Dalam yoga, napas dikenal sebagai “prana”atau energi universal yang memiliki manfaat baik dalam memberi keseimbangan pada tubuh dan pikiran, selain yoga terdapat suatu metode latihan pernafasan jenis lainnya berupa latihan pernafasan Deep, dimana ini merupakan suatu metode pernafasan sederhana yang efektif dapat menciptakan suasana pikiran yang tenang. Namun bukan hanya akan mendapatkan ketenangan dalam pikiran saja, tapi juga bisa memberi manfaat yang baik untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Inilah beberapa manfaat yang akan dihasilkan, dari rutinnya melakukan latihan pernafasan

Jika anda rutin melakuakn pelatihan pada pernapasan anda, maka anda pun akan segera merasakan manfaat yang ditimbulkannya, berikuta dalah bebrapa manfaatnya :

  • Dapat meningkatkan energi pada tubuh anda
  • Dapat mengatasi beberapa jenis masalah pada kesehatan yang berhubungan dengan terserangnya stres
  • Mengatasi adanya pribadi yang sering panik
  • Menghilangkan depresi
  • Menyapu gangguan kesehatan yang menyerang pada pencernaan dan insomnia.

10 latihan pernapasan bermanfaat yang wajib anda coba praktekan

1.Latihan pernapasan dengan teknik pernapasan yoga.

Latihan pernafasan yang pertama ini, memilki manfaat yang baik dalam meningkatkan kewaspadaan mental, dan energi vital pada tubuh anda. Langkah yang musti dilakukan ketika akan menjalani latihan pernafasan yang pertama ini yaitu dengan cara menghirup, dan menghembuskan napas cepat melalui hidung, sambil menjaga mulut agar tetap tertutup.

Ketika anda menjalankan latihan pernafasan pada tahap ini di usahakan aturlah nafas yang masuk, dan keluar anda, dengan pendek dan sesuai durasi. kemudian di usahakan janganlah anda melakukannya selama lebih dari 10 detik pada percobaan pertama.

2. Duduklah di atas lantai dengan posisi punggung lurus.

Cara yang musti dilakukan yaitu dengan menempatkan ujung lidah pada langit-langit mulut, atau di bawah gigi. Nah dengan cara tersebutlah maka anda akan mampu menghirup udara melalui mulut anda. Tahanlah nafas anda selama 5 detik dengan menutup mulut, kemudian buanglah nafas sepenuhnya dari mulut, kemudian tutup mulut kembali dan tarik napas pelan melalui hidung, tahan napas selama delapan hitungan dan kemudian ulangi lah cara-cara tersebut sesuai dengan keingian anda.

Nah setelah anda menjalankan latihan ini, maka anda akan merasa lebih rileks, lebih nyaman, dan lebih enjoy, ketika menjalankan aktifitas, yang sudah menjadi runitas keseharian anda.

3. Duduklah atau carilah tempat yang akan memberi ketenangan dan rasa damai pada diri anda

Ketika anda sudah menemukan tempat yang cocok yang dapat memberikan anda kedamaian, dan ketentraman jiwa, segeralah posisikan tubuh anda secara tepat, dan kemudian tutuplah mata Anda, kemudian fokuskanlah perhatian Anda pada kegiatan bernafas secara mendalam, dan lakukanlah latihan ini secara terus menerus minimal sepuluh kali, atau sampai benar-benar anda mendapatkan suatu ketenangan jiwa yang di inginkan

4. Tariklah napas anda secara perlahan dan secara mendalam

Hidung dan mulut merupakan organ tubuh yang menjadi penunjang kelancaran pada latihan pernafasan berikut ini. Namun kegiatan menghirup udara dengan cara ini, anda musti bisa mengatur iramanya secara stabil, agar anda dapat merasakan manfaatnya.

5. Rutinlah melakukan latihan pernafasan di pagi hari

Pagi hari merupakan waktu dimana udara masih alami, belum tercemar oleh berbagai macam jenis polusi dan debu, yang dapat menjadi penyebab tumbuhnya berbagai gangguan kesehatan. Oleh sebab itu lakuakanlah latihan pernafasan anda pada waktu tersebut. Sebab akan banyak sekali manfaat yang ditimbulkannya, khususunya pada kesehatan tubuh anda diantaranya yaitu :

  • Dapat membantu meringankan kekakuan otot
  • Membersihkan saluran pernapasan yang mengalami penyumbatan.

Berbaringlah di lantai dan tutuplah kedua mata anda, ketika akan mengembuskan napas, dan kemudian tenagkanlah seluruh bagian tubuh anda, agar tubuh cepat merasa rileks dan dapat megahasilkan suatu manfaat yang baik.

6. Rutinlah anda melakukan latihan pernapasan perut

Latihan pernafasan pada perut, secara medis dikenal sebagai pernapasan diafragma, yang tergolong ke latihan pernapasan yang paling santai. Diafragma merupakan suatu otot besar yang terletak antara dada dan perut.

Segeralah anda lakukan latihan pernapasan ini dengan cara menempatkan satu bagian tangan Anda di dada, dan bagian tangan yang satunya lagi simpan di atas perut, kemudian ambilah napas dalam-dalam, sampai perut anda terlihat naik melebihi dada, sebab dari adanya hal tersebut bisa menjadi tanda adanya udara yang ditarik akan masuk kedasar paru-paru.

7. Duduklah atau berbaringlah dalam posisi nyaman.

Letakkan satu tangan di perut Anda dan tangan yang sebelahnya pada bagian dada Anda, kemudian tarik napas melalui hidung Anda, dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar, tanpa menggerakan dada, kemudian hembuskan napas melalui bibir yang mengerucut, seperti membuat peluit yang bersuara. Rutinlah anda menjalankan latihan pernapasan dengan duduk dan berbaring pada posisi yang nyaman ini  selama 3 sampai 5 kali.

8. Duduklah di kursi dengan punggung lurus dan lengan di arm rest.

Ambilah napas dalam-dalam, dan lambat melalui hidung selama 4 detik, dan kemudian buanglah napas dari mulut Anda secara perlahan, ketika anda menjalankan latihan pernafasan bagian ini, maka perut Anda otomatis harus bergerak masuk, dan keluar. Jalankanlah latihan pernafasan yang ke 8 ini, sebanyak 10 kali, agar anda dapat merasakan manfaatanya.

9. Latihan Co2 pernapasan berguna untuk mengobati hiperventilasi.

Simpanlah kepalan tangan Anda di atas mulut, dan kemudian bernapaslah secara perlahan-lahan, namun selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat mencoba menjalankan latihan ini dengan cara mengunakan kantong kertas. Latihan pernafasan ini memiliki manfaat yang baik dalam mencegah pengusiran karbon dioksida.

Peganglah kantong kertas di wajah anda, dan kemudian jagalah pernafasan anda, ketika nda akan menjalankan latihan pernafasan yang satu ini, agar anda dapat mendapatkan baik,dalam mempertahankan tingkat karbon dioksida dalam tubuh anda.

10. Duduklah dengan posisi kaki yang melintas pada permukaan yang datar, serta rilekskanlah bagian bahu anda

Cara yang musti anda jalankan ketika akan mempraktekan latihan pernafasan jenis ini, yaitu dengan cara menutup lubang hidung sebelah kanan anda dengan ibu jari bagian kanan, dan kemudian tariklah napas melalui lubang hidung sebelah kiri, dan tutuplah lubang hidung sebelah kiri anda dengan jari kelingking.

Pempertahankanlah nafas selama Anda bisa, dan hembuskanlah napas anda perlahan setelah melepas jempol. Ulangilah secara terus menerus latihan dengan menghirup melalui lubang hidung bagian kanan, dan menghembuskan napas melalui lubang hidung bagian kiri.

Segeralah praktekan ke 10 latihan pernapasan, yang sudah disebutkan diatas ini  secara teratur, agar anda dapat  mencapai, dan mewujudkan keinginan anda dalam mencipakan keadaan tubuh yang sehat, dan adanya pikiran yang tenang dan santai.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.