Ligmen merupakan pita jaringa ikat yang elastis dan tersusun dari serat fibrosa yang menghubungkan antara satu tulang dengan jenis tulang yang lainnya, dan memeliki tugas baik dalam mengikat luar ujung tulang yang salin membentuk persendian, membantu mengontrol rentan gerakan, serta dapat berperan dalam menstabilkan pergerakan tubuh yang selaras.

Ligmen bertugas dalam memegang tulang di tubuh anda salah satunya pada bagian kaki secara bersamaan. Oleh sebab itu jika anda terlalu sering memutar pergelangan kaki anda maka andapun akan sering merasa sakit, yang disebabkan dari adanya kerusakan pada ligamen peregelanga kaki.

Apa saja dampak negatif dari adanya kerusakan pada ligamen pergelangan kaki ?

Adanya ligamen yang mengalami kerusakan, maka nantinya akan mengakibatkan cedera pada pergelangan kaki anda yang umumnya dalam dunia medis dikenal dengan kaseleo pergelangan kaki, adanya kaseleo ada pergelangnan kaki biasanya akan menyerang pada bagian luar, jika cedera yang menyerang pada ligmen kaki tidak segera anda obati maka biasanya akan menimbulkan kerobekan yang semakin lama akan semakin membesar atau meluas.

Oleh sebab itu agar anda tidak mengalami hal tesebut maka diusahakan anda sesegera mungkin harus melakukan perawatan dengan cara mengkombinasikan istirahan, kegiatan olahraga dan rehabilitasi dengan seimbang dan teratur, dan bahkan jika seseorang mengalami kerusakan pada algemen pergelangan kakinya sudah megalami keparahan maka harus dilakukan pembedahan secara langsung.

Berikut ini ada beberaapa jenis pengobatan  yang dapat dilakukan dan dijalankan bagi orang yang terlanjur sudah terkena oleh kerusakan pada ligmen pergelangan kakinya, namun pengonbatan yang djalankan akan berbeda-beda, sesuai dengan kondisi cidera yang sedang dialaminya, mari kita simak jenis pengobatanya berikut ini :

Pengobatan kerusakan aligemen yang masih dalam tahap akut

Pengobatan yang dilakukan atau dijalankan selama kerusakan aligmen masih dalam fase akut yakni dengan cara :

  • Meghilangkan rasa nyerinya terlebih dahulu yang diakibatkan dari adanya peradangan.
  • Menghilangkan rasa sakit tersebut biasanya dengan cara mengkompres dengan menggunakan air es dalam jangka waktu 20 menit setiap 3-4 jam perharinya. Mengapa menggunakan air es dalam pengompresannya? sebab dari adanya sensasi dingin sangat membantu dalam mengurangi rasa nyeri dan membuat beberapa saraf dalam pergelanga kaki anda tidak terlalu sensitif.
  • Dokter akan memberikan obat antiimflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, naproxen dan aspirin pada seseorang yang sedang mengalami cedera pada ligemen pergelangan kakinya yang masih terbilang akut, dari di berikannya obat tersebut bertujuan untuk megurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Selain memberikan alteratif pengobatan dengan obat, dokter juga terkadang menyarankan untuk mengikat dan melilitkan perban yang elastis pada pergelangan kaki anda agar dapat melindungi pergelangan kaki anda dari terjadinya cidera yang lebih lanjut
  • Mengangkat kaki anda sesering mungkin ketika sedang bersantai, maka akan membantu dalam membatasi dan mengurangi pembengkakan.

Pengobatan cedera ligemen pergelangan kaki yang sudah masuk dalam tahap subakut

Pengobatan yang dilakukan dalam fase ini dimulai sekitar 4 hari samapai 2 minggu setelah terjadinya cedera ligamen pada pergelangan kaki, pengobatan yang dilakukan dalam fase ini dimulai dari :

  • Dilakukannya latihan yang bertujuan untuk menurunkan kekakuan pada pergelangan kaki yang disebabkan oleh pembengkakan.
  • Melakukan terapi fisik, berupa USG dan stimulasi listrik yang dapat membantu dalam mempromosikan penyembuhan dan latihand alam meningkatkan mobilitas.
  • Rutinlah melakukan latihan berupa menggambar alfabet di udara dengan jari-jari kaki, lingkaran pergelangan kaki, peregangan lembut.
  • Lakukanlah kegiatan nonweightbearing, seperti bersepeda statis.
  • Anda mungkin mulai menaruh beberapa berat badan pada kaki Anda saat Anda berjalan.

Pengobatan Cedera ligamen pergelangan kaki yang sudah masuk dalam tahap rehabilitasi

Fase rehabilitasi pengobatan biasanya dimulai setelah Anda mampu menanggung beban penuh pada pergelangan kaki Anda dan dapat berjalan seperti baisanya. Pengobatan pada fase ini dimulai 2 sampai 6 minggu setelah cedera.

Tujuan pengobatan yang dilakukan pada tahap ini adalah untuk mendapatkan kembali gerakan, kekuatan dan fungsi dalam pergelangan kaki Anda. Pengobatan yang biasanya dilakuak yakni dengan melakukan :

  • Terapi fisik, dengan cara meregangkan kaki Anda untuk mengurangi kekakuan dan meningkatkan gerakan.
  • Latihan penguatan, seperti betis menimbulkan, scrunches handuk kaki dan kaki marmer pick-up, dapat dilakukan.

Cara mengobatan cedera ligamen pergelangan kaki pada tahap fungsional

Pengobatan yang dilakukan berupa kegiatan pelatihan keseimbangan, seperti berdiri di permukaan yang tidak rata dan berdiri hanya pada kaki terluka Anda, juga termasuk dalam pengobatan dan melakukan aktivitas fungsional termasuk olahraga dan kegiatan rekreasi, melompat dan berjalan.

Pengobatan cedera ligamen pergelangan kaki dengan operasi

Pengobaan yang terakhir ini biasanya akan dilakuakn pada penderita cedera ligamen yang sudah megalami keparahan, pengoperasian yag dilakukan biasanya berupa pembedahan, Pembedahan akan dilakukan terutama jika sipenderita cedera aligamen merasakan sakit yang berkelanjutan atau secara konsisten merasa seperti pergelangan kaki Anda akan memberikan tekanan.

Adanya hal tersebut biasanya timbul akibat dari adanya ligamen pergelangan kaki yang robek, jika hal ini terjadi pada anda maka :

  • Anda harus mengenakan gips dan menggunakan kruk selama 6 sampai 8 minggu sementara untuk menyembuhkan ligamen yang megalami cedera tersebut.
  • Setelah gips dilepas, pengobatan yang selanjutnya anda bisa melakuakn pengobatan pada fase subakut dan berlangsung melalui rehabilitasi dan fase fungsional.

Carilah bantuan secepat mungkin denga bantuan medis jika Anda mengalami keseleo pergelangan kaki Anda, bahkan jika Anda berpikir itu hanya cedera ringan. pengobatan dini dapat mencegah masalah jangka panjang dengan hilangnya gerak dan kelemahan kronis yang dapat berkembang setelah cedera ini.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.