Batu ginjal adalah penyakit yang diakibatkan dari adanya penumpukan asam garam pada tubuh. Secara jelasnya yang menjadi pemicu terkennya tubuh oleh penyakit batu ginjal yaitu disebabkan dari mengkonsumsi obat-obat tertentu, dan jarangnya mengkonsumsi air putih.

Menurut para medis cara yang paling efektif dalam mengobati batu ginjal yakni dengan jalan operasi, namun pengobatan dengan cara ini akan dilakukan jika batu ginjal sudah membesar didalam tubuh. Masih banyak sekali cara lainnya yang dapat dilakukan dalam mengobati batu ginjal ginjal, baik itu secara medis maupun secara alami, untuk lebis jelasnya anda bisa baca selengkapnya di bawah ini.

Pengobatan Batu Ginjal Secara Medis

Bedah Terbuka

Pengobatan yang satu ini merupakan pengobatan yang sangat dibutuh kan pada penderita batu ginjal, dimana batu yang terdapat pada ginjalnya tersebut mengalami pembesaran ukuran yang begitu cepat. Oleh seba itu pengobatan batu ginjaln yang pertama ini merupakan pengobatan yang baik sekali dalam mengangkat batu ginjal.

Para ahli medis telah menyebutkan bahwa prosedur yang dilakukan pada pengobatan yang pertama ini yaitu terlebih dahulu akan dibuat sayatan pada permukaan kulit dan punggung, dari adanya prosedur pengsayatan tersebut sanat mampu dan mempermudah dalam proses pengangkatan batu ginjal.

PCNL(Percutaneous Nephrolithotomy)

Ini adalah metode pengobatan batu ginjal yang kedua, metode pengobatan bertujuan untuk menghancurkan batu ginjal. Dalam metode pengobatan batu ginjalyang kedua ini terdapat proses yang sama dengan proses metode bedah terbuka, yaitu dengan terlebih dahulu melakuak sayatan, namun sayatan yang dilakuaknpada metode oprasi yang satu ini lebih kecil ukurannya dibanding dengan sayatan yang dilakuak pada bedah tersebuka.

Sayatan kecil tersebut akat bertempat  di permukaan kulit yang tak jauh dari area ginjal. Stelah dilakukannya sayatan tersebut klangkah kedua dokter akan menyimpan suatu alat pada ginjal berupa Nephroscope yang akan membuat batu ginjal yang membesar tersebut pecah dan akhirnya dapat diangkat. Metode pengobatan secara medis ini boasanya akn dilakukan pada penderita batu ginjal yang mengalami obesitas.

Metode pengobatan Ureteroskopi

Metode pengobatan atau solusi penanganan ini dilakuakan dengan cara mengangkat batu ginjal lewat ureteroskop. Alat tersebut yang nantinya akan dimasukkan melalui kandung kemih dan uretra ke ureter. dari dimasukannya lat tersebut nantinya akan menimbulkan batu pada ginjal akan mulai hancur. Metode ini bakal dipilih ketika batu terdeteksi ada di dalam ureter dan terjebak di sana.

Pengobatan batu ginjal secara alami

Pengobatan batu ginjal dengan rutin konsumsi Semangka

Buah yang memiliki daging berwarna merah ini mengandung magnesium fosfat, karbonat, kalsium, kalium,  yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Dari adanya beberapa kandungan tersebutlah yang menjadikan semangka dapat mengatasi batu ginjal.

Dengan tingginya kandungan air di dalamnya, semangka berpungsi untuk menyapu batu yang terdapat pada ginjal, namuan biasanya batu tersebut masih dalam ukuran yang kecil.

Pengobatan dengan Daun Kemangi

Bila Anda membutuhkan tonik untuk ginjal dan ingin mengobati batu ginjal secara alami, daun kemangi menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab daun kemangi merupakan bahan alami yang akan membantu terdorongnya  batu pada ginjal yang nantinya akan keluar dari saluran kemih.

Cara mengolah daum tradisional ini jika anda ingin menggunakannya untuk mengobati batu ginjal anda, dapat dijadikan sebagai teh atau dengan di jus.

Pengobatan batu ginjal dengan menggunakan Buah Delima

Buah Delima memiliki sifat astringent cukup tinggi, dari adanya sifat tersebut yang menjadika delima menjadi sangat bermanfaat bagi penderita batu ginjal

Anda boleh memakan 1 buah delima setiap harinya atau segelas jus delima secara rutin agar batu ginjal dapat dikeluarkan. Batu ginjal akan menjadi larut dan akhirnya bakal keluar dari dalam tubuh sehingga Anda tak perlu mengambil jalur operasi.

Dengan menggunakan Minyak Zaitun dan Jus Lemon

Adanya kombinasi kedua bahan diatas sangat luar biasa dan secara alami bermanfaat dalam mengobati batu ginjal, sebab dari kedua bahan tersebut terutama pada lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bisa memecahkan batu ginjal dan menghambat perkembangannya.

Dalam mengolahnya anda bisa mencampurkan jus lemon sebanyak seperempat cangkir dan kemudian campurkanlah dengan minyak zaitun dengan takaran yang sama, Ketika ramuan yang berbahan dasar minyak dan zaitun ini bisa telah tercampu anda bisa langsung meminumnya secara rutin. Pengobatan ini perlu dilakukan secara rutin sehari 3 kali, obat ini tak usah dilanjutkan apabila batu sudah bisa keluar.

Dengan Daun Seledri

Mungkin banyak orang yang tahu bahwa daun ini merupakan salah satu dari sekin banyaknya jenis daun yang menjadi bahan pasakan, namun disdamping itu daun seledri juga dapat berperan dalam menyembuhkan batu ginjal secara ampuh. Mengapa hal tersebut biasa terjadi, sebab daun seledri memiliki sifat antispasmodik di dalamanya yang akan membantu dalam meredakan rasa nyeri pada ginjal yang diakibatkan dari adanya batu yang terjeratdi ginjal 

Buatlah jus seledri mentah karena ini dapat dijadikan diuretik sehingga mampu memperbanyak jumlah urin serta melancarkan pengeluaran batunya.

Pengobatan batu ginjal dengan mengunakan Kacang Merah

Kacang merah kaya akan kandungan seratnya, selain mengandung serat yang sangat banyak, kacang merah juga ternyata dapat secara efektif mengobati batu ginjal atau gangguan pada kesehatan kandung kemih.

Cara mengkonsumsinya yakni dengan menambahkan kacang merah ke dalam salad atau sup anda sehingga lebih mudah untuk mengonsumsinya dan memperoleh khasiatnya secara langsung. Namun ada kalanya kacang merah ini tak mempan bagi beberapa penderita batu ginjal, jadi jika tak berefek, silakan langsung ke dokter untuk mengonsultasikannya.

Itulah pengobatan batu ginjal secara medis dan alami yang bisa anda lirik dan coba menggunakannya atau mengkonsumsinya. Pilihlah cara pengobatan yang tepat agar batu ginjal dapat diobati sampai tuntas dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.