Saat ini telah tercatat, sudah lebih dari 12 juta orang di Amerika terdiagnosa oleh penyakit paru obstruktif kronik, namun tidak menutup kemungkinan di Indonesiapun sebagia masyarakat ada yang terserang oleh penyakit yang pusat penyerangannya pada paru ini, namun sepertinya mereka tidak menyadarinya.

Hal tersebut terjadi disebabkan dari adanya kebanyakan kasus, jenis penyakit yang menyerang pada organ paru ini, tidak menimbulkan suatu gejala secara jelas, hanya saja mereka mungkin akan mengalami batuk, dan adanya gangguan pada pernafasan yang sederhana saja.

Namun meskipun gejala tersebut terbilang sederhana, jika dalam jangka waktu dekat anda tidak langsung mengatasinya, dan acuh terhadap gangguan kesehatan tersebut, maka beberapa gejala tersebut perlahan akan mengalami perubahan, menjadi suatu gejala yang berbahaya yang dapat menimbulkan suatu gangguan tubuh yang lebih serius dari sebelumnya.

Oleh sebab itu lakukanlah beberapa tips berikut ini jika anda sudah mengalami, atau merasakan ada suatu gangguan yang menyerang pada organ paru anda seperti batuk dan terserangnya oleh gangguan yang  menyerang apda sisitem pernafasan anda.

Inilah tips mengolah perafasannya

Tetap aktif dalam menjalankan suatu latihan olahraga

Tekadang banyak orang yang ketika dirinya terserang oleh gangguan yang menyerang pada organ parunya, malah menghindari suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan latihan olahraga peranafasan, padahal tindaka tersebut akan sangat berpengaruh pada penurunan fungsi paru-paru secara lebih cepat.

Oleh sebab itu bagi anda yang saat ini sedang mengalami suatu gangguan pada organ parunya, diusahakan untuk selalu aktif dalam menjalankan suatu latihan, agar anda dapat mengurangi beberapa macam gejala yang ditimbulkannya secara efektif, tanpa meninggalkan efek samping yang berbahaya, yang biasanya gejala yang ditimbulkannya akan menyerang pada sisitem pernafasan.

Latihan yang anda jalankan, diusahaka bukan hanya latihan yang akan memberi manfaat pada sistem pernafasan saja, namun alangkah baiknya latihan yang anda jalankan, juga dapat memberi manfaat yang baik pada organ tubuh bagian yang lainya seperti jantung, pembuluh darah, dan otot-otot di tubuh.

Hindari diri anda dari berbagai hal yang dapat memperparah pada gangguan kesehatan paru anda

Anda dapat mengurangi berbagai gejala yag ditimbulkan dari terserangnya tubuh anda oleh penyakit paru, agar keadan tubuh anda lebih terasa nyaman, dan enak dalam menjalankan berbagai kegiatan, caranya yaitu dengan menjauhi diri anda dari yang namanya menghirup udara yang banyak mengandung polusi, namun ini bukanlah hal yang gampang, sebab untuk saat ini mungkin udara di sekeliling kita sudah dipenuhi dengan polusi yang berasal dari banyaknya kendaraan yang berlalu lalang.

Oleh karena itu anda dapat segera mangatasinya dengan cara, rutinlah anda menggunakan masker saat akan melakukan perjalanan kemana saja, yang harus anda ketahui jika anda mengunakan masker, anda bukan hanya akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan pernafasan dan organ paru-paru anda saja, namun anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda.

Hal yang lainnya yang musti anda hindari :

  • Lakukan suatu tindakan pencegahan pada tubuh anda, agar tidak mudah terserang oleh penyakit flu, pilek dan pneumonia. Sebab ketiga jenis penyakiut tersebut akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan memperparahnya penyakit yang menyerang pada organ paru.
  • Hindarilah dari penggunanan AC atau filter udara di rumah Anda seacra berlebihan, sebab tubuh anda akan dengan mudah terserang oleh gangguan yang menyerang pada organ paru anda. Jika anda sudah terbiasa menggunakannya diusahakan mukai dari sekarang ubahlah kebiasaan anda tersebut dengan cara lain, yakni dengan cara membukakan jendela.

Mengerucutkan bibir saat bernafas

Cara ini memilki manfaat yang sangat efektif dalam mengatasi adanya ganguan yang menyerang pada pernafasan anda, cara yanga dapat anda lakukan dalam menjalankan tips ketiga ini yaitu dengan :

  • Menarik nafas secara mendalam, melalui hidung selama sekitar empat detik
  • Lalu buang napas melalui mulut selama enam sampai delapan detik secara perlahan, dengan keadaan bibir Anda yang hampir tertutup.

Kedua cara tersebut akan sangat membentu pada terciptanya sensasi bernapas yang lebih nyaman, dan udara yang keluarpun akan lebih lancar dan lebih banyak pula, dan akan mudah untuk membuat ruang di paru-paru, untuk napas dalam-dalam berikutnya.

Mempertahankan diet yang sehat

COPD mencakup gangguan kesehatan yang lainnya seperti emphysema dan bronkitis kronis, kedua jenis penyakit tersebut kan menimbulkan suatu kondisi yang berbeda pada setiap pasiennya, namun pasien yang terserang oleh kedua jenis panyakit tersebut sama-sama memerlukan makanan yang sehat.

Secara medis Pasien emfisema biasanya cenderung memilki postur tubuh yang kurus, sangat mudah terserang sesak napas, dan mengalami kurang gizi, oleh sebab itu inilah penyebab utama dari adanya pernyataan bahwa seseorang yang terserang oleh penyakit empisema sangat memerlukan konsumsi makanan yang sehat dalam jumlah yang seimbang. Kemudian bagi para penderita bronkitis, memilki keadan yang berbanding terbalik dengan penyakit empisema, yakni memiliki berat badan yang berlebih, dan akan menempatkan beban tambahan pada paru-paru.

Bernapas dengan diafragma

Bernapas dengan diafragma, merupakan jenis latihan pernafasan yang difokuskan pada rongga perut, dan rongga dada yang membesar, akibat paru-paru penuh terisi oleh udara. Ketika anda akan mencoba latihan pernafasan yang satu ini, silahkan segeralah anda berbaringlah telentang, atau menopang diri anda di bantal, tempatkan tangan di perut Anda, dan yang lainnya di dada Anda, dan aturlah nafas anda secara tepat dan teratur. Praktekan latihan pernafasan yang satu ini selama 20 menit dalam dua atau tiga kali sehari, sampai Anda merasakan kenyamanan dalam  bernapas anda.

 

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.