Timbul bercak merah pada kulit yang berisikan cairan? kemudian bintik tersebut melepuh pada beberapa hari dan kemudian menimbulkan bekas berwarna kuning kecoklatan pada kulit anda? awas jangan sepelekan hal tersebut ya bunda, sebab beberapa hal yang telah disebutkan diatas merupakan beberapa gejala dari sekian banyaknya gejala yang ditimbulkan dari terserangnya tubuh anda atau anak anda oleh penyakit impetigo.

Seperti apa penyakit impetigo itu?

Penyakit impetigo adalah penyakit yang pada umumnya akan menyerang pada kulit yang disebabkan dari adanya bakteriĀ Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes yang bersemayam di tubuh atau kulit kita. Penyakit kulit ini bersipat sangat menular dan adanya penularan tersebut biasanya bisa melaui semtuhan langsusng dengan penderita impetigo, atau bias juga melalui barang-barang yang sebagai perantara penularannya, penularan tersebut seperti handuk, baju dan peralatan makanan yang sudah terkontamnasi dengan berbagai macam jenis bakteri. Dan bahkan timbulnya penyakit kulit impetigo juga dapat diakibatkan dari oenyakit kulit yang lainnya seperti eksim, kudis, atau infeksi kutu dan Tinea Cruris.

Jenis penyakit kulit ini biasanya sangat rentan menyerang pada anak-anak, disebabkan pada fase kanak-kanak kekebalan pada tubuhnya masih terbilang belum cukup kuat dalam mengahadang beberapa bakteri yang akan menyerangnya. Gejala yang ditimbulkan dari terserangnya kulit anak anda oleh penyakit impetigo biasanya akan terlihat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berapa lama proses perkembangan gejala dari terserangnya kulit anak oleh impetigo? dan gejala lain apa saja yang akan ditimbulkannya?

Menurut para ahli medis menyebutkan bahwa ” pada kebiasaannya gejala yang ditimbulkan dari terserangnya tubuh seoranga anak oleh penyakit kulit impetigo akan terlihat setelah 4-10 hari setelah tubuhnya terkena oleh infeksi atau terkena oleh paparan bakteri.”

Gejalala yang ditimbulkan adanya penyakit impetigo yang menyerang pada tubuh akan semakin memperparah keadaannya, jika bintik merah yang berisikan air pada kulit sering disentuh atau digaruk, gejala yang semakin memperparah tersebut dapat berupa adanya penyebaran bintik pada bagian kulit yang lainnya. Bagian kulit pada tubuh yang bisanya terserang oleh penyakit impetigo yakni antara bagian kulit pinggang, leher, lengan, tungkai, area wajah seperti pada hidung dan mulut

Berikut adalah beberapa perkenbangan gejala impetigo secara umumnya :

  • Pada Fase pertamakan akan terlihat atau muncul bercak merah seperti luka yang tidak terasa sakit dan malah menimbulkan adanya sensasi gatal pada lukan impetigo tersebut
  • Semakin hari bercak merah yang ada pada kulit akan bekembang dalam jumlah yang cukup banyak, adanya perkembangan tersebut diakibatkan dari adanya kegiatan sering menyentuh dan meggaruk terhadap luka impetigo
  • Bercak kulit yang berisikan cairan akan pecah dengan sendirinya dan kemudian akan melepuh dalam waktu singkat
  • Dari adany pelepuhan pada bintik yang berisikan cairan tersebut nantinya akan meninggalkan bekas luka yang berwarna coklat kekuningan dan kemerahan. Adanya bekas tersebut akan hilang dengan sendirinya jiak anda rutin mengobati dan merawatnya.

Apa saja faktor resiko yang dapat meningkatkan terserangnya tubuh oleh penyakit impetigo?

Berikut adalah beberapa faktor resiko meningkatnya penyakit impetigo pada tubuh seseorang :

  • Adanya riwayat penyakit diabete dalam dirinya. Adanya penyakit diabete pada diri seseorang ternyata akan sangat berpengaruh terhadap adanya peningkatan penyakit impetigo pada diri seseorang, dimana hal ini dapat disebabkan dari adanya gejala luka pada penderita diabetes akan sangan memmudahkan bakteri impetigo untuk masuk dan kemudian menginfeksi tubuh anda.
  • Adanya suhu lembab dan hangat. Bakteri impetigo akan cenderung lebih mudah berkembang biak pada tempat atu ruangan yang memilki keadaan ruangan yang hangat dan lebam

Apakah ada perawatan dan pengobatan yang khusud dalam memulihkan tubuh akibat terserang oelh pentakit impetigo ?

Tentunya banyak, Namun secara umumnya perawatan dan pengobatan penyakit kulit impitigo ini harus dilakuakn dengan pengawasan dan saran dari dokter, oleh sebab jika anda ingin merawat atau mengobati penyakit impitigo diusahakan untuk berkonsultasi langsung kepada dokterĀ  kulit.

Ketika anda mengkonsultasikan bahwa tubuh anda atau pada tubuh anak anda terserang oleh penyakit impetigo, biasanya dokter akan langsung mengatasi nya dengan cara memeriksa keadaan tubuh terdahulu dan kemudian akan memberikan beberapa resep obat seperti :

  • Obat antibiotik yang mengandung penisilin
  • Memberikan salep yang mengandung antibiotic mupirosin.

Dalam penggunaan salep, dokter akan menyerankan untuk mengoleskanya secara rutin setelah mencuci terlebih dahulu kulit yang terkena oleh penyakit impetigo dengan menggunakan air sabun anti bakterial , setelah mencuci kulit, keringkanlah dengan menggunakan handuk lembut dan bersih lalu barulah salep tersebut dapat digunakan. lakukankalah kegiatan tersebut sebanyak 3-4 kali sehari samapi tidak terbentuk lagi kerak.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.