Pada umumnya daun salam biasa digunakan untuk bahan pelengkap masakan agar harum dan memiliki cita rasa yang sedap, namun disisilain banyak orang yang belum mengetahui bahwa daun salam, juga dapat mengobati penyakit kolesterol. Biasanya kolesterol dapat disebabkan dari kurang baiknya pola hidup dan pola makan.

Manfaat yang akan dihasilkan apabila anda mengkonsumsi daun salam secara rutin yang bertujuan bagi penyembuhan penyakit kolesterol yaitu, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyerang tubuh, dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Pengenalan penyakit kolesterol

Sebalum menjelaskan ke manfaat daun salam, terlebih dahulu haruslah mengetahui lebih jelas tentang penyakit kolestrol. Kolesterol sebenarnya merupakan senyawa yang wajar yang ada di dalam tubuh sebab keberadaan kolesterol sesungguhnya berfungsi dalam pembentukan dinding sel serta hormon. Selain itu fungsi yang lainnya adalah kolesterol merupakan komponen dalam pembentukan asam empedu dan juga vitamin D.

Namun beda hal nya jika kolestrol dalam tubuh terlalu banyak, hal tersebut bukan malah bermanfat bagi kesehatan tubuh, justru malah akan membuat tubuh menjadi tergangu. Ada dua jenis kolesterol pada tubuh, yaitu kolesterol jenis LDL yang berupa kolesterol jahat yang berlebihan yang muncul diakibatkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat, dan kolesterol jenis HDL, kolestrol jenis ini merupakan kolesterol baik yang akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan melawan kolesterol jahat.

Kandungan atau Senyawa Berkhasit yang terdapat pada Daun Salam

Daun salam memiliki senyawa dan banyak kandunga yang bermanfaat bagi tubuh terutama pada penurunan kadar kolesterol di dalam darah. Kadar kolesterol di dalam darah ini dapat dikurangi dengan menkonsumsi daun salam karena didalam daun salam terdapat senyawa Flavonoid yang mempunyai kemampuan dalam menghambat produksi kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain senyawa flavonoid yang terkandung pada daun salam, juga memiliki kandungan-kandungan lain yang dapat membantu tubuh dalam menghindari terjadinya peningkatan kolesterol jahat dalam darah, yaitu:

  • Vitamin C. Kandungan ini merupakan  salah satu bahan yang berkhasiat untuk kolesterol menjadi lebih nyata.
  • Tanin. Kemudain kandungan yang selanjutnya yang terdapat pada daun salam yaitu kandungan tanin. Tanin memiliki sifat antioksida yang kuat sehingga dapat mengurangi penumpukan plak koleterol pada tubuh. selain itu tanin juga akan bereaksi dengan protein yang ada di sel usus sehingga dapat mengurangi penyerapan lemak di dalam usus. Hal tersebut akan dapat mengurangi penyerapan lemak dapat menyebabkan menurunnya kadar kolestrol jahat dalam tubuh.
  • Sitral dan Eugenol. Selain untuk mengharumkan masakan, kandungan sitral dan eugenol yang ada di dalam daun salam juga memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar lemak jahat di dalam tubuh.

Cara dan Tips Meracik Daun Salam

Ramuan daun salam ini akan memberi efek maksimal pada tubuh jika diminum secara teratur, disiplin, dan mengolahnya dengan benar. Lebih jelasnya di bawah ini ada ulasan tentang tips dan cara-cara yang dapat dilakukan dalam megolah daun salam menjadi obat ramuan untuk membantu dalam proses penyembuhan penyakit kolesterol.

Tahap pertama siapkan daun salam sebanyak 7 lembar, dan air bersih sebanyak 600 cc. Setelah semua bahan disiapkan, kemudian mulailah untuk membuat ramuan yang berbahan dasar daun salam tersebut dengan:

  1. Mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir.
  2. Kemudian apabila sudah di cuci, rebuslah daun salam dengan air sebanyak 600cc.
  3. Ketika proses perebusan, jangan dulu disishkan sebelum airnya berkurang, sebab hal tersebut akan mengurangi khasiat yang dihasilklan dari daun salam tersebut.
    jika sudah benar-benar airnya surut atau berkurang kira-kira menjadi 300 cc, maka ramuan tersebut bisa diangkat atau dituangkan kedalam gelas.
  4. Dalam proses penuangan tungulah beberapa menit sampai ramuan daun salam tidak terlalu panas.

Pada saat meminum ramuan daun salam, disarankan bagi anda yang mengkonsumsinya, harus makan terlebih dahulu. Sebab jika anda mengkonsumsi ramuan daun salam ini dalam keadaan kosong maka akan menimbulkan akibat yang dapat mengganggu kesehatan pada diri anda. Selain itu, jika anda sedang mengkonsumsi obat kimia, disarankan untuk memberi jarak sekitar satu jam dalam mengkonsumsi ramuan daun salam, agar tidak menimbulkan kontradiktif pada tubuh

Jika dengan menggunakan ramuan daun salam ini, penyakit kolesterol anda belun juga pulih, maka cara yang selanjutnya, yang perlu anda lakukan yaitu dengan mencoba konsumsi obat herbal yang berbahan dasar teripang emas, yang sekarang ini sudah banyak sekali digunakan dalam membantu memulihlkan suatu penyakit.

 

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.