Adanya penghirupan nafas yang terengah-engah sebenarnya tidak akan merusak pada sistem kerja organ paru anda, jika anda sering melakukan pengecekan pada dokter ketika anda mengalami adanya kesulitan dan adnaya ganguan saat anda bernafas.

Banyak sekali langkah-langkah yang dapat anda lakukan jika anda mengalami sesak napas, dari mulai dengan mengkonsumsi obat sampai ke melakukan suatu kegiatan rutin.

Apa yang menyebabkan timbulnya sesak nafas ?

Secara umumnya sesak nafas dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk :

  • Adanya serangan penyakit pada paru-paru.
  • Adanya jumlah sel darah merah yang rendah atau lebih dikenal dengam anemia.
  • Tingkat kebugaran tubuh yang rendah.
  • Penyakit jantung.

Terkadang sesak nafas dapat timbul atau akan datang secara tiba-tiba, tanap adanya alasan yang jelas, atau mungikin sapat juga diakibatkan dari adanya yang menggunakan tenaga begitu kuat seperti seringnya mengangkat benda-benda yang berat dan terhisapnya debu pada tempat tidur.

Dapat sesak napas diobati?

Sesak napas biasanya dapat dikendalikan oleh beberapa macam obat-obatan,teknik, latihan pernapasan, atau kadang-kadang dengan menambahkan (extra) oksigen. Langkah pertama dalam mengontrol sesak napas bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya masalah pernafasan berupa sesak nafas.

Setelah dokter melakukan pengevaluasian pada sesak napas Anda, dokter akan menentukan penyebab pastinya terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan, dan jika dokter sudah menemukan penyebab pastinya maka nantinya anda akan direkomendasikan sebuah strategi pengobatan yang terbaik, Anda bisa menjadi pasangan kerja yang baik dalam perawatan Anda sendiri  dalam mengatasi sesak nafas dengan cara mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini :

Langkah 1: Ambilah obat yang sudah diresepkan oleh dokter dalam mengatasi sesak nafas

Banyak jenis penyakit paru-paru yang tidak dapat dikontrol diakibatkan dari tidak melakuaknnya pengobatan dengan rutin mengkonsumsi obat. Oleh sebab itu anda berarti perlu sekali mengambil obat pernapasan jika anda mengalami gangguan pada paru anda. Persis seperti yang ditentukan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.

Beberapa obat-obatan yang perlu diambil yakni dengan menggunakan inhaler dengan benar, untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik setiap semprotan oksigen harus ditambahkan dengan jenis obat yang sesuai deangn saran atau resep dari dokter obat, dan mungkin berguna untuk membantu sesak napas yang menyerang pada anda akibat dari andanya tingkat oksigen yang rendah

Langkah 2: Rajin melakukan pembelajaran tehadap teknik pernapasan.

Ada teknik khusus yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi sesak nafas anda yang diakibatkan dari adanya gangguan pada pernapasan Seperti COPD yakni dengan cara mengerutkan bibir pernapasan ketika anda sedang mengalami sesak napas.

Dengan latihan pernafasan tersebut maka akan membantu Anda dalam memperlambat pernapasan anda dengan tingkat lebih nyaman dan memuaskan. Latihan teknik pernafasan ini dapat dilakuakn oleh siapa saja yang mengalami gangguan pada pernapasan, meskipin jenis gangguan nya berbeda.

Langkah 3: Membangun stamina atau kekuatan tubuh Anda

Adanya gangguan sesak nafas pada tubuh anda ternyata dapat disebabkan dari adanya stamina, adanya kekurangan stamina tersebut biasanya diskibatkan dari kurangnya melakuakan kegiatan olahraga, dimana dari kurangnya berolahraga maka akan menimbulkan otot pada tubuh anda akan menjadi lemah dan menjadi kurang efisien dalam memproduksi oksigen yang dikirim ke otot-otot pada area tubuh Anda.

Langkah 4: Cobalah untuk tidak menahan napas.

Holding napas dapat menjadi kebiasaan yang Anda lakukan tanpa berpikir jika anda terserang oleh penyakit , terutama ketika melakukan aktivitas seperti mengangkat sesuatu atau bahkan berjalan kaki. Cobalah bernapas dengan rutin ketika Anda melakukan hal yang dianggap anda sulit, seperti mengangkat suatu benda yang memiliki ukuran cukup besar dan berat.

Ketika Anda berjalan, mencoba bernapas di saat Anda mengambil satu langkah, dan bernapas keluar sebagai Anda memakan waktu dua sampai tiga langkah.

Langkah 5: Duduk di depan kipas angin.

Banyak orang yang belum mengetahui, bahwa dengan duduk atau berdiri di depan kipas angin, maka akan memudahkan sesak napas yang menyerang pada anda pulih dengan sendirinya. Gunakan kipas angin setelah mengerahkan diri sendiri atau pada waktu lain ketika sesak nafas anda kambuh dan tidak ada alternatif pengobatan yang dapat anda lakukan secara cepat.

Langkah 6: Tanyakan tentang obat jenis lain pada dokter

Tanyakan pada penyedia layanan kesehatan jika ada obat, lainnya dari Anda bernapas obat-obatan, yang dapat membantu mengurangi sesak napas Anda. Kadang-kadang obat yang digunakan untuk mengobati kecemasan atau mengurangi rasa sakit dapat membantu untuk menurunkan sesak napas.

Paru-paru atau penyakit jantung yang terus memiliki gejala sesak napas, harus sesegera mungkin mendapatkan pertolongan pertama sengan perawatan secara optimal dan menggunakan obat standar, dan dapat ditawarkan dosis yang rendah. Morfin merupakan obat yang sangat membantu pada beberapa sebagian orang yang sedang mengalami kesulitan dalam mengendalikan sesak nafas mereka sesak napas.

Baca juga : Mengapa Setelah Melakuakan Olahraga malah Mengalami Sesak Nafas dan Sakit pada Dada ?

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.