Bagi anda yang sekarang ini sudah menginjak usia tersebut atau bahkan sudah melebihinya, segeralah melakukan pengontrolan dengan cara berkonsultasi dengan dokter ya, jika anda mengalami beberapa gejala serta tanda-tanda adanya penyakit Meniere yang menyerang pada telinga tersebut, penasaran dengan gejala dan tanda apa saja yang akan timul dari terserangnya telinga oleh meniere? mari kita kupas rasa penasaran tersebut dengan menyimak ulasan tentang penyakit nenire berikut ini.

Sebelum kita membahas tentang gejalanya, kita kenali dulu ya penyakit meniere itu penyakit yang seperti apa.

Penyakit Meniere

Meniere merupakan penyakit yang mengganggu pada telinga bagian dalam. Secara spontan penyakit yang menyerang pada telinga ini dapat menyebabkan adanya gejala vertigo dengan dibarengi adanya ganguan yang sangat fluktuasif pada telinga, seperti munculnya dering atau suara didalam telinga yang kadang-kadang akan terasa ada yang menekan didalam telinga. Pada umumnya menurut medis penyakit Meniere hanya akan menyerang pada satu telinga saja, namun jika peyakit ini dibiarkan maka akan menimbulkan hal yang lebih bahaya yang akan menyerang pada telinga yaitu hilangnya  pendengaran secara total.

Seperti apa tanda serta gejala yang akan timbul dari berkemba Meniere?

Secara umumnya gejala yang akan timbul jika anda atau sanak saudara anda terkena penyakit Meniere yakni:

  • Telinga akan sering berdengung yang dikenal dengan istilah tinnitus
  • Timbulnya gangguan pendengaran yang berubah-ubah
  • Akan mengalami tekanan yang cukup kuat pada derah terdalam telinga
  • Timbulnya penyakit vertigo atau seringnya mengaami pusing yang sangat menyiksa dalam waktu yang cukup lama
  • Sering merasa mual dan berkeringat
  • Adanya kesulitan dalam mengendalikan mata.

Seiring berjalannya waktu jika beberapa gejala tersebut tidak diiraukan dan tidak dilakukan pengobatan secara langsung maka gejala dari adanya penyakit Meniere pada telinga akan  mengalami keparahan yang cukup bahaya bagi kesehatan dan keselamatan tubuh anda.

Memangnya gejala apa saja yang akan timbul jika telat dalam melakukan pengobatan ? Berikut ini adalah gejala-gejala yang lebih parahya :

  • Terkadang dalam keadaan yang tenang dan sepi tiba-tiba muncul rasa sakit pada kepala yang tanpa sebab
  • Pendengaran sering mengalami gangguan yang tidak signifikan
  • Jika penyakit vertigonya kambuh biasanya akan disertai dengan terserangnya demam pada dirinya
  • Kemudian gejala pusing semakin memperparah dan sering menimbulkan hilangnya kesadaran secara tiba-tiba.

Apa penyebab utama timbulnya gejala serta tanda-tanda tersebut?

Penyebab pasti dari timbulnya gejala dan tanda-tanda akibat terkenanya penyakit maniere yaitu di karenakan adanya kondisi tertekannya cairan didalam telinga yang terlalu tinggi.

Namun secara umumnya, timbulnya gejala yang diakibatkan dari penyakit meniere dapat dihubungankan dengan adanya:

  • Infeksi pada bagian tengah dan bagian dalam telinga
  • Adanya riwayat keluarga yang terkena oleh penyakit meniere
  • Terdapat cedera pada bagian kepala
  • Bahkan dapat disebabkan dari kebiasaan anda ayang kurang baik, seperti seringnya mengkonsumsi rokok dan seringnya meminum alkohol.

Adakah faktor resiko yang akan meningkatkan memperparahnya penyakit meniere?

Tentunya ada, terdapat 7 faktor meningkatnya resiko mengalami penyakit meniere, berikut adalah 7 faktornya:

  1. Adanya cairan yang tidak biasa yang keluar didalam telinga, hal tersebut diakibatkan dari terkenanya penyumbatan atau adanya kelainan anatomi atau adanya gangguan pada beberapa organ tubuh
  2. Sisitem kekebalan tubuh menimbulkan reaksi yang tidak normal
  3. Sering terkena migren atau dikenal dengan penyakit sakit kepala sebelah
  4. Sering timbul alergi pada sebagian tubuh
  5. Adanya infeksi yang memperparah kesehatan telinga diakibatkan daria danya viris yang menyerang tubuh
  6. Timbulnya kecenderungan genetik
  7. Dan faktor terakhir adanya trauma pada kepala.

Namun secara lebih jelasnya, lebih baik anda selalu berkonsultasi dengan dokter tentang keadaan tubuh anda dan gejala yang dirasa.

Pengobatan yang harus anda lakukan jika anda terkena oleh penyakit meniere

Pengobatan yang dilakukan dalam mengobati penyakit meniere akan berbeda-beda sesuai dengan gejala atau keparahan yanng ditimbulkannya. oleh sebab itu berikut adalah beberapa klasifikasi dari pengobatan maniere.

Pengobatan yang dilakukan pada penyakit meniere yang terbilang masih ringan dn tidak menimbulkan gejala yang cukup bahaya, pengobata yang dijalankan yaitu dengan cara :

  • Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang rendah akan kandungan senyawa garam didalamnya, sebab makanan yang rendang garam sangat efektif dalam membantu mengendalikan gejala.
  • Hindarilah dari paparan sinar lampu yang terlalu terang
  • Batasilah konsomsi kafein dan alkohol, sebab kedua senyawa tersebut akan menimbulkan tumbuhnya gejaal yang lebih memperparah pada penyakit menire yang sedang anda derita tersebut

Namun beda hanya dengan pengobatan pada penyakit meniere yang sudah menimbulkan gejala yang begitu parah, pada kebiasaannya cara pengobatan yang dialkukan yaitu dengan melakukan pembedahan dan tes, berikut adalah macam-macam pembedahan dan tes dalam mengobati penyakit meniere yang sudah parah :

  • Pembedahan denganc ara mengangkat badian dalam telinga, dalam dunia medis disebutkan bahawa pwmbwdahan yang satu ini sangat berperan baik dalam mengobati vertigo yag menjadi salah satu gejala dari adanya penyakit meniere. namun ternyata dibalik itu semua pembedahn ini juga akan menyebabkan kehilagan pendengaran secara total
  • Pembedahan yang kedua dalam mengobati penyakit meniere yakni dengan dilakukannya pengoprasia yang tujuan oprasinya tersebut  untuk memotong saraf Vestibular, namun ternyata pembedahan yang satu ini tidak akan menimbulkan efek yang buruk terhadap pendengaaran.

Sebelum dilakukanya pembeedaahn biasanya akan dilakukan tes terlebih dahulu untuk melihat parah atau tidaknya gejala meniere yang menyerang pada telinga anda, berikut adalah tes yang dilakukan para dokter:

  • Tes dengan melalui rongsenan, atau CT scan
  • Tes MRI
  • Tes Keseimbangan
  • Tes Pendengaran
  • dan yang terakhir yaitu dengan tes darah

Nah itulah beberapa informasi mengenai Penyakit meniere yang menyerang pada telinga, dari muali mengenal apa itu penyakit meniere, gejala yang akan ditimbulkannya, penyebabnya, faktor resiko, sampai dengan cara mengobatinya. Dalam hal pengobatan tentunya anda juga dapan melakukannya di rumah seperti istirahat yanng tenang dan cukup serta rutin melakuakn aktifitas olahraga, namun pengobatan tersebut untuk penyakit maniere yang belum menimbulkan gejala yang sangat parah.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.