Radag tenggorokan yang menyebabkan tumbuhnya nyeri, yang disertai dengan adanya rasa gatal akan sangat berpengaruh pada orang-orang di segala usia khususya pada orang-orang dewasa.
Kebanyakan kasus adanya sakit pada tenggorokan dapat disebabkan oleh virus dan bisanya nyeri yang menyerang pada tenggorkan akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika radang tenggorokan sudah mengalami infeksi, segeralah lakukan pengobatan secara cepat dan tepat, sebab jika tidak teratasi dengan cepat maka akan menyebabkan komplikasi seperti berikut ini :

Radang amandel

Orang dewasa yang memilki radang pada tenggorokannya, mungkin akan mengalami komplikasi yang sangat berpengaruh dengan tumbuhnya, berupa adanya gangguan yang menyerang pada amandel. Amandel merupakan kelenjar getah bening yang terletak pada bagian atas tenggorkan. Amandel memilki peran baik dalam membantu menyaring berbagai mikroorganisme , sehingga terhindar dari adanya infeksi.

Namun ketika amandel mengalami kesulitan untuk menyaring bakteri yang akan menyerang pada tenggorokan, maka disitulah mulai tumbuh suatu permasakahn kesehatan dimana amandel menjadi membengkak dan lama kelamaan menjadi meradang, dan kemudian akan menyebabkan timbulnya tonsilitis.

Penyakit tonsilitis merupakan penyakit yang akibat adanya infeksi pada tonsil atau amandel yang bisanya diasebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala yang akan ditimbulkan dari terserangnya tenggorokan oleh tonsil yakni :

  • Adanya tenggorokan yang memerah
  • Amandel menjadi membengkak dan meradang
  • Amandel membengkak dengan bintik-bintik putih
  • Timbul nyeri pada rahang dan tenggorokan ketika disentuh
  • Mengalami kesulitan menelan
  • Sering terserang demam dan sakit pada bagian kepala.

Ketik anda mengalami salah satu dari beberapa gejala diatas, segeralah lakukan penanganan dengan cara konsumsi obat yang bersifat antibiotik, dimana dengan adanya pengobatan menggunakan antibiotik, sangat bermanfaat dalam melawan infeksi dan biasanya gejala akan mereda dalam dua sampai tiga hari.

Demam berdarah

Sebuah infeksi streptokokus atau radanga pada tenggorokan yang tidak diobati, sering mengakibatkan komplikasi yang dikenal sebagai demam berdarah, demam berdarah juga dapat digolongkan sebagai gejala dari terseranganya tubuh oleh radang tenggorokan. Demam berdarah merupakan demam yang bersifat akut yang timbul disebabkan dari terserangnya tubuh oleh virus dengue. 

Gejala yang ditimbulkan jika seseorang terserang oleh panyakit demam berdarah yakni timbulnya ruam merah, berupa adanya benjolan pada kulit di bagian dada dan perut, dan lama kelamaan akan menyerbar, serta timbulnya lipatan kulit berwarna merah gelap.

Pasca streptokokus Glomerulonefritis

Jika adanya infeksi pada radang tenggokan tidak segera diobati, maka organ ginjal akan terinfeksi oleh bakteri yang dapat mengakibatkan gangguan berupa GN pasca-streptokokus. Infeksi yang mempengaruhi fungsi ginjal ini, nantinya akan menyebabkan peradangan dan timbulnya masalah bada gagian tubuh yang bertugas untuk mnyering urine.

Gejala pasca-streptokokus GN dapat berupa :

  • Adanya penurunan pada keluarnya urine
  • Keluarnya urin dengan disertai adanya darah
  • Timbul pembengkakan pada perut, wajah, atau mata
  • Timbul pembengkakan pada ekstremitas bawah, seperti kaki atau pergelangan kaki.
  • Sendu menjadi nyeri dan mengalami kekakuan.

Langakah pengobtan bagi anda pengidap penyakit glomerulonefritis tentu aka berbeda-beda, namun untuk umumnya pengopbatan yang umum idsaran oleh para dokter yakni berupa :

  • Mengkonsumsi obat-obata yang seperti imunosupresan atau kortikosteroid
  • Mengobati hipertensi dan menurunkan kadar gula yang tinggi
  • Menerapkan gaya hidup yang sehat, misalnya teratur melakukan kegiatan berolahraga, mengurangi
  • Konsumsi makanan yang berprotein tinggi, berhenti dari kebisaan merokok
  • Tingkatkan konsumsi air dan makana berserat.

Selain dnegan melakuakn pengobatan dengan cara-cara diatas, suatu badan kesehatan pernah menyebutkan bahwa ” masih ada pengobatan khusus untuk pasca-streptokokus GN, pengobatah yang dimaksud yakni dengan konsumsi obat antibiotik yang bermanfaat untuk menghancurkan bakteri radang tenggorokan yang diakibatkan dari adanya infeksi “

Nah itulah beberapa penyakit, yang ditimbulkan dari adanya komplikasi dari memperparahnya radang tenggorokan, jika anda tidak ingin tersrerang oleh beberapa penyakit komplikasi tersebut, segeralah lakukan pengobatn yang tepat pada radang tenggorokan anda, baik itu pengobatan dengan cara berkonsultasi langsung dengan dokter, mengkonsumsi obat yang sudah di resepkan oleh dikter, atau mengkonsumsi produk obat herbal yang multi khasiat seperti Qnc Jelly gamat. Namun sembari anda mengobatinya dengan obat, sertailah dengan pengaturan pada pola hidup anda.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.