Anak-anak yang memilki ADHD sangat membutuhkan banyak sekali makan yang memiliki banyak nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran. ADHD merupakan gangguan yang memiliki jangka waktu yang panjang yang akan menyerang pada sebagian anak diseluruh dunia, gejala yang ditimbulkan dari adanya gangguan yang berjangka panjang ini biasanya akan berlangsung hingga dewasa.

ADHD, Penyebab, dan Gejalanya

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui lebih jelsnya tentang ADHD, ADHD lebih sering dikenal oleh banyak orang dengan istilah hiperaktif. Gangguan yang satu ini biasanya akan sering menyerang pada anak laki-laki dari pada anak perempuan.

Gejala yang akan timbul dari seseorang anak yang memilki gangguan ini biasanya akan terlihat jelas pada perilaku kesehariannya dan gejala tersebut akan timbul sejak anak anda masih dalam usia dini, berikut adalah beberapa gejalanya :

  • Sianak yang terkena ganguan ADHD dalam dirinya akan megalami kesulitan dalam berkonsentrasi
  • Sulit dalam mematuhi intruksi akibat tidak mendengarkan apa yang diperintah dan apa yang dibicarakan oleh orang disekelilingnya
  • Tidak sabar dalam menjalakan aktifitas, atu ketika menginginkan sesuatu
  • Sering lupa akn barang miliknya, sepeti alat tulis
  • Sulit diatur, dan sering kali tidak menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya disekolah
  • Mudah sekali mersa bosan dnegan aktivitas yang dijalnkannya
  • Tidak biasa diam atau gelisah
  • Sering melakukan tindakan tanpa berpikir panjang
  • kurang memahami bahaya dan kosekuensi buruk

Sejumalh penelitian telah menunjukan bahwa adanya beberapa gejala yang menjadi tanda dari adanya resiko anak mengalami ganguan ini dapat disebabkan oleh adanya kombinasi beberapa faktor berikut ini :

  • Faktor keturunan, entah itu dari ibunya, ayahnya, maupun keluarga dari pihak keduanya.
  • Lahir dalam keadaan prematur
  • Adanya kelainan pada struktur otak dan fungsi otak
  • Adanya kerusakan pada otak saat anak masih dalam kandungan atau ada usia dini
  • Saat anak dalam kandungan, si ibu mengkonsumsi sering menggunakan obat terlarang, minumak keras, dam meroko sat kehamilan
  • Terpejannya tubuh oleh racun disekitar lingkungan akibat dari racun bifenil
    poliklorin, dan timah yang terdapat dalam cat

Ketika anda atau sanak saudara anda memiliki anak yang mengalami gangguan ADHD ini, maka anda harus pintar dalam memberi asupan makanan terhadapnya, tentunya makan yang diberikan juga harus memilki nutrisi yang baik bagi tubuh dan sesuai. Berikut ii akan disajikan beberapa jenis makanan yang bernutrisi yang baik dikonsumsi oleh enak yang hiperaktif.

Cara tepat memberi asupan makanan yang bernutrisi pada anak yang hiperaktif

Berikut ini ada 4 cara tepat dalam memberi asupan makanan bernutrisi bagi anak-anak yang hiperaktif :

Hindarilah dari memberi makanan yang mengandung pewarna buatan dan pengawet

Para peneliti telah membuktikan bahwa zat pewarna dan pegawet yang akan menghasilkan pengaruh buruk terhadap anak yang hiperaktif, pengaruh buruk tersebut dapat berupa berkurangnya konsentrasi pada anak saat melakuakn suatu kegiatan atu mengerjakan suatu tugas dari sekolahnya.

Jenis makanna yang harus dihindari da memiliki pewarna serta pengawet diantaranya yaitu keju yang memilki warna kuning terang, jenis permen yang berwarna terang, kue-kue yang meilki rasa manis pekat dan warna yang mencolok, serta minuman yang sijual denean sembarangan

Aturlah pemberian makanan yang mengandung gula cukup banyak pada anak yang memilik ADHD

Bagi anda yang saat ini memilki andak yang terkena ganguan ADHD disarankan untuk tidak memberikan asupan gula yang terlalu berlebihan, dan ketika anda memberika asupan buah-buahan pada anak anda diusahakan untuk tidak terlalu sering cukup satu cangkir dalam sehari.

Jangan pernah melupakan untuk memberi sarapan pada anak anda

Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk dijalankan secararutin khususunya bagi seorang anak yang sedang mengalami gangguan ADHD, Olahan sarapannyapun harus mengandung protein dan lemak sehat yang banyak. Hindari dari yang namanya memberikan menu sarapan yang penuh dengan kandungan karohidratnya dan banyak megandung gula seperti pancake, muffin atau sereal manis.Makanan yang mengandung kandungan terlalu banyak dalam makanan biasanya akan menyebabkan anak menjadi sering merasakan kegelisahan, mudah tersinggung dan mengalami kesulitan dalam merespon perhatian.

Anda bisa memberi menu sarapan berupa Oatmeal, sereal gandum, gandum roti panggang dengan kacang atau almond mentega, tinggi protein yogurt dengan kacang-kacangan dan buah, atau beberapa jenis daging sarapan tanpa mengnandung nitrat atau nitrit. Menambahkan kacang atau biji untuk apa pun adalah ide bagus. Jangan lupa smoothie. Dengan resep yang tepat Anda dapat pak sejumlah bahan sehat ke dalam smoothie dan masih memiliki rasa besar. Jenis makanan tersebut ternyata dapat di konsumsi pula untuk menu makan siang

Perbanyak konsumsi Buah dan Sayuran

Banyak anak-anak tidak mau makan buah-buahan dan sayuran,termasuk anak yang terserang oelh gangguan ADHD, oleh sebab itu anda para ibu harus cermat dalam memberikan asupan buah dan sayuran tersebut, banyak cara yang silakuakn salah satunya yaitu dengan cara membuat olahan buah dan sayur dengan cara dismoothies, sup dan pasta.

Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran akan berpengaruh baik terhadap penyediaan antioksida pada tubuh, berries mengandung jumlah cukup tinggi antioksidan yang bisa diaplikasikan untuk dikonsumsi oleh anak anda.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.