Nodul ialah suatu benjolan yang terdapat pada bagin kulit luar maupun bagian dalam yang memilki ukuran 0,5 atau bahkan bisa melebihi dari ukuran tersebut, namun secara medis nodul dikenal sebagai tumort kulit. Benjolan ini juga dapat ditemukan pada organ paru-paru kita.

Nodul yang bisanya ditemukan pada organ paru-paru manusia, yakni berupa bintik-bintik yang memilki ukuran kurang dari 3 cm, atau sedikit lebih kecil dari 1 inci. Adanya bintik-bintik-bintik tersebut hanya dapat dilihat jika seseorang melakuan pengecekan kepada dokter dengan mengunakan sinar X atau CT scan.

Adanya Nodul pada organ tubuh paru-paru tersebut ternyata sangat erat kaitanya dengan adanya penyakit yang menyerang pada tubuh kita, oleh sebab itu mulai dari sekarang rutinlah anda melakukan pengecekan ketika anda meraskan adanya kadaan tubuh yang berbeda dari kebiasaannya. Apa saja jenis penyakit yang dapat menimbulkan adanya nodula ?

Adanya penyakit kanker dan tumor jinak

Nodula yang timbul akibat adanya penyakit kanker

Sekitar 40 persen dari adanya nodul atau benjolan pada paru ternyata dapat diakibatkan dari adanya kanker seperti kanker paru. Kanker paru-paru ada yang bersifat primer, yang berarti paru-paru merupakan tempat pertama dari munculnya kanker, dan ada juga kanker paru-paru yang bersifat sekunder yang berarti kanker berasal dari tempat lain dan melakukan perjalanan, atau metastasis ke paru.

Nodul akan tubuh secara cepat jika diakibatkan dari adanya serangan kanker, nodul kanker juga memiliki bentuk yang lebih tidak teratur, permukaan kasar dan variasi warna. Nodul paru-paru kanker sering terbentuk di lobus atas paru-paru.

Adanya nodula yang disebabkan dari terserngnya tubuh oleh Tumor jinak

Nodul yang timbul akibat dari adanya tumor jinak biasanya memiliki ukuran kurang dari 4 mm, atau 0,1 inci di ukuran yang jinak. Menurut para pakar kesehatan nodul atau benjolan yang disebabkan oleh tumor jinak sering muncul dengan ciri permukaan yang halus, lebih bulat dan memillki warna.

Terserangnya tubuh oleh penyakit autoimun

Beberapa penyakit autoimun ternyata dapat menyebabkan lesi jinak atau non-kanker pada paru-paru yang nantinya akan menumbuhkan benjolan pada paru-paru.Granulomatosis dan arthritis merupakan jenis penyakit paru-paru yang dapat menyebabkan timbulnya gejala paru seperti efusi pleura, akumulasi cairan di sekitar lapisan paru-paru dan jaringan parut., batuk, sesak napas dan nyeri sendi.

Terserang oleh Infeksi dan adanya kelainan pada pembuluh darah

Infeksi dapat menyebabkan nodul paru, bahkan setelah penyakit itu hilang. Tuberkulosis dan infeksi jamur seperti aspergilloma atau histoplasmosis dapat menyebabkan jaringan parut dengan nodul. abses bakteri atau riwayat pneumonia atau penyakit paru-paru lainnya juga dapat menyebabkan pembentukan nodul. Sekelompok nodul di satu daerah paru-paru sering menunjukkan penyakit menular.

Selain itu nodula juga dapat timbul diakibatkan adanya penyakit atau malformasi pembuluh darah di paru-paru seperti hemangioma, angioma kavernosa dan telangiectasis paru dapat menyebabkan nodul paru

Jenis Nodula atau benjolan yanng bersifat jinak

Jika anda telat dalam melakuakn pengobatan, maka nodul lama kelamaan akan berubah menjadi nodul atau benjolan menjadi jinak, adanya nodul yang berubah menjadi jinak pada umumnya akan berkembang secara lambat dan kemudian perlahan akan menyebar, dari adanya penyebaran tersebutlah yang nantinya akan menimbulkan jenis nodula yang beragam. Berikut adalah jenis nodula yang sifatnya jinak :

  • Keratosis sebroroik yaitu enjolan kecil berwarna cokelat sampai hitam yang kenyal, umumnya terdapat di tubuh bagian atas dan muka.
  • Nevus pigmentosus atau tahi lalat , nodula atau benjolan ini memilki ukuran kecil dan besar yang berbatas tegas dan berkilat, umumnya berambut, dapat ditemukan di wajah dan bagian tubuh lain.
  • Siringoma, yaitu benjolan-benjolan kecil berwarna putih yang paling sering ditemui di kelopak mata bawah, pipi, dan dahi.
  • Xantelasma,  yaitu benjolan – benjolan cokelat kekuningan yang berada di sekitar kelopak mata. Benjolan ini merupakan penumpukan sel lemak.
  • Keloid, yaitu kumpulan jaringan ikat yang umumnya terbentuk akibat trauma dan faktor bakat. Keloid berbentuk tidak teratur, keras, berbatas tegas, dan berwarna cokelat keputihan.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.