Bagi para ibu yang saat ini memilki seorang anak yang masih berumur bayi atau balita, pasti memiliki kehawatiran yang sangat besar pada anak nya, sebab di umut yang masih balita tersebut merupakan masa dimana anak akan sangat rentan sekali terkena penyakit,sehingga para ibu sangat telaten sekali dalam merawatnya.

Salah satu penyakit yang akan menyerang pada anak anda yaitu adanya infeksi pada telinga anak anda atau secara medis dikenal sebagai otitis media, jadi bukan hanya orang dewas yang akan mengalami infeksi telinga seperti penyakit othematoma, seorang anak bayipun juga akan mengalaminya, namun tentunya jenis penyakit yang diakibatkan dari adanya infeksi tersebut akan berbeda. Adanya infeksi yang menyerang pada telinga anak anda dapat dipicu dari adnaya cairan pada bagian tengah telinga yang berisikan cairan dan mengandung bakteri.

Jika anda melihat anak balita anda merengek tanpa alasan yang jelas, sering menarik, menggenggam dan mengaruk telinganya, pada waktu malam hari, sulit makan, dan sulitya tidur pada malam hari, nah mungkit saat itulah anak anda sedang megalami suatu ganggua pada telinganya yang berpa terkena infeksi pada telinganya. Solusi yang sangat tepatnya anda harus segera melakukan pemeriksaan secara cepat.

Penyebab pasti seorang bayi terkena oleh infeksi telinga atau otitis media

Penyebab umum timbulya infeksi pada telinga seorang bayi disebabkan dari adanya bakteri Streptococcus yang menyerang pada telinganya, namun tidak bisa dipungkiri pula kalo infeksi ini dapat disebabkan dari adanya virus pula yang masuk ketelinga bagian tengah melalui saluran eustachius. Kemidain peyebab lainya berupa:

  • Adanya infeksi tenggookan  seperti batuk, pilek, adanya rasa sakit saat menelan
  • Adanya inflamasi penimbunan lendir pada telinga  bagian tengah.

Hal-hal yang musti anda lakuakn dalam mengatasi terinfeksinya telinga anda oleh otitis media

Berikut adalah hal-hal dalam megatasinya:

  1. Jagalah Kestrerilan pada tangan, mainan, dan tempat bemain. Cara yang dilakuak dalam menjalankan hal tersebut yaitu dngan cara seringlan anda dengan cara mencuci tangan dan mainannya ketika si kecil sudah selesai bermain dan hendak beranjak tidur. Hal itu akan mencegah timbulnya infeksi pada telinga si kecil.
  2. Hindari dari memberikan dot pada bayi anda. Mengapa demikian? Sebab dot bayi merupakan suatu media paling rawan untuk penyebaran bakteri dan kuman penyebab infeksi pada telinga. Maka dari itu, lebih baik anda tidak mengenalkan dot pada ana anda daripada nak anda nanti terserang gangguan pada telinga.
  3. Bagi anda para ibu sangat dianjurkan sekali untuk menyusui anak anda dengan langsung dari pada meletakkan ASI dalam botol dan meminumkannya. Botol susu juga media paling rawan untuk kuman dan bakteri. Dengan menyusui langsung, peluang bakteri dan kuman untuk menyerang menjadi lebih kecil.
  4. Selalu memberikan imunisasi tepat waktu, Sebab imunisasi berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh anak.

Pengobatan yang seperti apa yang aman bagi balita yang terserang oleh Otitis Media ?

Berikut ini ada beberapa cara pengobatan yang dapat anda jalankan jika adna k atau keponakan anda mengalami penyakit aau gangguan telinga beruapa ototis media.

Pengobatan dengan menggunakan obat parastamol, ibuprofen, dan kompresan

Sebagiaqn besar seorang anak balita yang tekana oleh penyakit otitis media atau infeksi telinga tengah, biasanya akan pulih dengan sendirinya tanpa atnpa melakukan pengobatan dalam kurun waktu yang agak lama. Bagi balita yang sudah mengalami beberapa gejala yang ditimbulkan dari terserangnya oleh gangguan telinga otitis media yangberupa rasa sakit dan demam bisa diatasi dengan pemberian parasetamol, ibuprofen atau meletakan kain atau handuk hangat di atas telinga anak anda yang terasa sakit.

Pengobatan dengan menggunakan Antibiotik dan amoxilin

Selain dari uda cara diatas, jika anda memgkonsultasikannya kepada dokter, maka dokter bisanya akan memberikan obat antibiotik pada anak anda. Sebab antibiotik memilki manfaat dan peran yang sangat baik dalam memgatasi infeksi bakteri ringan.

Antibiotik biasanya berbentuk berupa obat tetes, dalam pengobatan ini memliki aturan penggunaannya, aturan tersebut berupa :

  • Anak yang masih berusia kurang dari tiga bulan.
  • Anak yang berusia kurang dari dua tahun dan mengalami otitis media di kedua telinganya.
  • Anak yang memiliki kondisi sangat rentan terhadap komplikasi, seperti penyakit jantung bawaan atau kistik fibrosis.
  • Gejala yang dialami anak tidak membaik setelah empat hari dan malah makin memperparah keadaan tubuh anak anda.
  • Ada cairan yang keluar dari telinga anak.

Pengobatan yang ketiga ini dapat anda ambil jika anak anda memilki alergi terhadap antibiotik amoxicillin, erythromycin bisa diberikan sebagai penggantinya.

Pengobatan Otitis media dengan Grommet

Untuk pegobatan dengan meggunakan Grommet biasanya dokter akan memasukan pipa kecil pada gendang telinga anak anda untuk membantu mengeringkan cairan yang terdapat apda bagian tengah telinganya. Alat ini digunakan pada anak-anak yang mengalami infeksi telinga tengah yang cukup parah. Dalam pengobatan yang satu ini sangat dibutuhkan waktu yang sekitar 15 menit untuk memasukan pipanya dan anak anda pun tidak wajibkan untuk menginap di rumah sakit. Orang tua juga tidak perlu khawatir jika anak merasakan sakit karena sebelum prosedur dokter akan memberikan obat bius. Tujuan dari penggunaan adalah untuk membuat gendang telinga terbuka selama beberapa bulan.

Pengobatan yang erakhir ini biasanya memilki kurun waktu 6-12 bulan dalam mengahasilkan penyembuhannya, namun jika anak anda mengalami ganguan yang lebih serius, disarankan untuk melaluakn prosedur pengobatan yang lainnya, yang sesuai dnegan anjuran dokter dan tidak akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya.

One thought on “Lindungi Kesehatan Telinga Anak anda dari serangan infeksi penimbul Otitis Media

  1. Lizaned says:

    Proper employment! Thanx you for you problem

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.