Asma merupakan gangguan nafas yang kronis yang akan mengakibatkan jalannya pernafasan menjadi lambat. Seseorang yang mengalami asma maka suara nafasnya akan menjadi keras dan tinggi yang dibarengi dengan rasa sesak. Penyakit ini akan menyerang siapa saja, bahkan anak-anakpun bisa terkena oleh penyakit ini.

Secara medis asma akan disebabkan dari adanya otot polos pada  tubuh yang mengalami kejang dan jaringan yang melapisi udara mengalami pembengkakan yang disebabkan dari adanya peradangan dan pelepasan lendir kedalam saluran udara.

Faktor Penyebab Penyakit Asma pada kalangan orang dewasa maupun anak-anak

Terdapat 6 faktor penyebab yang akan menimbulkan penyakit asma, berikut adalah faktor penyebabnya:

Disebababkan dari adanya alergi

Setiap orang pasti akan mempunyai alergi yang berbeda, alergi tersebut dapat berupa alergi terhadap debu, makanan, udara, keadaan lingkunagn, alergi terhadap obat dan masih banyak lagi alergi yang lainnya. Nah alergi inilah yang nantinya dapat menjadi faktor utama penyabab timbulnya penyakit asma.

Biasanya alergi yang dirasakan oleh seseorang dapat timbul akibat adanya keturunan, dan jika seseorang mengalami alergi biasanya akan muncul rasa gatal-gatal yang disertai dengan adanya pembengkakan serta merah pada bagian kulit. Alergi merupakan keadaan seseorang yang rentan terhadap bahan senyawa tertentu.

Penyakit asma yang diakibatkan oleh Faktor Genetik

Bila asma yang menyerang anda diakibatkan oleh faktor ini, berarti asma yang anda rasakan tersebut bersumber dari sanak saudara atau keluarga anda yang mempunyai riwayat hidup mempunyai penyekit asma. Jika anda mengalami penyakit asma ditimbulkan dari faktor ini, biasanya akan sulit sekali dalam menyembuhkannya.

Disebabkan akibat Asap Roko

Perlu anda ketahui bahwa asap roko sangatlah berbahaya jika anda terlalu sering menghirupnya, yang nantinya asap rokok tersabut akan merusak beberapa bagian pada tubuh anda seperti saluran pernafasan dan paru-paru. Oleh sebab itu asap roko ternyata juga merupakan penyebab timbulnya penyakit asma pada seseorang.

Akibat melakukan aktivitas Olahraga yang terlalu berlebihan

Sebenarnya kegiatan olahraga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh, namun jika olahraga tersebut dilakukan dengan cara berlebihan, maka malah akan menyebabkan sesak pada dada yang nantinya timbulah penyakit asama pada diri anda.

Disebabkan dari adanya cuaca

Cuaca di negara kita memang sering sekali berubah-ubah dan tidak menentu, akibat dari cuaca yang sering berubah tersebutpun ternyata sanat berpengaruh terhadap pertumbuhan penyakit asama pada tubuh manusia.

Penyebab adanya penyakit asma oleh adanya penyakit sinusitis

Sinusitis merupakan penyakit yang menyerang pada bagian hidung, penyakit sitnusitis ini hampir sama dengan penyakit polip yang menimbulkan adanya  benjolan berupa daging didalam hidung. akibat adnya benjulan tersebut maka ketika bernafas pun akan sulit. oleh sebab itulah jika penyakit ini tidak segera anda obati maka akan menimbulkan penyakit asama yan akan menyerang pad tubuh dan kesehatan anda.

Disebabkan dari Obesitas yang menyerang pada umur kanak-anak

Obesitas bisa timbul diakibatkan dari dua faktor yaitu dapat diakibatkan dari faktor keturunan dan faktor kurang memperhatikannya pola hidup yang sehat. Jika penyakit asma ini menyerang pada anak-anak diakibatkan dari obesitas, maka anakpun nantinya akan mengalami ganguan yang cukup mengganggu pada kegiatan kesehariannya.

Seperti apa gejala yang akan timbul jika tubuh terserang penyakit asma?

Dalam hal ini ternyata terdapat dua kategori gejala asma yang akan dirasakan, ada gejala yang umumnya, dan ada juga gejala yang akan timbul ketika asamanya itu kambuh.

Gejala awal yang akan akan dirasakan oleh seseorang akibat adanya serangan asma, yakni sebagai berikut:

  • Akan timbul pola pernafasan yang berubah, sering bersin-bersin, dan sering berubahnya suasana hati secara derastis.
  • Hidung sering mempat dan meler, sering batuk-batuk, dan sering merasa cape
  • Tenggorokan sering merasa gatal, adanya ligkarn hitam di bawah mata akibat dari susah tidur atau kurangnya berkualitas dalam tidur.

Namun beda halnya dengan gejala yang akn timbul jika asama sedang kambuh, gejala tersebut berupa:

  • Timbulnnya napas yang berbunyi, batuk-batuk dalam jangka waktu yang sangat sering
  • Napas menjadi pendek dan kemusian akan tersengal-sengal
  • dan gejala yang terakhir yaitu akan timbul rasa sesak pada dada.

Itulah beberapa faktor penyebab dan gejala pada penyakit asma, semoga dapat memberi iniformasi yang lebih luas lagi tentang pengetahuan kalian terhadap penyakit asma.

One thought on “Kenali lebih jelas Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Asma

  1. fgddfftgh says:

    thanks for the information

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.