Faringitis merupakan jenis penyakit yang umum dikenal dengan radang tenggorokan, penyakit ini paling sering menyerang pada kebanyakan orang, dan biasanya akan muncul bersamaan dengan serangan influenza.

Penyebab utama timbulnya penyakit faringitis yakni berupa adanya pertumbuhan beberapa jenis bakteri dan virus seperti virus penyebab batuk, influenza hingga campak, sehingga gejala yang sering ditimbulkannya pun berupa batuk, demam, flu, tenggorokan terasa sakit saat menelan dan bicara.

Biasanya untuk faringitis akut akan mengalami kesembuh dengan sendirinya, dan dalam jangka waktu cepat, kurang lebih selama seminggu atau lebih. Namun untuk mencegah kondisi yang lebih buruk yang dapat melaju ke faringitis kronis maka bisa mencoba beberapa cara pengobatan berikut ini.

Berkumur dengan Air Garam Hangat

Garam memiliki manfaat yang sangat baik dalam membunuh semua bakteri penyebab faringitis. Sebab dalam sebuah penelitian yang dikembangkan oleh Universitas Connecticut mengungkapkan bahwa air garam dapat membantu membuat nyaman tenggorokan, dan mengeluarkan semua lendir yang menumpuk pada tenggorokan.

Cara dalam membuatnya sangatlah gampang, hanya dengan mencampurkan satu gelas air dan setengah sendok teh garam. Dengan anda rutin mengkonsumsinya, maka pembengkakan pada bagian kelenjar tenggorokan perlahan akan mengecil.

Teh dan Madu

Madu sudah dipercaya sebagai salah satu zat paling ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yakni untuk menyembuhkan luka pada faringitis. Madu juga bisa mengatasi batuk yang sering muncul bersamaan dengan faringitis, atau menjadi salah satu gejalanya.

Cara perawatan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah yaitu campurkan satu sendok madu ke dalam teh hangat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh dan madu memang efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan,hususnya yang terjadi pada anak-anak.

Akar Licorice/ Akar Manis

Tanaman akar manis atau licorice ternyata sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu, yang mana dapat menyembuhkan berbagai gangguan keshatan salah satunya faringitis. Akar licorice mengandung glisirin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh semua bakteri yang ada dalam tenggorokan.

Cara untuk pengobatanya dapat anda lakukan dengan cara menambahkan satu sendok makan akar licorice ke dalam satu gelas air hangat. Anda juga bisa menambahkannya dengan perasangan jeruk lemon dan madu.

Namun bagi anda yang saat ini memiliki gangguan kesehatan yang lainnya seperti seperti diabetes, gangguan ginjal, gangguan hati dan tekanan darah tinggi, disarankan jangan konsumsi ramuan berbahan dasar akar licorice ya, sebab akan menimbulkan suatu kondisi tidak baik dan akan menimbulkan efek buruk pada tubuh, alangkah baik mencari pengobatan faringitis yang lain.

Cuka Apel

Cuka apel yang dihasilkan dari sari buah apel memang sangat tepat digunakan untuk mengobati faringitis, sebab jenis obat ini bisa melawan semua bakteri dan virus yang hidup dan berkembang di dalam tenggorokan, yang menjadi penyebab utama dari terserangnya tubuh oleh penyakit faringitis.

Selain itu, cuka apel juga mengandung beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bisa bekerja untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Cara untuk melakukan perawatan faringitis dengan cuka apel, yakni dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat atau teh, komsilah raman berbahan cuka sari apel tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari.

Larutan Bawang Putih

Bawang putih merupaka bahan pelengkap pada setiap masakan, namun disisi lain bawang putih juga bisa dijadikan sebagai salah datu bahan pengobatan yang sangat ampuh untuk mengobati faringitis.

Apa yang menjadi alasan kuat bahwa bawang putih  efektif dalam mengatasi gangguan kesehatan faringitis? Sebab bawang putih mengandung suatu senyawa yang disebut dengan alisin, yaitu senyawa yang bisa membunuh bakteri dan virus serta mengatasi peradangan pada bagian tenggorokan.

Cara mengolahnya yakni dengan membuat air panas terlebih dahulu, dan menambahkan beberapa siung bawang putih. Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur, atau diminum jika anda suka. Lakukan pengobatan gangguan kesehatan fringitis selama tiga kali sehari.

Air Kunyit

Selain bawang putih, kunyit juga bisa menjadi salah satu obat yang sangat bermanfaat untuk mengobati faringitis, disebabkan kunyit mengandung zat, atau senyawa yang bisa membunuh semua bakteri dan virus.

Selain itu, kunyit juga memiliki zat anti peradangan, yang dapat menyembuhkan peradangan pada batang tenggorokan.

Cara mengolahnya yakni dengan mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk ke dalam air hangat, kemudian aduk rata dan gunakan untuk berkumur selama dua atau tiga kali dalam sehari.

Air Jahe

Bahan tradisional yang memiliki sensi hanga ini ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit termasuk faringitis, dimana jahe memiliki senyawa yang bersifat mengalahkan peradangan, menghilangkan rasa sakit dan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang saat ini sedang terserang oleh penyakit faringitis, khususnya yang sudah tergolong ke faringitis kronis.

Selain itu, jahe juga memiliki sifat baik dalam membunuh bakteri dan virus. Cara untuk perawatan faringitis dengan air jahe yakni dengan cara merebus beberapa potong jahe kemudian saring dan minum airnya. Anda bisa menambahkan madu atau gula batu, jika kurang menyukai cita rasa jahe.

Minum Sup Ayam

Mungkin ini pengobatan sekaligus pencegahan faringitis yang banyak dipilih untuk mengatsi gangguan faringitisnya. Ketika anda akan menggunakan cara pengobatan ini untuk mengatasi gangguan faringitis anda, gunakanlah jenis ayam kampung, agar menghasilkan banyak kaldu, sebab kaldu dari ayamlah yang dapat digunakan sebagai obat untuk gangguan faringiti.

Rebus dengan beberapa bumbu bermanfaat seperti bawang putih dan jahe. Jika Anda tidak dapat mengunyah daging karena tenggorokan yang terasa sakit, maka bisa minum air kaldunya saja, sebab kaldu ayam akan membuat badan, dan tenggorokan Anda menjadi lebih segar dan nyaman.

Hindari Rokok dan Asap Rokok

Faringitis akan menjadi lebih buruk jika Anda menghisap rokok atau terkena asap rokok, sebab asap rokok akan membuat bakteri dan virus yang teradapat pada tubuh, dan tenggorokan dapat berkembang dengan cepat.

Selain itu, rokok juga mengandung bahaya nikotin yang akan memperburuk kondisi saluran pernafasan. Karena itu untuk mengobati faringitis maka Anda harus berhenti merokok atau tidak terkena asap rokok.

Minum Air Putih

Selama tenggorokan Anda terasa sakit maka Anda harus tetap terus menerus minum air putihm sebab air putih akan membantu tenggorokan tidak terlalu kering, dan bisa sekaligus mengurangi gejala faringitis. Selain itu, air putih juga dapat mencegah dehidrasi, sehingga badan Anda tidak menjadi lebih lemah.

Perawatan dengan Obat Medis

Meskipun biasanya faringitis memang bisa sembuh dalam waktu 7 hari namun, jika gejala tidak lebih baik maka Anda bisa menghubungi dokter, dan dokterpun akan meberi sesep, atau beberapa jenis obat yang biasanya diberikan, seperti :

  • Acetaminophen
  • Ibuproven (golongan advil)
  • Paracetamol
  • Lozenges

Golongan obat antibiotik jarang diberikan, sebab obat jenis antibiotik bisa membuat bakteri atau virus berkembang karena sifat resistan terhadap obat. Jika selama 3 hari tidak ada perubahan maka Anda harus segera bertemu dengan dokter untuk pemeriksaan ulang.

Istirahat Cukup

Selama bakteri dan virus menyerang tenggorokan dan menyebabkan faringitis, maka usahakanlah untuk bisa istirahat dengan baik. Sebab istirahat akan membantu tubuh mendapatkan tenaga yang cukup, dan energi yang terkontrol.

Dengan beristirahat, maka anda juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi memungkinkan, ambil cuti dari pekerjaan atau istirahat dari sekolah.

Faringitis memang penyakit yang sangat umum. Infeksi berulang bisa terjadi untuk orang yang sudah pernah terkena faringitis sebelumnya. Namun Anda bisa mencegahnya dengan mempertahankan sistem kekebalan tubuh, istirahat yang cukup, dan konsumsi beberapa jenis pengobatan yang sudah disebutkan diatas secara rutin.

Namun jika beberapa pengobatan faringiti yang sudah disebutkan dibagian atas dirasa sangat merepotkan anda, anda bisa melakukan pengobatan dengan cara lain yang lebih praktis, bisa diambil kemana saja dan kapan saja.

Pengobatan faringitis dengan cara lain tersebut yakni dengan obat herbal multi khasiat, dengan harga yang sangat terjangkau yakni Qnc Jelly Gamat.

Segera pesan dan konsumsi rutin Qnc Jelly gamat, obat herbal multi khasiat yang berbahan dasar teripang untuk tuntaskan penyakit faringitis anda sekarang juga, sebelum gangguan kesehatan faringitis anda kronis! Bingung gimana cara belinya? kunjungi situs web resmi kami berikut ini http://qncjelly-gamat.com/beli-qnc-jelly-gamat

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.