Sebagin dari kalian mungkin ada yang belum mengetahi bahwa serangan jantung memiliki efek yang berbeda pada setiapa penderitanya, ada yang bisa menyebabkan kematian, dan ada juga yang tidak akan menimbulkan suatu efek yang cukup berbahaya pada kesehatannya.

Pada umumnya serangan jantung dapat timbul akibat adanya aliran darah yang tersumbat pada bagian otot jantung, yang natinya akan menimbulkan jaringan pada otot jantung tidak mendapatkan oksigen yang mencukupi, yang pada akhirnya dapat merusak pada jaringan. Adanya hal ini bisa di tandai dengan adanya irama jantung yang tidak teratur.

Apa yang akan terjadi selanjutnya, jika seorang yang terkena serangan jantung telah mengalami irama jantung yang tidak teratur ?

Ketika seorang penderita serangan jantung mengalami suatu gangguan pada irama jantungnya, yang berubah menjadi tidak teratur, biasanya akan menimbulkan suatu keadaan yang berbeda-beda, ada yang akan sangat berpengaruh pada kematian, dan ada juga yang tidak akan menimbulkan suatu keadaan yang berbahaya, hal tesebut sesuai dengan keadaan tubuh masing masing penderitanya.

Irama jantung tidak teratur, pemicu kematian

Untuk irama jantung yang akan sangat berpengaruh pada tumbuhnya suatu keadaan tubuh yang kurang baik dan dapat memicu pada kematian, biasanya timbul akibat adanya suatu gangguan kesehatan yang sangat erat kaitannya dengan adanya siklus aliran darah yang berhenti, yang mana nantinya akan sangat berpengaruh pada terganggunya sistem kerja organ jantung, yang tidak bisa menjalankan tugasnya secara normal, nah dari adanya keadaan tersebutlah yang menjadi pemicu kematian seseorang yang menderita serangan jantung.

Irama jantung tidak teratur, yang tidak memicu timbulnya suatu keadaan yang berbahaya

Tetapi terkadang ada juga seseorang penderita serangan jantung, yang kemudian sedang mengalami gangguan pada irama jantungnya, tidak merasakan suatu hal yang cukup berbahaya pada keadaan tubuhnya, dan masih bisa merasa nyaman dalam menjalankan seluruh aktifitas kegiatannya seperti biasa dengan lancar, dan tanpa ada hambatan yang cukup serius.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab jaringan otot jantung pada seseorang yang menderita serangan jantung belum mengalami suatu gangguan yang dapat merusak pada sistem kerja jantung, dan ketika dirinya sudah mengetahui, serta merasakan bahwa pada tubuhnya sedang mengalami suatu keadaan yang tidak biasa akibat serangan jantungnya kambuh, selalu bersiap siaga untuk segera maelakuakn suatu pengecekan pada dokter, dengan tujuan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan yang disebabakan dari adanya gangguan yang menyerang pada jantung.

Faktor risiko timbulnya serangan jantung

Secara garis besar serangan jantung merupakan suatu gangguan kesehatan yang disebabkan dari adanya  plak yang berada pada pembuluh darah mengalami perpecahan. Keberadaan plak tersebutu biasanya berasal dari adanya timbunan Kolesterol, dan sel inflamasi yang terbentuk di dinding pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

Jika plak yang terdapat pada pembuluh darah tersebut pecah, maka secara spontan tubuh akan mengirim platelet untuk memperbaikinya, namun yang harus anda tahu dari adanya perbaikan tersebut bukanlah suatu hal yang baik, melainkan justru akan menimbulkan sumbatan secara total pada bagian pembuluh darah, dan akhirnya darahpun tidak bisa mengalir ke jantung secara lancar.

Apa penyebab utama dari adanya plak pada pembuluh darah mengalami perpecahan ?

Terdapat tiga penyeabab yang menjadi pemicu adanya plak pada pembuluh darah pecah, dan ketiga penyebab tersebut dapat berupa  :

  • Terlalu seringnya melakukan jenis olahraga berat
  • Adannya denyut nadi yang meningkat
  • Meningkatnya tekanan darah secara derastis

Namun bagi anda yang sudah terbiasa menjalankan kegaiatan olahraga, dan merasa berat untuk meninggalkannya, namun anda menderita gangguaan yang menyerang pada jantung, tidak perlu khawatir, sebab anda masih tetap bisa menjalani hobi olahraga anda tersebut, namun dengan syarat selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai suatu program olahraga.

Siapa saja yang akan sangat rentan sekali terkena oleh serangan jantung ?

Pada umunya serangan jantung, akan sangat mudah sekali menyerang pada orang-orang yang memiliki :

  • Tekanan darah yang tinggi
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Gaya dan pola hidup yang kurang diatur dan kurang sehat
  • Bagi para kaum pria yang sudah berumur di atas usia 55 tahun.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.