Silikosis merupakan suatu jenis penyakit yang pusat penyerangannya pada organ paru-paru. Terserangnya organ paru oleh penyakit ini dapat diakibatkan, dari adanya ketidak sengajaan menghirup serpihan kecil dari silika mineral, batu, dan partikel yang memiliki bentuk seperti pasir yang lainnya.

Penyakit silikosis banyak menyerang pada orang yang memilki profesi buruh penambang logam, pemotong batu dan granit, pembuat tembikar, pengecoran logam. Gejala yang ditimbulkan biasanya tidak akan langsung terasa, namun dalam jangka waktu 20-30 tahun perlahan gejala akan mulai terasa dan akan sangat mengganggu.

Gejala apa saja yang akan timbul dari terserangnya tubuh oleh penyakit silikosis ?

Gejala awal yang ditimbulkan dari terserangnya tubuh oleh penyakit silikosis mungkin masih bisa tergolong ke gejala yang ringan. Sebab pada gejala tahap pertama, penderita silikosis hanya terserang oleh batuk yang disertai dengan adanya dahak, yang diakibatkan dari adanya iritasi pada saluran pernafasan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, gejala yang ditimbulkan akan mengalami peningkatan, berupa adanya sesak nafas yang akan terasa jika sudah melakuakn aktifitas yang cukup berat.

Selain itu masih ada gejala yang lainnya yang akan ditimbulkan oleh penyakit silikosis, namun gejala yang berikut ini akan menyerang pada penderita penyakit silikosis yang sudah memasuki penyaki yang kronis :

  • Penderta akan mengalami toraks yang abnormal
  • Terserang peyakit bronkitis kronis
  • Adanya suara dalam paru-paru yang disebut mengi atau ronki
  • Kaki menagalami pembengkakan
  • Adanya peningkatan pada denyut jantung
  • Terdapat perubahan pada warna bibir mejadi membiru.

Seperti apa pencegahan yang musti saya lakukan untuk mencegah terseranggya tubuh oleh penyakit silikosis ?

Melakukan pencegahan merupkan hal yang akan lebih baik dari pada harus mengobati, sebab setiap metode pangobatan pasti memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup membuat anda repot, nah sama hal nya dengan penyakit ini, sebeluma anda terserang oleh panyakit silkosis yang akan mengganggu pada kinerja paru anda, lakukanlah pencegahan terlebih dahulu.

Pencegahan yang paling utama yang musti anda lakukan yakni dengan melakukan pengawasan pada lingkungan kerja, hentikanlah kebiasan merokok, pada anda yang memilki hobi merokok, dan rutinlah melakukan foto rontgen dada bagi anda yang memilki profesi pekerja terpapar dengan silika.

Pengobatan penyakit silikosis

Bagi anda yang sudah terdiagnosa oleh dokter menderita penyakit siliskosis, bukan lagi pencegahan yang musti dilakukan, tapi yang harus dilakukuan oleh anda tentunya adalah pengobatan.Berikut adalah beberapa pengobatan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi terserangnya tubuh oleh panyakit silikosis

Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi penyakit silikosi ini, namun untuk upaya pencegahan agar penyakit silikosis ini tidak menimbulkan keparahan, yankni dengan cara menghilangkan sumber pemaparan, dengan didukung pemberian obat untuk menekan batuk, oksigen, dan bronkodilator. Namun jika penyakit yang meyerang pada paru ini mengalami infeksi maka harus segera di berika obat yang bersifat antibiotik.

Seseorag yang terserang oeleh panyakit silikosis ternyata akan beresiko tinggi menderita tuberkolosis atau TBC, nah jika hal tersebut terjada pada anda, segeralah melakukan pengobatan dengan dengan cara menjalani tes kulit secra teratur dan rutin setiap tahun nya, ataua nda juga dapat mengobatinya dengan konsumsi obat anti TBC yang sudah di resepkan oleh dokter.

Selain pengobatan dengan beberapa metode yang sudah di sebutkan di atas, dalam menyapu gangguan penyakit silikosis yang akan menyerang pada kaesehatan paru-paru, anda juga bisa mengobatinya denga metode lain, seperti melakuan diet sehat yang bermanfaat dalam mengatasi berbagai ganguan yang menyerang pada paru-paru.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.