Antasida merupakan obat penetral asam lambung berbentuk cair dan tablet, yang sudah banyak digunakan oleh para masysarakat, untuk meringankan berbagai macam gejala yang ditimbulkan oleh gangguan menyerang lambung seperti perih di ulu hati, rasa panas pada perut bagian kiri atas, sering mulas, mual-mual, dan sering kembung.

Obat ini dapat dibeli secara bebas tanpa memerlukan resep dari dokter, dan sangat mudah didapat, sebab sangat banyak tersedia di apotek. Namun, disebabkan jenis obat ini bukanlah jenis obat yang tidak diresepkan oleh dokter, alangkah baiknya anda harus selalu memperhatikan aturan pakai, indikasi, kontraindikasi, dan juga efek samping yang akan ditimbulkannya.

Mungkin anda belum banyak mengetahui apa saja kegunaan obat antasida kan?

Bagi anda yang sering sekali mengalami asam lambung meningkat, memiliki riwayat penyakit tukak lambung, dan tukak usus dua belas jari, atau dalam istilah lain lebih di kenal dengan duodenum, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis obat yang satu ini, jika beberapa jenis obat lambung yang diresepkan oleh dokter tidak memberi hasil yang kurang baik.

Antasida mengandung Aluminium, dan Aluminium, yang dapat bekerja dengan cepat, dalam menurunkan kadar asam dalam lambung yang meningkat, dan masalah lambung lainnya. Tapi jenis obat antasida yang akan lebih cepat memberikan efek baik pada lambung yakni jenis antasida dalam bentuk cair.

Namun yang harus anda ketahui sekarang, antasida hanya akan bekerja sebagai penetralisir  asam lambung saja, tidak memiliki peran baik dalam mencegah produksi asam lambung. Oleh sebab itu musti melengkapinya dengan jenis obat lain seperti, cimetidine, ranitidin, proton pump inhibitor, dan omeprazole. Denga cara seperti itulah maka anda bisa mendapatkan manfaatnya seakaligus, selain asam lambung ternetralisir, produksi asam lambung yang berlebih juga dapat segera teratasi.

Apakah antasida boleh dan baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil?

Antasida ternyata tergolong obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil yang sering mengalami peningkatan pada asam lambungnya. Namun alangkah lebih baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar mengetahui dosis dan cara penggunaannya.

Sebab jika jenis obat penetralisir asam lambung ini di konsumsi secara sembarang, maka akan menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya.

Efek Samping Antasida jika asal dalam menggunakannya

Obat ini sangat tidak disarankan untuk di konsumsi secara asal, kemudian sangat tidak disarankan juga dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi terhadap komponen obat, sebab jika hal tersebut dijalankan maka akan meimbulkan beberapa kondisi gangguan kesehatan berikut ini, yang dapat di golonkan sebagai efek samping dari obat antasid :

  • Mengalami masalah pada organ ginjal
  • Dehidrasi, atau kekurangan Cairan
  • Teserang oleh gangguan diare
  • Menyebabkan sembelit, cara meminimalisirnya yakni dengan memperbanyak minum, dan olahraga.
  • Mengikat fosfat di dalam usus.
  • Sering merasakan pusing atau pingsan.

Dosis atau aturan pakai

Untuk masyarakat saat ini sangat senang dengan sasuatu hal yang mudah, dan serba instan. Oleh sebab itu, berikut akan di informasikan mengenai dosis konsumsi obat antasida yang sesuai dengan saran dokter, untuk mempermudah  dalam mengkonsumsinya, dan anda tidak perlu lagi pergi ke dokter untuk sekedar menanyakan perihal dosis konsumsi obat antasida.

Untuk obat antasida dalam bentuk tablet dapat anda konsumsi dengan cara ditelan secara langsung, maupun dengan cara di kunyah terlebih dahulu. Sedangkan bagi anda yang menggunakan atau mengkonsumsi obat antasida dalam bentuk cair di sarankan untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum di konsumsi.

  • Dosis konsumsi untuk orang dewasa yakni dengan mengkonsumsi 3-4 kali dalam sehari, 1-2 tablet atau 1-2 sendok takar dalam sekali  minumnya.
  • Untuk dosis anak berumur 6-12 tahun konsumsi jenis obat penetralisir asam lambung ini 3-4 kai dalam sehari sebanyak setengah atau satu tablet atau jika menggunakan oba natsida dalam bentuk cair, berilah sebanyak setengah atau satu sendok takar.

Alangkah baiknya, konsumsilah obat antasida sebelum makan, atau dua jam setelah makan, dan sebelum makan, agar efek yang ditimbulkannya dapat cepat terasa. Nah jika anda sudah mendapatkan kesembuhan, diusahakan segera hentikan mengkonsumsinya.

Ketika anda sudah mulai menghentikannya dan kemudian obat masih tersisa cukup banyak, disarankan jangan di buang, alangkah baiknya disimpan dalam lemari es untuk meningkatkan rasanya. tapi tidak disarankan disimpan pada bagian lemari es yang dapat membekukan, dan jauhkan obat ini dari jangkaun anak-anak dan hewan peliharaan.

Cara mempercepat dan memaksimalkan pengobatan asam lambung

Reaksi yang ditimbulkan oleh berbagai macam jenis obat mungkin akan bereda pada pasien yang mengkonsumsinya, ada yang memberi reaksi penyembuhan dengan cepat, dan terkadang ada yang memberi reaksi penyembuhan sangat lambat dan sangat lama, bahkan terkadang ada jenis obat yang memberi reaksi kurang baik, seperti memperparahnya penyakit yang di derita, atau menumbuhkan penyakit baru.

Sama hal nya seperti obat penetralisir asam lambung yang satu ini, obat antasida juga akan memberi respon atau reaksi yang berbeda pada penggunanya, namun jika benar-benar ingin mendapatkan kesembuhan dari gangguan lambung secara cepat dari konsumsi obat antasidanya, lengkapilah dengan melakukan perubahan pada gaya hidup yang kurangn baik , dan berikut adalah beberapa gaya hidup yang musti diubah untuk mempercepat pengobatan yang di jalani :

  • Jalankan suatu program yang dapat mengurangi stres
  • Berhenti merokok
  • Membatasi diri dari mengkonsumsi alkohol, bahkan akan lebih baik jika menghentikan konsumsinya
  • Melakukan perubahan dengan menjalankan diet sehat sepertu makan dengnan teratur dalam porsi yang sedikit namun sering
  • Menghindari kafein
  • Berhenti dari konsumsi makanan berlemak, dan rempah-rempah tertentu.

Namun, bagi anda yang kurang menyukai, dan sangat anti menjalankan jenis pengobatan lambung yang bersifat kimia, sekarang telah hadir pengobatan herbal Qnc Jelly Gamat yang efektif dalam menetralisir gangguan lambung.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.