Pada umumnya olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat  bermanfaat bagi tubuh, namun terkadang banyak orang yang melakuakn kegiatan olahraga tidak mementingkan tempat dan keadaan. Maksud dari hal tesebut contohnya seperti berolahraga didalam ruangan tertutup tanpa ada celah udara sedikitpun atau berolahraga dijalan pada waktu-waktu timbulnya polusi dijalanan.

Dari kegiatan olahraga dengan tempat dan keadaan seperti itu, nantinya olahraga yang anda lakukan bukan akan menimbulkan manfaat terhadap tubuh anda melainkana hanya akan memperburuk kesehatan tubuh anda khususnya pada sisitem pernafasan.

Apa alasan utama dari adanya pernyataan bahwa dengan berolahraga di tempat tertutup dan dijalanan dapat merusak sisitem pernapasan?

Selama anda melakukan olahraga, entah itu senam aerobik, yoga, berlari dan bersepeda pasti anda sangat memerlukan udara segar yang banyak untuk dihirup, namun jika anda berada ditempat tertutup dan berada dijalanan yang polusinya sudah semakin meningkat ketika dalam melakukan akifitas olahraga

Maka udara yang terhirup oleh anda bukan lah berupa oksigen melaikan karbon dioksida, dan jika karbon dioksida tersebut semakin banyak dihirup oleh anda maka udara yang kamu hirup tersebut akan meracuni tubuh anda, dan sisitem pernafasan anda akan mengalami penurunan fungsi.

Dampak buruk apalagi yang akan ditibulkan dari dilakaukannya aktifitas olahraga di tempat tertutup atau ditempat yang penuh dengan polusi

Ternyata masih banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari melakukannya olahraga ditempat yang tertutup dan banyak polusi, dampak buruk tersebut meliputi :

  • Dapat menigkatkan reisko kanker paru-paru
  • Meningkatkan resiko terserangnya tubuh oleh penyakit jantung
  • Memperburuk penyakit asama pada penderita asma
  • Terhirupnya karbon monoksida dan volatile organic compounds(VOC) yang berasal dari asap kendaraan yang akan menggangu kesehatan sistem pernafasan
  • Saluran pernafasan menjadi tergangu

Apakah ada cara terbaik dalam mengatasi hal tersebut?

Tentunya ada, berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam menjalankan olahraga tanpa harus mengganggu sisitem pernafasan anda.

  1. Cara pertama yaitu jika anda ingin melakuakn olahraga dengan cara berlari, berjalan atau bersepeda dijalanan, haruslah dalam waktu-waktu yang belum meningkatnya polusi udara dijalanan, tepatnya sebelum jam 7 pagi.
  2. Cobalah untuk melakuakn kegiatan olahraga anda ditempat yang memiliki udara yang sejuk seperti ditaman kota.
  3. Hindarilah joging atau berseperda pada bahu jalan dan pada jam-jam padatnya kendaraan.
  4. Jika anda sudah menyadari bahwa udara sisekeliling anda sudah mulai tidak sehat ketika ada sedang melakukan olahraga segeralah anda meghentikan kegiatan olahraga anda.
  5. Bagi anda yang memilki alat olahraga sendiri anda bisa meletakannya dihalam rumah yang penuh dengan tanaman

Mengapa olahraga sangat baik dilakukan pada pagi hari ?

Sebab pada pagi hari merupakan waktu  yang memiliki pengaruh besar terhadap proses menyehatkan tubuh dan meurunkan berat badan, meskipun anda melakuakn kegiata olahraga dipagi hari dalam waktu singkat tetap saja akan menimbulkan manfaat. Berikut adalah manfaatnya :

Dapat mengefektifkan program penurunan berat badan dan badan akan lebih bertenaga

Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk anda para wanita maupun pria yang sedang melakuakn proses penurunan berat badan untuk melakuak olahraga, sebab menurut penelitian yang telah ditemukan bahwa olahraga pada pagi hari akan mengurangi keinginan makan anda dalam jumlah banyak, sehingga dipercaya sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Manfaat tersebut timbul dari adanya senyawa yang dilepaskan saat dilakuaknnya olahraga pagi .

Sangat baik untuk metabolisme tubuh anda

Adanya manfaat ini timbul dari rutinnya anda melkaukan berolahraga pada pagi hari, dimana manfaat tesrebut dipicu dari adanya pembakaran kalori yang lebih banyak.

Melatih otak agar selalu fokus dalam menjalankan berbagai kegiatan

Pagi hari merupakan waktu dimana seluruh tubuh telah siap untuk menjalankan serangkaian aktivitas. Menurut suatu penelitian menyebutkan bahwa ” pada saat seseorang melakukan olahraga di pagi hari cenderung akan memikirkan rencarna kedepannya yang berkenaan dengan rangkain aktifitas yang akan dijalaninya.”

Melatih anda agar terbiasa untuk bangun dipagi hari

Terkadang banyak sekali orang yang malas bangun pada pagi hari dikarenakan kuragnya memperhatikan kesehatan tubuhnya, dan tidak menginginkan memilki tubuh yang sehat. Namunbeda halnya snegan orag yang meiliki tekad bahwa tubuh nya harus sehat, idirnya akn terus bersemanaan dan selalu bangun pagi tanpaa harus dipaksa.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.