Haid merupakan proses terjadinya peluruhan pada dinding rahim yang berubah menjadi darah, haid bisa terjadi setiap bulan pada masa reproduksi, pada saat seorang wanita mengalami masa pubertas dan akan berhenti ketika seorang wanita sudah melaju ke umur menopause, tepatnya sekitar 40-50 tahunan.

Masa puber merupakan tanda awal dimana alat reproduksi perempuan usia muda sudah mulai aktif. Pada masa puber, peristiwa yang harus diperhatikan adalah adolensi yang diartikan gejala haid atau menstruasi yah akan muncul.

Peristiwa haid atau menstruasi ini biasanya dapat menjdi tanda reaksi biologis, disebabkan kematangan hormon yang diiringi dengan reaksi psikis, atau bisa juga disebabkan oleh proses somatis yang berlangsung secara cylic dan pengulangan secara periodik.

Usia normal bagi seorang wanita mengalami haid atau menstruasi untuk pertama kalinya adalah pada usia 12 atau 13 tahun. Namun banyak juga yang mengalaminya lebih awal, yaitu pada usia 8 tahun, bahkan ada yang lebih lambat mengalami awal menstruasinya yaitu usia 18 tahun. Setelah mengalami haid, biasanya akan terlihat suatu perubahan fisik seorang wanita seperti pada bagian pinggul dan payudaranya.

Siklus menstruasi atau proses haid

Proses terjadinya haid atau menstruasi melibatkan berbagai komponen yang bekerja sinergis.O rgan-organ yang terlibat antara lain otak, alat genetalia, cortex ardenal, gandula thyroidea serta sistem-sistem lainnya yang terkait.

Berikut ini proses haid atau menstruasi yang normal

Lapisan sel rahim berperan sebagai penyokong hormon dalam memberi sinyal pada telur di dalam indung telur untuk mulai berkembang. Selanjutnya, sebuah telur dilepaskan dari indung telur wanita dan mulai bergerak menuju tuba falopi, kemudian ke rahim. Bila telur tidak dibuahi, lapisan rahim akan berpisah dari dinding uterus dan mulai luruh serta akan dikeluarkan melalui vagina.

Nah pada periode pengeluaran darah ini dapat disebut dengan haid atau menstruasi, yang berlangsung selama 3 sampai 10 hari. Jarak antara satu haid ke haid berikutnya antara 21 hari sampai 35 hari.

Apabila proses itu sebagian tidak dialami oleh seorang wanita maka akan terjadi siklus haid yang tidak normal, kemudian ketika seseorang perempuan sedang mengalami siklus menstruasi yang tidak normal, maka akibatnya akan merasa cemas dan khawatir terhadap dirinya, salah satu kekhawatirannya yaitu takut adanya penyakit atau hal yang tidak diharapkan dalam tubuhnya.

Ada tanda bagi wanita yang sirklus haidnya tidak normal, yaitu akan mengalami haid secara tidak beraturan kadang lebih lebih cepat kadang lebih lambat, bahkan ada yang sampai haidnya tidak berhenti sampai satu bulan penuh. Menurut para dokter menstruasi atau haid tak kunjung berhenti disebut menorrhagia. Kondisi ini bisa dianggap wajar bagi para wanita yang sudah mendekati fase menopause. Namun sebaliknya untuk para wanita dengan usia produktif hal ini sangat membahayakan.

Penyebab haid tidak kunjung berhenti

Secara umum haid yang tak kunjung berhenti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • unbalancing hormon atau ketidakseimbangan hormon reproduksi, atau adanya kadar hormon esterogen dan progesteron yang tidak normal
  • Ketidak seimbangan hormon ini dapat dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kelelahan, stress, berat badan berlebihan, gangguan makan, kurang gizi atau tidur tidak teratur
  • Juga dapat disebabkan dari adanya penebalan dinding rahim, adanya benjolan yang tumbuh di dinding rahim karena ketidak seimbangan hormon atau dikenal dengan dengan polip
  • Penggunaan obat obatan tertentu yang akan menimbulkan terjadinya siklus yang tidak normal saat haid seperti mengkonsumsi obat anti radang
  • Melakukan aktivitas olahraga yang telalu berlebihan.

Jika proses atau siklus haid seorang wanita tidak normal atau mengalami haid yang tidak kunjung berhenti dalam kurun waktu sebulan, maka segeralah untuk mengkonsumsi obat alami dalam proses menghentikan haid yang terus menerus agar lebih aman dan lebih efektif.

Obat alami untuk menormalkan siklus haid dan menghentikan haid yang berkepanjangan

Adapun obat alami yang sangat berkhasiat untuk menghentikan pedarahan yang diluar batas kewajaran, yaitu dengan mengkonsumsi ramuan yang berbahan dasar teripang, produk obat herbal yang berbahan dasar teripang ini memilki khasiat yang sangat banyak sekali, salah satunya yaitu dapat mengatasi pendarahan dalam jangka waktu yang cukup lama ketika sedang haid.

Produk obat herbal yang berbahan dasar teripang ini memiliki kandungan yang berbeda dengan produk herbal yang lainnya, dimana teripang emas yang di gunakan merupakan jenis teripang emas, yang memilki nutrisi yang sangat baik untuk meregenerasi, menyembuhkan, dan mengembalikan sel-sel yang hilang pada tubuh.

Kemudian selain dari itu, teripang emas, juga mengandung sejumlah zat alamiah penting yang dibutuhkan tubuh seperti antiseptik alamiah yang dapat berfungsi menghambat atau membunuh pertumbuhan bakteri, jamur, Kemudian mengandung  kondroitin sulfat, asam amino, mineral, omega (3, 6, dan 9), mukopolisakarida, vitamin, dan glukosaminoglikan.

Oleh karena itu bagi semua kalangan wanita yang terkena atau mengalami siklus haid yang tidak normal atau mengalami haid yang berkepanjangan, maka segeralah anda konsumsi obat herbal yang berbahan dasar teripang ini.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.