Paru-paru merupakan organ spons yang memungkinkan Anda untuk bernapas. Bertapa pentingnya organ tubuh yang satu ini, oleh sebab itu jika anda sekali saja tidak menjaga dan merawat organ tubuh yang sangan bermanfaat ini, maka anda pun siap-siap terkena oleh beberapa jenis masalah yang menyerang pada paru-paru anda.

Masalah apa saja yang akan timbul dari kurangnya mamperhatikan kesehatan paru-paru?

Banyak sekali masalah yang akan timbul dari kurangnya anda merawat dengan baik organ paru-paru anda, masalah-masalah yanga akan ditimbulkannya berupa adanya beberapa bagian paru-paru yang terserang oleh beberapa jenis penyakit yang mengganggu terhadap kinerja paru-paru anda, Penyakit tersebut berupa :

Meskipun kondisi ini bervariasi dalam spesifiknya dan masing-masing dapat menyebabkan rasa sakit, kelelahan dan kemudian kesulitan dalam bernapas. Dalam mengobati masalah-masalah yang menyerang pada paru-paru tersebut biasanaya harus segera melakuan perawatan secara medis. Namun selain perawatan medis, ternyata anda juga bisa dan disarnkan pula oleh ahli kesehatan melakukan diet sehat dalam membantu megurangi gejala-gejala yang ditimbulkan dari terserangnya tubuh oleh beberpa masalah pada paru-paru anda. Makanan sehat yang dimaksud berupa :

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayuran memiliki dan memainkan peran yang sangat penting untuk dikonsumsi sebagai makanan diet yang paling sehat, termasuk untuk meningkatkan kesehatan paru-paru, pernyataan tersebut timbul dikarenakan adanya manfaat yang begitu banyak yang terdapat pada buah dan sayuran, yang bersumber daria danya kandungan antioksidan yang berperan dalam memperkuat kemampuan tubuh Anda untuk menangkis berbagai penyakit dan infeksi yang akan menyerang pada tubuh anda.

Namun anda juga harus seleksi dalam memilih buah-buahan dan sayuran yang mengandung gas ya, sebab buah dan sayuran yang didalamnya mengandung gas biasanya akan memicu timbulnya  perut kembung. Menurut Cleveland Clinic perut kembung bisa memperburuk masalah pernapasan.”

Buah dan sayuran apa saja yang berpotensi memiliki kandungan gas didalamnya? mari kita baca dengan teliti jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jenis buah dan sayuran  yang didalamnya mengandung gas

  • Buah apel, Mangga, Buah jeruk, Berry, dan Melon
  • Bawang, Cabai
  • Lobak, Brokoli, dan Kembang kol
  • Kubis, Tomat, dan Ubi jalar
  • Paprika
  • Kentang panggang
  • Labu

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan manfaat yang sangat menyehatkan bagi tubuh anda, kedua makanan diet sehat tersebut memiliki lemak tak jenuh dan nutrisi yang berharga, termasuk antioksidan vitamin E. Adanya minyak yang terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut dapat membantu mengurangi produksi lendir.

Menurut University of Maryland Medical Center, UMMC” Untuk memberi manfaat yang tinggi dan menjadi pengganti dari beberapa makanan yang sering anda konsumsi yang mengandung lemak jenuh dalam bentuk seperti mentega dan margarin, Sekarang anda dapat merubahnya dan menggantikannya dengan makanan diet sehat yang lainnya seperti almond, kenari, kacang Brazil, biji bunga matahari, biji labu dan biji rami. Dari penggantian makanan tersebutlah yang nantinya akan membantu tubuh and aagr tetap mempertahankan asupan kalori yang tepat dan mencegah penurunan berat badan yang tidak semestinya, dan yang lebih pentingnya terutama jika anda memiliki masalah paru-paru yang menyebabkan kurangnya nafsu makan pada diri anda.

Ikan yang hidup di perairan yang tinggi

Ikan yang berada di perairan dingin memiliki sumber protein yang berharga, dan berperan dalam mempromosikan perbaikan jaringan dan kekuatan fisik pada tubuh anda dan sanagt bermanfaat dalam memulihkan beberapa kondisi tubuh anda diakibatkan dari terserangnya oleh masalah paru-paru, manfaat tersebut di timbulkan dari adanya kandungan asam lemak omega-3 didalamnya.

Ikan yang hidup di perairan dingin juga dipercaya sebagai alternatif makanan diet yang sehat berupa daging merah yang kaya akan kandungan omega-3, oleh sebab itu mulailahdari sekarang untuk megkonsumsi secra teratur beberapa jenis ikan yang hidup di perairan dingin ini agar kekebalan tubuh anda megalami peningkatan dan mengurangi terjadinya peradangan apda tubuh anda.

Berikut adalah jenis ikan yang hidup di perairan dingin dan memilki kandungan omega-3 lemak yang tinggi seperti ikan salmon, albacore tuna, herring, trout, flounder, sarden, mackerel dan halibut. Untuk hasil terbaik dan jenis ikan tersebut memberikan kandungan yang utuh dan baik bagi tubuh anda, gunakan metode pemasakan dengan rendah lemak, seperti mengukus dan memanggang di atas wajan anti lengket atau cooking spray dan mengunakan sedikit minyak jaitun.

Jenis biji-bijian utuh

Semua jenis biji-bijian mengandung serta memiliki komponen gizi yang sangat baik bagi tubuh, hanya saja yang paling banyak memilki gijinya yaitu jenis biji-bijian berupa gandum. Gandum memilki banyak kandungan protein, serat dan antioksidannya dibanding dari jenis biji yang lainnya.

The Cleveland Clinic merekomendasikan ” bahwa orang yang memilki kondisi paru-paru sangat dianjurkan sekali dalam mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, termasuk biji-bijian. Seluruh biji-bijian juga menyediakan glukosa atas sumber makanan tubuh Anda menjadi berenergi.”

Oleh sebab itu mulailah dari sekarang Cobalah mengganti makanan olahan, seperti roti diperkaya, pasta, sereal dan makanan ringan, dengan biji-bijian. Contoh makanan gandum bergizi mencakup 100 persen roti gandum dan pasta, oatmeal baja-potong, beras merah, nasi, quinoa, dan dikikis barley agar tubuh anda terbebas dari masalah-masalah yang menyerang pada tubuh anda.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.