Pemicu utama dari timbulnya gangguan atau penyakit autoimun pada tubuh, yakni disebabkan dari adanya penyumbatan pada arteri, terserannya tubuh oleh penyakit lupus, artritis reumatoid, dan penyakit celiac.

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang pusat penyerangannya pada sistem kekebalan tubuh, dan secara medis umumnya akan menyerang pada sel dan jaringan tubuh.

Saat ini penyakit autoimun sedang marak-maraknya di bicarakan oleh dunia kesehatan, disebabkan dari tidak adanya gejala yang ditimbulkannya, dan termasuk peyakit yang langka, mungkin hanya kisaran 0,5% orang-orang terserang oleh penyakit ini, dan kebanyakan yang terserang oleh penyakit autoimun adalah kaum perempuan.

Gejala apa saja yang akan ditimbulkannya ?

Beberapa peneliti belum bisa menentukan gejala apa saja yang akan ditimbulkan dari terserangnya tubuh oleh penyakit autoimun, dan jika kita mencarinya di sosial mediapun, akan sangat susah ditemukan, tidak seperti jenis penyakit lainnya.

Namun, ada juga seorang dokter yang bisa mengidentifikasi gejala yang akan di timbulkannya, hanya saja tetap gejala tersebut di ambil dari beberapa penyakit yang ditimbulkannya, seperti gejala yang di timbulkan dari terserangnya tubuh oleh penyakit lupus, dan gejala yang ditimbulkan dari adanya penyakit arteri.

Apakah ada cara mudah untuk mengetahui, apakah tubuh kita terserang oleh penyakit autoimun atau tidak ?

Tentunya ada, salah satu hal yang dapat anda jalankan, agar anda mengetahui apakah tubuh anda terserang, atau tidak oleh penyakit autoimun, yakni dengan cara melakukan beberapa pemeriksaan, seperti tes darah, dan diagnosisi lupus dengan ANA (antinuclear antibody) untuk mendeteksi antibodi abnormal di seluruh tubuh anda.

Nah jika anda rutin melakukan dua jenis pemeriksaan tersebut, maka anda pun akan mengetahui, apakah tubuh anda terserang oleh penyakit autoimun atau tidak, dan juga dari dilakuaknnya pemeriksaan tersebut akan menimbulkan manfaat baik, dan positif pada orang yang merasa bahwa tubuhnya selalu sehat.

Jangan pernah anda melakukan pendiagnosaan sendiri, dan kemudain melakukan pantang terhadap makanan tertentu secara sembarangan, sebab takutnya anda akan terserng oleh penyakit yang lebih parah lagi. Namun ternayata setelah diteliti, hal ini sudah banyak ditemukan pada orang-orang yang mengira dirinya menderita gangguan cerna penyakit celiac lalu memilih pola makan bebas gluten.

Faktor Risiko Terkena Penyakit Autoimun

Secara jelasnya penyebab penyakit autoimun, sebenarnya masih belum diketahui. Namun meskipun demikian, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu seseorang berisiko menderita penyakit autoimun. Inilah beberapa faktor resiko yang menjadi pemicu terserangnya tubuh oleh penyakt autoimun :

  • Lingkungan. Faktor lingkungan merupakan hal utama, dari adanya petumbuhan penyakit autoimun yang menyerang pada tubuh, yang disebabkan oleh adanya paparan bahan tertentu seperti merkuri.
  • Adanya perubahan pada hormon. Hal ini di buktikan dengan adanya suatu hasil penelitian yang menyebutkan, bahwa tumbuhnya penyakit autoimun sering kali akan menyerang pada kaum perempuan pasca melahirkan, atau sudah masuk pada usia menopause.
  • Tumbuhnya suatu Infeksi. Beberapa gangguan terkait penyakit autoimun sering kali dikaitkan dengan terjadinya infeksi, ini merupakan hal yang sangat wajar. Karena sebagian gejala diperburuk oleh infeksi tertentu.
  • Dipengaruhi oleh adanya faktor Genetik atau keturunan. Resiko terbesar terkait terseranganya tubuh oleh penyakit autoimun yang diprediksi para ahli adalah faktor genetik. Namun meski demikian, faktor ini dianggap bukan satu-satunya yang bisa memicu reaksi kekebalan tubuh.

Meski penyakit autoimun masih belum diketahui penyebabnya, namun kita harus bisa mewaspadai diri sendiri dengan memerhatikan faktor risikonya. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter jika anda mengalami suatu keadaan tubuh yang tidak biasa, takutnya adanya suatu keadaan yang tidak biasa tersebut, menjadi salah satu tanda dari terserangnya tubuh oleh penyakit autoimun.

Akibat apa yang akan ditimbulakn jika penyakit autoimun telat terdiagnosa, dan tidak segera di obati ? akibat yang ditimbulkannya dapat berupa tumbuhnya penyakit baru yang cukup berabahaya yang akan menyerag pada tubuh anda. Dimana adanya pertumbuhan penyakit baru tersebut dapat timbul akibat penyakit autoimun yang sudah menimblkan kondisi kronis.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.