Banyak sekali kendala yang akan menimbulkan tidur kita menjadi kurang berkualitas, salah satu kendala yang umum yaitu disebabkan dari pernafasan yang tergangu dan terlalu banyaknya memikirkan suatu hal, peristiwa, atau masalah. Akibat yang akan ditimbulkan dari kurang berkualitasnya tidur biasanya ketika bangun bukan kesegaran yang dirasakan melainkan timbulnya rasa sakit pada beberapa bagian tubuh, berkurangnya konsentrasi saat melakukan suatu kegiatan.

Terdapat beberapa pelatihan pernafasan yang dapat memberi manfaaat sangat baik terhadap tidur anda, pelatihan tersebut berupa:

Tidurlah dengan posisi terlentang dan bernafaslah dengan normal

Hal tersebut merupakan pelatihan yang pertama yang dapat dipraktekan oleh anda ketika akan tidur, cara yang dilakukan dalam menjalankan pelatiha ini yaitu dengan cara :

  1. Aturlah posisi tidur anda dengan cara berbaring, terlentang, atu miring kesebelah kanan
  2. Biarkanlah perutdan paru-paru mengembang ketika anda bernafas
  3. Lakukanlah pelatihan nafas anda secara normal , sebab dari pelatihan ernafasan tersebut akan menormalkan serta menumbuhkan kesadaran pada anda akan pla ernafasan yang lebih baik.

Cobalah bernafas dengan menggunakan Hidung ketika tidur

Pada umumnya beberapa individu atau beberapa orang akan sulit dalam menjalankan latihan ini, diakibatkan dari kebiasaannya ketika tidur bernafas dengan mulut. Padahal kebiasaan tersebut tuh akan mengaibatkan hal-hal yang tidak diingnkan loh, seperti tumbuhnya atau terserangnya tubuh oleh penyakit masuk angin.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa bernafas melalui hidung ketika tidur ternyata sangatlah bermanfaat. Sebab hal tersebut telah dibuktikan dari adanya¬† suatu peneliti yang menyebutkan bahwa” bernafas dengan mengunakan atau melalui hidung sangat bagus dalam merangsang sisitem saraf parasimpatis pada tubuh serta dapat menginduksi relaksasi pada tubuh.”

Lakukanlah pelatihan dengan cara relaksasi pada otot progresif.

Pelatihan ini merupakan teknik yang bertujuan dalam menenangkan otot-otot pada tubuh, dari mulai otot kaki sampai dengan ke otot kepala. Selain dari pada itu, manfaat dari dilakukannya pelatihan ini juga akan berpengaruh terhadap menghilangnya ketegangan pada otot. berikut adalah cara pelatihan yang dapat anda lakukan:

  1. Berbaring atau dengan memiringkan badan ke samping kanan
  2. Hirup udara dengan penuh oleh hidung anda kemidian tahan sebentar kira-kira 3 detik
  3. Ketika menghirup udara yang penuh melalui hidung, anda juga harus membarenginya dengan meremas-remas kaki.kemudian ketika sudah 3 detik buanglah nafas melalui mulut serta menghentikan remasan pada kaki anda.
  4. Namun jika Anda memiliki hidung tersumbat, berbaringlah di sisi Anda dan bernapaslah melalui mulut Anda

Bernafas dengan visualisasi

Cara yang dialkukan dalam melakukan pelatihan ini yaitu dengan cara :

  1. Berbaring terlentang dengan keadaan lengan yang rileks disamping tubuh
  2. Lalu lakukanlah penghirupan udara dengan penuh melalui hidung dan tahanlah selama tiga detik
  3. Perlahan-lahan lepaskanlah hirupan nafas tersebut melalui mulut
  4. Tarik napas lagi dan, dengan setiap rilis, biarkan tubuh Anda tenggelam lebih dalam ke tempat tidur.
  5. Fokus hanya pada napas Anda dan berat di kaki Anda. Jika Anda mulai tertidur, tidak melawannya; hanya melepaskan nafas dan mulai bernapas normal.

Nah jika anda sebelum tidur melakuakn pelatihan tersebut terlebih dahulu maka tidur anda pun akan berkualitas, selain itu, anda juga akan terbebas dari yang namanya pegal-pegal atu nyeri sendi saat bagun tidur. Dari hal positip tersebutpun nantinya kan membuat diri and amenjadi bersemangat dalam bekerja dan pekerjaanpn akan terselesaikan dengan baik.

Segera lakukan atau praktekan hal-hal tersebut dirumah ya, semoga dapat bermanfaat.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.