Bagi anda yang saat ini sedang merasakan rasa sakit yang sangat menyiksa, dan sangat menggangu pada tenggorokan, apalagi kalo sakit pada tenggorokan melaju parah, dan kemudian terjadi peradang, dan kemudian teriritasi mungkin rasa sakit yang ditimbulkannya akan semakin menyiksa diri anda.

Rasa nyeri yang menyeran pada tenggorokan anda tersebut, dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk adanya virus, dan bakteri yang menyerang, demam, polusi, asap rokok atau infeksi pernapasan.

Hal-hal yang akan timbul dari adanya sakit pada tenggorokan

Sakit yang menyerang pada tenggorokan akan sangat berpengaruh sekali pada kualitas hidup dan kelancaran anda saat beraktifitas serta berkomusikasi, yang mana hal tersebut timbul diakibatkan dari :

  • Kesulitannya¬† untuk berbicara, sehingga anda tidak bisa berinteraksi langsusng dengan orang-orang di sekeliling anda.¬†
  • Sangat sulit sekali ketika mengkonsumsi beberapa jenis makan, disebabkan dari adanya rasa sakit pada tenggorokan anda, meskipun mengunyahnya dnegan lembut tetap rasa sakit ketika menelan tetap ada.
  • Sulitnya bernapas.

Lalu Apa saja penyebab utama dari adanya rasa sakit yang sangat menggangu pada tenggorokan yang menimbulkan sulitnya menelan, berbicara dan bernafas ? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Makanan berlemak

Menahan diri atau menghentikan kebiasaan dari mengkonsumsi makanan tinggi lemak seperti daging merah, produk susu penuh lemak, permen dan makanan yang digoreng atau dipanggang mungkin merupakan hal tersulit dalam hidupnya. Jenis makanan tersebut Memang merupakan jenis makanan yang sangat banyak sekali penggemarnya, namun di balik itu semua jenis makanan tersebut memiliki dampak yang kurang baik pada kesehatan anda salah satu nya yaitu dapat mengaganggu pada kesehatan tengorokan dan fungsi tenggorokan anda.

Menurut ahli gizi Ilyse Schapiro di situs Huffington Post bahwa” makanan berlemak akan lebih sulit dicerna oleh tubuh yang kemudian akan terjadi penurunan pada sistem kekebalan tubuh, daria danya kondisi seperti itu nantinya akan dapat memperburuk gejala flu dan sakit pada tenggorokan.”

Makanan yang digoreng pada umumnya memilki tekstur yang kering dan kasar, dari adanya tekstur yang kasar tersebutlah yang selanjutnya dapat mengiritasi tenggorokan Anda. Oleh sebab itu mulailah dari sekarang untuk merubah kebiasaan anda dalam mengkonsumsi gorengan  dnegan dari yang salnya selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak diubah menjadi mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan tidak memiliki kandungangan lemak yang begiti bayak dan dalam pembuatannya tidak menggunakan proses penggorengan

Jeruk dan Makanan yang memiki citra rasa asam

Ini adalah jenis makanan yang kedua yang dipercaya dapat menyebabka timbulnya rasa nyeri pada tenggorokan, oleh sebab itu tinggalkanlah jauh-jauh dari yang namanya mengkionsumsi makan yang memilki citra rasa asam yang pekat, seperti jeruk, tomat, jeruk limau dan lemon.

Citra rasa asam yang ditemukan dalam makanan itu ternyata dapat menimbulkan iritasi dan memperburuk ras sakit yang meyerang pada tenggorokan Anda. Mulai dari sekarang cobalan untuk mengkonsusmsi jenis buah atujenismakana yang tidak memiliki citra rasa masam seperti pisang, melon, kiwi dan buah persik, jenis buah tersebutlah yang memiliki manfaat yang sangat efektif dalam menenangkan tenggorokan anda.

Namun jika anda mencari jenis makanan untuk menambahkan lebih banyak vitamin C dalam diet Anda dan tidak akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh, Anda dapat mengunyah kale atau paprika merah.

Makannan yang bercitra rasa pedas

Makanan pedas yang mengandung saus panas, cabai bubuk, kari, pala, lada dan cengkeh merupakan jenis makanan yang dapat memperburuk rasa sakit yang meyerang pada tenggorokan anda.

Namun bagia anda yang sangat menyukai citra rasa pedas tidak sepenuhnya harus berhenti mengkonsumsi makanan bercitrarasa pedas ko, sebab ada alternatip yang sangat bermanfaat dalam memberi citrarasa pedas pada amakanan anda namun bukan dengan menggunakan saus dan bahan pedas yang lainnya, bahan yang dapat menberi citra rasa pedas yakni berupa jahe segar, yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Makanan yang bertekstur kasar

Makanan yang bertekstur kasar seperti sayuran mentah, granola dan roti kering biasanya menjadi penyebab dari memperburuk sakit tenggorokan. Oleh dari itu anda sekarang disarankan untuk segera beralih konsumsi dan telitilah dalam memilih makanan yang mudah untuk ditelan dan dicerna, kemudian memilki tekstur lembut dan setengah padat seperti keju, sup berbasis krim, yogurt, telur, kentang tumbuk, es krim, sereal dimasak, smoothies dan casserole.

Anda juga dapat melembabkan makanan yang kering dengan kaldu, saus yang mendidih atau uap sayuran, sehingga makan kering yang anda makan akan lebih lembut dan lebih mudah untuk ditelan.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.