kepala, akibat telinga sering berdenging
  • Akan sering mengalami ketidak seimbangan

Pengobatan rumahan untuk sembuh Telinga tersumbat

Janganlah anda ragu untuk mencoba menjalankan beberapa macam cara atau metode pengobatan atasi telinga tersumbat berikut  ini secara rutin, sebab dengan anda menjalankannya, maka anda akan mendapatkan efek positif yang ditimbulkanya, salah satunya telinga akan cepat merasa lega seperti biasanya.

Metode ini bekerja secara efektif, dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merasakan khasiatnya, untuk itu segera jalankan secara rutin beberapa cara pengobatan berikut ini, jika anda, keluarga anda, dan sanak saudara anda sedang mengalami ganggguan telinga tersumbat.

Minyak zaitun

Pengobatan alami atasi telinga tersumbat secara mudah dan cepat dengan minyak zaitun hangat.

Minyak zaitun dapat melembutkan kotoran telinga, sehingga akan mudah dibersihkan, dan di keluarkan. Apa saja yang perlu disiapakan untuk mengolahnya, dan bagaimana cara untuk mengolahnya ?

Anda hanya cukup menuangkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga yang terkena gangguan, atau mampet dengan menggunakan pipet, dan kemudian membiarkannya bekerja pada telinga tersumbat anda selama lima sampai 10 menit.

Kemudian, keluarkan dengan cara di lap secara perlahan menggunakan kapas, namun hanya pada bagian terluat telinga saja. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari sampai masalahnya selesai.

Minyak yang berasal dari pohon teh

Ini adalah jenis minyak esensial yang terbukti menjadi obat rumahan yang serbaguna, dan salah satunya yakni untuk mengatasi telinga yang tersumbat.

Apa yang musti disiapkan?

  1. Beberapa tetes minyak pohon teh
  2. Air panas
  3. Proses
  • Tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam air yang mendidih.
  • Aduk rata dan lembut
  • Kemudian miringkan kepala anda kebagian telinga yang sedang mengalami penyumbatan, dan sekaligus menempatkan telinga di atas uap.
  • Biarkan uap meringankan telinga Anda diblokir.

Obat rumah sederhana ini akan memberikan bantuan instan pada telinga tersumbat anda. Sebab minyak pohon teh ini, mengandung anti-inflamasi dan antibiotik, yang baik untuk mengobati infeksi sinus, dan menghapus kemacetan telinga disebabkan karena infeksi saluran pernapasan.

Minyak Bawang Putih

Bawang putih efektif mengurangi kemacetan/ tekanan pada telinga jika hal itu disebabkan karena kotoran telinga yang berlebihan, namun pengobatan rumahan ini tidak dapat bekerja untuk telinga tersumbat karena perubahan ketinggian, misalnya, terbang.

Bahan yang musti disiapkan untuk mengolahnya:

  • 2 siung bawang putih
  • 1-2 sendok makan minyak zaitun

Seperti apa Proses pembuatannya?

Menghancurkan siung bawang putih dan panas mereka dengan minyak zaitun.
Biarkan minyak dingin dan tuangkan dua atau tiga tetes ke dalam telinga yang terkena.
Tiriskan telinga setelah satu menit dan merasa bantuan segera.

Bawang putih bekerja lebih baik dalam mengobati kanal telinga yang terinfeksi karena antibakteri dan antijamur. Telah digunakan sejak berabad-abad untuk mengobati infeksi terkait telinga, oleh sebab itu lakukanlah proses ini secara rutin, namun jangan terlalu sering.

Uap Inhalasi

Sebuah pengobatan alami rumahan yang sederhana untuk menyingkirkan partikel penyebab tabung telinga menjadi tersumbat adalah untuk menghirup uap. Yang perlu anda siapkan diantaranya yakni semangkuk besar, dan 2-3 tetes minyak esensial

Panaskan terlebih dahulu air dalam mangkuk besar, dan kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda untuk itu.
Menutupi kepala Anda dengan handuk dan menghirup uap sampai lendir mengendur.
Ketika Anda Perlu Untuk Apakah ini

Ulangi dua atau tiga kali sehari sampai Anda mendapatkan bantuan kemacetan telinga. Sebab uap akan melembutkan kemacetan di telinga, dan juga dalam hidung dan sinus. Ia bahkan bisa melonggarkan kotoran telinga.

Mengompres dengan air hangat

Siapkan sebuah handuk kecil, air hangat ketika anda kana memulai pengobatan dengan cara ini, kemudian celupkan handuk di air hangat. Peras kelebihan air.
Tempatkan handuk ini di telinga yang terkena selama lima sampai 10 menit.
Anda juga bisa mengadakan wadah hangat di dekat telinga.

Ulangi dua atau tiga kali sehari, sampai masalah yang menyerang  telinga anda benar-benar telah mengalami suatu kondisi yang cukup normal.

Kompresan yang hangat efektif dalam mengendurkan kemacetan dan mengurangi rasa sakit pada telinga. Namun metode ini tidak akan memiliki efek samping jika dilakukan dengan lembut. Oleh sebab itu pastikan air yang akan digunakan untuk mengompres tidak terlalu panas.

Berkumur  dengan air garam

Sebelum anda menjalankan pengobatan lambung yang satu ini, alangkah baiknya siapakan terlebih dahulu satu sendok teh garam, dan segelas air hangat. Kemudia campurkanlah kedua bahan tersebut kedalam suatu wadah berukuran besar, jika suda benar tercampur secara merata, gunaknlah untuk berkumur selama 15 detik setiap kali Anda mengambil seteguk, sampai benar-benar air ramuan tersebut habis.

Denga anda rutin menjalankan pengobatan yang satu ini, maka anda akan merasakan efek menenangkan pada tabung Eustachio yang berada di bagian dalam telinga anda, karena mereka terhubung ke dasar tenggorokan, dan ini adalah salah satu solusi alami paling efektif untuk mengatasi telinga tersumbat.

Gimana bahan-bahan yang digunakan pada ramuan untuk memgatasi gangguan telinga sangat mudah didapat bukan? selain menggunkan bahan-bahan yang mudah didapat, cara dalam pengolahannya pun sangat mudah, dan tidak akan membuat anda repot.

Segera coba buat sendiri, dan rasakan manfaatnya ya!

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.