Adanya celah yang abnormal pada dinding lambung, yang biasanya terjadi setelah operasi lambung, dapat mengakibatkan dinding mengalami kerusakan akibat prosedur operasi yang di jalankan, yang terkadang disertai dengan adanya kelemahan pada lapisan perut. dari beberapa kondisi tersebutlah yang menjadi faktor utama timbulnya penyakit hernia internal, dan hernia insisional.

Hernia insisional akan terlihat ketika sayatan tidak sembuh dengan baik, sehingga otot-otot perut akan memisah dan mendorong membran kantung, seperti keluar dari sayatan terbuka. hernia insisional biasanya terkait dengan prosedur terbuka sementara hernia internal yang lebih umum dengan prosedur laparoskopi.

Gejala yang menunjukkan bahwa tubuh terserang oleh hernia pasca operasi lambung

Tonjolan

Hernia insisional dapat menyebabkan membran kantung terlihat seperti menonjol, namun hal tersebut dapat tergolong kedalam penyembuhan sayatan. Pada umunya, tonjolan akan berisi tinja atau produk limbah perut lainnya.

Tonjolan biasanya akan membesar, jika anda mengalami peningkatan tekanan dalam perut, seperti sedang melakukan kegiatan mengangkat barang yang cukup berat, mengejan, dan batuk.

Tonjolan mungkin akan menyakitkan, menimbulkan rasa pegal, merasa ada suatu tekanan konstan, atau kepenuhandan jika tidak segera tertangani oleh pihak medis, oleh sebab itu jika anda menemukan ada tonjolan yang dirasa lembut ketika disentuh, dan anda merasa aneh dengan keberadaannya, segeralah lakuakn pemeriksaaa.

Sakit perut

Nyeri dibagian perut merupakan keluhan yang paling umum akan dirasa oleh para penderita hernia pasca operasi lambung. Rasa nyeri tersebut dapat digambarkan dengan adanya rasa terbakar, robek, perut merasa tertusuk oleh benda tajam, dan adanya nyeri seperti ada yang menarik.

Sakit perut dapat dirasakan oleh seluruh rongga perut tetapi yang paling umum dialami yakni di bagian tengah, selain sakit perut Anda juga mungkin akan mengalami sakit punggung di bagian tengah.

Awalnya rasa sakit di bagian perut mungkin akan datang dan pergi, namun jika tidak ditangani dengan segera, kemungkinan rasa sakit akan meningkat dalam tingkat keparahan yang cukup menyiksa.

Sembelit

Ketika usus seseorang terserang oleh penyakit hernia, pasca dirinya menjalnkan operasi pada lambungnya,  mungkin mereka akan mengalami kesulitan buang air besar.

Sembelit dan usus obstruksi memiliki gejala yang khas, diantaranya yakni adanya tinja yang keras, yang membuatnya akan kesulitan dalam buang air, kesulitan dalam mengedan, timbulnya tinja berdarah, sering kembung yang menyebabkan timbulnya ketidak nyamanan di derah perut.

Mual dan muntah

Hernia yang tidak diobati dapat memotong aliran darah ke organ-organ tubuh yang lainya. Dalam kasus lambung, usus kecil merupakan salah satu organ tubuh yang paling berisiko menyebabkan hernia menjadi kenceng.

Jika obstruksi usus kecil terjadi, maka tubuh Anda tidak akan mampu menjalankan buang air besar, dan cadangan makanan yang berada pada perut saluran pencernaan akan menyebabkan mual, muntah, dan kurang nafsu makan. Namun jika usus hanya sebagian diblokir, mungkin anda akan mengalami mual tanpa muntah.

Peradangan perut

Peradangan perut biasanya menjadi salah satu gejala terakhir yang akan muncul, dan dirasa oleh para penderita hernia pasca operasi lambung, dimana hal tersebut dapat timbul diakibatkan dari adanya jumlah sel darah putih dan iritasi pada lapisan pada perut.

Gejala hernia yang terakhir ini biasanya disebabkan oleh adanya infark usus, yang ditandai dengan adanya pasokan darah ke bagian usus terputus, dan hal ini akan menyebabkan kematian pada jaringan, atau pada perforasi air di dalam rongga perut.

Nah itulah beberapa tanda atau gejalayang akan ditimbulkan dari tumbuhnya penyakit hernia, paska menjalankan operasi lambung. Oleh sebab itu bagi anda yang saat ini memilki gangguan lambung, dan tidak mengharapkan terserang oleh jenis penyakit tersebut, segeralah lakukan pengobatan dengan rutin konsumsi Qnc Jelly Gamat, sebelum penyakit lambung anda mengalami keparahan, yang memaksa anda harus menjalankan operasi untuk mengatasinya.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.