Secara umum memang adanya badan yang kurus tidaklah sering dikaitkan dengan adanya penyakit Pneumotoraks pada tubuh seseorang, namun secara medisnya  adanya fisik seseorang yang kurus secara derastis, cenderung diakibatkan oleh adanya serangan Pneumotoraks.

Pneumotoraks merupakan suatu gangguan yang menyerang pada paru yanng di timbulkan dari adanya pengumpulan udara, gas dan air yang memasuki rongga  pleura melalui luka yang terdapat pada dinding dada tau paru-paru. Gangguan yang satu ini akan menyerang pada seseorang dengan spontan tanpa meperlihatkan suatu kondisi yang kronis. Jika seseorang mengalami hal ini biasanya organ paru-paru akan menciut.

Jenis penyebab apa saja yang menjadi tanda awal dari terserangnya paru oleh gangguan Pnuemotoraks ?

Pnuemotoraks dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang cukup banyak, dan beberapa penyebabnyapun akan beragam sesuai dengan jenis gangguan Pneumotoraksnya, berikut adalah beberapa jenis Gangguan Pneumotoraks dengan penyebab kemunculannya.

Pneumotoraks spontan primer

Pneumotoraks jenis kesatu ini terkadang akan tiba-tiba menyerang pada orang yang memiliki tubuh yang sehat dan terkadang dikaitkan dengan  adanya penyebab yang diketahui, seperti adanya cedera atau terserangnya tubuh oleh suatu penyakit. Namun, sebagian besar kasus ini berhubungan dengan adanya pelepuhan udara yang membentuk di atas paru-paru, dari adanya hal tersebutlah tidak dianggap penyakit, tetapi dapat menyebabkan udara dari paru-paru mengalami kebocoran dan keudian udara akan menjlarak ke rongga jika mengalami perpecahan.

Pneumotoraks sekunder

Ini merupakan gangguan Pneumotoraks yang disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari paru-paru, seperti penyakit saluran napas, infeksi paru-paru, penyakit paru interstitial, kanker, dan penyakit jaringan ikat. Namun penyebab yang paling umumnya yakni berupa adanya serangan ganguan atau penyakit emfisema pada tubuh, terserangnya tubuh oleh gangguan paru TBC, ankylosing spondylitis, kanker paru-paru, terserangnya tubuh oleh asma entah itu berat atau akut, dan cystic fibrosis.

Ketegangan pneumotoraks

Ini merupakan keadaan darurat secara medis yang ditandai dengan adanya peningkatan tekanan udara di rongga, biasanya disebabkan oleh adanya laserasi di paru-paru yang telah terbentuk dalam katup satu arah, yang memungkinkan udara keluar dari paru-paru tetapi tidak bisa kembali masuk.

Pneumotoraks traumatik

Pada umumnya gangguan Pneumotoraks ini timbul diakibatkan dari adanya cedera yang terdapat pada dada, yang menyebabkan udara bocor, dan kemudian udara yanng berasal dari paru-paru akan menjalar ke rongga dada, Pneumotoraks ini, juga dapat timbul disebabkan dari adanya luka tusuk, kecelakaan, dan luka tembakan.

Pneumotoraks iatrogenik

Penyebab dari timbulnya Pneumotoraks iatrogenik dapat diakibatkan dari adanya prosedur medis, seperti kateter vena sentral, paru-paru transthoracic biopsi, dan thoracentesis, selain itu dapat disebabkan juga oleh peralatan medis, seperti ventilasi mekanis dan penempatan tabung trakeostomi.

Pneumotoraks katamenial

Gangguan Pneumotoraks jenis terakhir ini biasanya bentuk pneumotoraks spontan yang jarang terjadi, kondisi ini bisanya akan menyerang pada kaum wanita selama siklus menstruasi. Penyebab pastinya memang tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa kondisi ini terkait dengan endometriosis. Bentuk pneumotoraks seperti ini akan terjadi secara berulang, tetapi biasanya hanya selama periode menstruasi.

Gejala utama dari terserangnya tubuh oleh pneumotoraks

Berikut ini adalah gejala yang akan ditimbulkannya :

  • Seringnya merasa nyeri apda daerah dada yang disertai dengan andanya kesulitan bernapas. Jika rasa sakit tersebut mengalami peningkatan anda harus segera melakukan perawatan
  • Denyut jantung menjadi lebih cepat, sering kelelahan dan anday warna kulit yang membiru karena kekurangan oksigen
  • Adanya nyeri yang sering menjalar ke bahu
  • Batuk kering,siakibatka dari adanya iritasi diafragma
  • Bagian leher terdapat benjolan yang diakibatkan dari adanya penggumpalan pada pembuluh darah
  • Denyut nadi mengalami percepatan namun tekanan darah menjadi menurun.
  • Muncul rasa cemas akan menimbulkan kesulitan saat berbicara.

Segera periksa keadaan tubuh anda jika anda mengalami salah satu dari sekian banyaknya gejala yang ditimbulkan dari terserangnya tubuh oleh penyakit pneumotoraks, sebab jika anda telat dalam berkonsultasi maka akan mengalami keterlambatan dalam pendiagnosaan sekaligus pengobatan, jika anda mengalami hal tersebut maka anda akan sering sekali mengalami hilangnya kesadaran,sering shock, dan bahkan untuk akibat yang lebih memperparah dan berbahayanya lagi yakni dapat menimbulkan kematian.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.