Timbulnya rasa sakit pada tenggorokan merupakan sebuah tanda dari adanya suatu kondisi, yang menandakan bahwa tenggorokan mengalami suatu gangguan yang disebabkan dari adanya perkembangan virus dan bakteri, virus dan bakteri penyebab adanya sakit pada tenggorokan tersebut bisa bersumber dari makan dan minuman yang kita konsumsi, salah satunya yaitu kopi.

Sebenarnya kopi bukanlah minuman yang menjadi penyebab utama dari tumbuhnya gangguan yang menyerang pada tenggorokan, hanya saja jenis minuman ini, menjadi sumber utama dari kambuhnya sakit pada tenggorokan.

Mengapa kopi di golongkan sebagai sumber utama dari kambuhnya sakit pada tenggorokan ?

Sebab kopi merupakan jenis minuman berkafein yang dapat membuat tengorokan menjadi kering, dan dari adanya tenggorokan yang kering tersebutlah yang bisa memicu, berkembangnya lagi rasa sakit pada tenggorokan yang sebelumnya sudah mengalami kepulihan.

Menurut peneliti kesehatan, minuman berkafein biasanya akan membuat bagian mulut kita menjadi kering, nah dari adanya mulut yang kering tersbutlah, yang menjadi faktor utama memperburuknya gejala, yang di akibatkan dari adanya sakit pada tenggorokan. Selan itu minuman berkafein juga dapat membuat seseorang yang mengkonsumsinya, mengalami dehidrasi yang berkepanjangan.

Oleh sebab itu bagi anda yang saat ini sedang mengeluh dengan adanya rasa nyeri pada tenggorokan anda, diusahakan untuk melakukan penaganan sedini munkin, dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. atau dengan beberapa cara lain berikut ini.

Pengobatan alami untuk mengatasi kambuhnya rasa sakit pada tenggorokan

Teh jahe

Ini merupakan ramuan tradisional, yang menggunaka bahan dasanya jahe. Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang sangat umum di guanakan sebagai rempah-rempah, dan salah satu bahan tradisional yang banyak di gunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, atau jenis ganggaun yang menyerang pada tubuh, salah satunya yaitu adanya gangguan pada tenggorokan berupa timbulnya rasa sakit.

Ramun ini mungkin akan menimbulkan sensasi rasa pedas, dan panas pada daerah mulut. Namun dari adanya sensasi panas dan pedas tersebut, justru menjadi faktor utama dari adanya kahsiat yang di timbukannya.

Adanya manfaat yang baik dalam mengatasi rasa sakit pada tenggorokan tersebut, bersumber dari adanya kandungan yang bemanfaat pada jahe berupa kandungan zingiberin, dimana kandungan tersebut juga memilki manfaatyang lainnya berupa :

  • Efektif dalam menghilangkan racun di dalam tubuh
  • Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh
  • Membantu membunuh bakteri jahat, yang menumpuk didalam tubuh

Berkumur dengan menggunakan air garam

Mungkin akan banyak orang yang berpendapat bahwa ini adalah cara pengobatan yang terskesan kuno, namun walaupun terkesan kuno, berkumur dengan menggunakan air garam merupakan cara yang sangat efektif, dan cara yang cepat, untuk melegakan sakit pada tenggorokan.

Selain sebagai antiseptik, garam juga dapat sangat membantu dalam membersihkan lendir yang terjebak di tenggorokan, dan juuga dapat mengurangi rasa sakit yang sangat mengganggu di derah tenggorokan.

Diusahakan sebelum anda berkumur dengan menggunakan air dengan campuran air garam ini, pastikan air yanng digunakan dalam suhu yang hangat dan cukup nyaman. Kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk hingga rata. Kumur air garam sebanyak tiga kali dalam sehari.

Dengan rutin konsumsi madu

Madu merupakan jenis pengobatan alami yang ketiga yang dapat meredakan sakit pada tenggorokan yang paling sering ditemukan, dan akrab dengan kehidupan masyarakat. Bahan ini kerap digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk megatasi gangguan pada kesehatan tubuh, sebab madu memiliki kandungan anti-bakterial yang dapat membantu proses pengobatan.

Jika anda kurang menyukai mengkonmsi madu dengan cara langsung, anda dapat mencampurkannya dengan segelas air hangat, atau juga bisa di campur juga dengan jenis teh herbal.

Itulah beberapa pengobatan alami yang dapat anda jalankan, jika sewaktu-waktu anda merasakan suatu keadaan yang aneh pada tenggorokan anda, seperti timbulnya rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.