Batuk yang bermingu-minggu, dan sulit untuk disembuhkan dapat di kategorikan kedalam jenis penyakit yang kronis, dimana biasanya dapat disebabakan dari adanya kondisi tubuh yang tergangu, oleh berbagai serangan jenis penyakit, seperti asma, postnasal drip, gastroesophageal reflux disease (GERD), penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema, dan bronkitis.

Nah dari adanya hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa batuk yang sulit berhenti, dan sulit untuk di sembuhkan, ternyata alasan utamanya yaitu dari adanya berbagai jenis penyakit yang menyerang pada tubuh. Berikut adalah penjelasan secara jelasnya.

Asma dan alergi

Adanya batuk yang sulit berhenti, dan sulit untuk disembuhkan, ternyata merupakan salah satu gejala dari terserangnya tubuh oleh penyakit asma, jadi sangat tepat sekali jika penyakit asma dapat di kategorikan menjadi alasan utama dari timbulnya batuk yang sulit disembuhkan. Namun selain batuk, penyakit paru kronis yang disebabkan oleh adanya saluran udara di paru-paru, mengalami inflamasi atau pembengkakan ini, juga dapat menimbulakan gejala yang lainnya, berupa nyeri dada, sesak napas, dan mengi.

Oleh sebab itu agar penyakit asma, dan gejalanya tidak mudah kambuh, hindarilah berlamaan di lingkungan yang banyak menyebarkan partikel, seperti serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, dan jenis partikel yang lainnya, yang dapat menimbulkan iritasi pada paru, yang dapat memicu timbulnya alergi rhinitis, dan jenis alergi tersebut akan menimbulkan suatu reaksi alergi yang dapat menyebabkan batuk, yang disertai dengan adaya hidung tersumbat dan bersin.

COPD

Penyakit yang menjadi alasan kedua dari adanya batuk yang sulit untuk berhenti, yakni terseragnya tubuh  oleh penyakit COPD yang termasuk jenis penyakit paru obstruktif kronik yang biasanya timbul akibat adanya saluran udara, dan kantung udara di paru-paru yang mengalami peradangan dan kerusakan. Timbulnya keadaan tersebut paling sering disebabkan oleh kebiasaan merokok, dan lebih umum lagi ketika seseorang sudah memasuki usia 45 tahun.

GERD

GERD merupakan jenis penyakit, yang akan sangat berpengaruh pada timbulnya ganguan kesehatan yang akan menyerang pada bagian perut, dan kerongkongan yang disebabkan dari adanya peningkatan pada asam lambung anda.

Apa saja gejala utamanya? Gejala yang biasanya di timbulkan yakni adanya rasa mulas yang sangat menyiksa, dan terserangnya batuk yang sulit berhenti dan sulit untuk disembuhkan, serta adanya nyeri dada dan mengi.

Infeksi pada saluran pernapasan

Batuk merupakan salah satu gejala yang paling umum dari pilek dan flu dimana kedua jenis penyakit tersebut timbul akibat adanya infeksi saluran pernapasan. Batuk buruk dapat hidup lebih lama dari gejala yang lainya seperti hidung tersumbat dan demam, mungkin karena saluran udara di paru-paru tetap peka dan meradang. Ketika ini terjadi, itu disebut sindrom batuk saluran napas yang kronis, atau postnasal drip.

Pneumonia merupakan jenis infeksi saluran pada pernafasan yang serius, dan ada hubungannya dengan timbulnya batuk kronis yang susah mereda, penyebab umum terseranganya tubuh oleh gangguan yang menyerang pada pernafasan ini, yaitu adanya penyebaran bakteri atau virus didalam tubuh. Batuk yang biasnya menyerang sering menghasilkan lendir kehijauan atau berwarna karat, dan terkadang disertai dengan terseranganya demam, mengigil, sering megalami kelemahan dan kelelahan, disebabkan dari seringnya merasakan mual.

Polusi udara

Berbagai polutan yang berasal di lingkungan kita dapat menjadi sumber utama, tumbuhnya batuk yang terus-menerus, dan sangat sulit untuk di sembuhkan. Bahkan paparan jangka pendek untuk asap seperti knalpot diesel dapat mengakibatkan batuk, dahak, dan iritasi paru-paru. Asap juga dapat memperburuk alergi atau asma. Demikian pula, spora jamur yang ditemukan di dalam dan sekitar rumah, juga dapat menjadi penyebab mengi, dan batuk ketika anda tidak sengaja menghirupnya.

Baca juga : Masih Sehatkah Olahraga dijalanan yang penuh dengan Kendaraan dan Polusi?

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.