Bersendawa memang merupakan hal yang biasa, namun jika anda bersendawa dalam jangka waktu yang lama dan sering, maka hal tersebut bukan lagi dapat dikatakan bersedawa yang biasa loh, justru jika anda mengalami sendawa yang berlebihan tersebut dimungkinkan anda mengidap atau terserang penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh anda.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan seringnya bersendawa dan berlebihan

Penyabab sendawa yang sering dan berlebihan yang ditimbulkan dari pola hidup

Bersendawa yang sering dan berlebihan dapat disebabkan dari pola hidup kita yang kurang diatur atau pola hidup yang sembaranngan. pola hidup yang dimaksud tersebut yaitu:

Terlalu seringnya menkonsumsi minuman yang mengandung soda

Ini merupakan penyebab awal dari kondisi respon tubuh yang sering bersendawa. Sebaba pada minuman bersoda ternyata memiliki  gas yang sangat  tinggi,yang kemudian akan memungkinkan tubuh merespon gas karbonasi tersebut yang masuk ke dalam tubuh dengan cara bersendawa.

Ditimbulkan dari kurangnya mengatur pola mengkonsumsi makanan dengan baik dan carmat

Pola makanan yang dimaksud, dapat berupa:

  • Makan yang terlalu berlebihan yang kemudian natinya akan menimbulkan kekenyangan. pola makan yang seperti ini merupakan pola makan yang buruk, yang dapat memicu akan timbulnya rasa malas, susah bergerak, dan kemudian seringnya bersendawa yang berlebihan
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak sekali kandungan gas didalamnya, makanan tersebut seperti: makanann yang dalam pembuatannya menggunakan tahap penggorengan, makanan atau minuman yang banyak mengandung kafein, makanan yang banyak sekali mengandung lemak jahat, dan terlalu banyaknya mengkonsumsi permen karet. Mungkin bagi anda yang sangat menyukai makanan yang digoreng-goreng untuk menunggalkan hal ini cukup susah, oleh sebab itu bila anda sulit untuk meninggalkancobalah untuk menguranginya saja atau dijadwal.
  • Makan yang terlalu cepat, hal ini dapat terjadi ketika seseorang sedang menghadapi permasalahn atau pekerjaan yang sifatnya sangat serius, padahal dengan melakukan pola makan yang buruk ini terlalu sering maka kan menimbulkan makanan yang dicerna akan merusak beberapa bagian tubuh, karena kurang halusnya dalam mengunyah. yang akhirnya timbulah sendawa yang sering dan berlebihan.

Terkenanya Sendawa yang sering dan berlebihan pad seseorang disebabkan oleh adanya beberapa penyakit yang menyerang

Timbulnya sandawa yang sering dan berlebihan bukan hanya akan timbuk akibat dari kurang baiknya pola makan seseorang, trnyata sendawa yang berlebihanpun dapat timbul disebabkan dari adanya penyakit yang menyerang pada tubuhnya. Berikut adalah beberapa penyakit yang menjadi penyebab timbulnya sendawa pada seseorang. Penyakit yang menjadi sebab timbulnya sendawa yang sering dan berlebihan yaitu:

Sendawa akibat naiknya asam lambung

Kondisi dalam lambung yang memiliki kandungan asam sangat tinggi akan menyebabkan gas dan asam pada lambung menjadi naik, yang kemudian menuju ke kerongkongan dan kemudian dikeluarkan dengan cara sendawa, dan biasanya jika sendawa timbul akibat adanya gangguan pada lambung maka sendawa yang keluar akan menimbulkan bau yang tidak enak. selain menimbulkan sendawa ternyata asam lambung juga akan mengakibatkan timbulnya luka pada lambung

Adanyanya gangguan kesehatan yang diakibatkan dari masuk angin

Masuk angin sebenarnya dapat terjadi dan muncul ketika kita terlalu lama terkena angin, terutama ketika cuaca dingin dan juga akibat  berkendara dengan menggunakan motor tanpa mengunakan jaket. Biasanya gejala masuk angin ini meliputi rasa mual dan juga mulas di perut dan terkadang disertai rasa pusing yang dibarengi dengan demam. Selain itu kondisi masuk angin, juga dapat memicu tubuh mengeluarkan respon berupa sendawa yang berlebihan, yang diakibatkan dari adanya gumpalan angin yang terdapat pada perut.

Sendawa diakibatkan dari adanyagangguan pada pencarnaan

Ternyata gangguan pencernaan, juga biasanya akan menimbulkan sendawa yang berlebihan yang disebabkan dari tidak lancarnya buang air besar atau sembelit. Selain sembelit gangguan yang menyerang pada pencernaan dapat berupa adanya iritasi atau adanya infeksi pada organ pencernaan yang kemudian menimbulkan sendawa yang sering dan berlebuhan. Iritasi dan infeksi pada pencernaan tersebut biasanya akan enyerang pada organ Lambung, usus besar, usus halus, dan ginjal

Akibat adanya penyakit kanker kerongkongan, perut atau lambung

Dan penyebab dari sendawa berlebihan yang terparah adalah kanker. Ya, kanker kerongkongan atau nasofaring dan juga kanker lambung akan menimbulkan gejala sendawa yang berlebihan. Biasanya tanda-tandanya mirip seperti gejala asam lambung. Hanya saja pada gejala yang disebabkan oleh penyakit kanker ini, terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama dan biasanya akan terasa perih dan juga sakit pada bagian kerongkongan dan juga pada organ pencernaan.

 Adanya gangguan pada kantong empedu dan infeksi dari bakteri atau kuman

Penyebab sering bersendawa lainnya adalah terjadinya suatu gangguan atau adnya penyakit tertentu pada kantong empedu. Biasanya, gangguan pada kantong empedu ini secara langsung dapat menyebabkan sendawa yang berlebihan dan juga berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Selain adanya gangguan atau penyakit yang menyerang ampedu, ada penyebab lainnya yang dapat menimbulkan sendawa yang berlebihan. Penyebab yang lain tersebut yaituy dapat berasal dari infeksi dari bakteri atau kuman Helicobacter Pylori, nama asing tersebut merupakan salah satu jenis bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi yang khusus akan menyerang pada lambung anda, sehingga dapat menyebabkan anda bersendawa yag sering dan berlebihan.

Bagi anda yang inigin mengatasi sendawa yang daikibatkan dari bebrapa gangguan yang telah disebutkan diatas, disarankananada untuk memperbanyak mengkonsumsi ramuan yang berbahan dsar bahan-bahan tradisional alami yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. bahan tradisional alami yang dapat menghangatkan tersebut, seperti: ramuan yang berbahan dasar jahe, kapulaga, bawang putih, peppermin dan ramuan yang berbahan dasar perasan jeruk mipis yang dicampur dengan air hangat.

Namun jika sendawa anda semakin memperparah keadaaan, segeralah untuk berkonsultasui kedokter dan melakukan perawatan yang sudah dianjurkan oleh dokkter.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.