Rhinitis adalah sebuah peradangan yang menyerang pada lapisan rongga hidung, adanya peradangan tersebut dapat disebabkan dari alergi yang menyerang pada hidung. Alergi tersebut biasanya akan timbul secara musiman, namun tidak jarang juga dapat disebabkan dari alergi yang menahun, yang bisa nya timbul disebabkan dari terhirupnya spora jamur, debu, bau-bauan tertentu, asap rokok dan bulu hewan.

2 penyebab apa saja yang harus kita hindari agar tubuh tidak terkena oleh penyakit rhinitis?

Berikut adalah penjelasannya :

Disebkan dari adanya Alergi

Alergi merupakan penyebab yang pertama yang akan menimbulkan terserangnya tubuh oleh penyakit Rhinitis, penyebab ini akan timbul ketika sistem imun akan mendeteksi pada suatu alergen, atau material asing, yang kemudian akan menyingkirkan alergen tersebut dengan cara menghilangkan senyawa histamin, nah dari histamin itulah yang nantinya akan menyebabkan timbulnya gejala-gejala rhinitis yang yang bertahap, dari mulai bersin-bersin sampai ke gejala yang lainnya.

Tapi anda jangan hawatir dengan alergi yang menjadi pemicu timbulnya penyakit Rhinitis, sebab pada umumnya material yangn dapat memecu tidaklah bebahaya, contohnya seperti serbuk sari.

Disebabkan dari non alergen

Penyebab rhinitis yang kedua sangat susah sekali untuk didiagnos, mengapa demikian? sebab penyebab yang kedua ini tidak melibatkan sistem imun, melainkan penyebab ini dapat berupa adanya perubahan pada cuaca yang deratis, perubahan suhu atau temperatur, kelembaban udara, perubahan pada keadan hormon, asap rokok, bau-bau tertentu, dan polusi udara.

Apakah saya termasuk orang yang akan terserang oleh penyakit Rhinitis ?

Tentunya” sebab penyakit yang menyerang pada rongga hidung ini akan dialami oleh siapa saja, apalagi bagi anda yang memiliki alergi, terhirupnya spora jamur, debu. bau-bauan tertentu, asap rokok, memeliki keturunan penyakit Rhinitis, maka anda sangat beresiko lebih besar loh terkenanya oleh penyakit ini.

Namun bagi anda yang tidak mempunyai keturuan juga tidak menutup kemungkinan bahwa andapun akan terkena penyakit ini, karena penyebab kedua dari timbulnya Rhinitis dapat disebabkan dari memilikinya alergi makanan tertentu.

Gejala Penyakit Rhinitis

Gejala yang ditimbulkan  dari adanya penyakit yang meyeran pada hidung ini akan bervariasi,dari mulai gejala yang terbilang ringan sampai bengan gejala yang sudah melaju parah, namun untuk secra umumnya gejala yang akn ditimbulkan dari terseran gnya hidung oleh penyakit rhinitis yakni :

  • Sering terserang oleh penyakit batuk yang dibarengi dengan rasa letih
  • Hilangnya indra penciuman,
  • Terdapat lendir pada tenggorokan
  • Hidung sering mersa gatal dan sering ingusan
  • Sering berdin-besin
  • Adanya penyumbatan pada hidung
  • Mata sering merasa gatal dan menimbulkan air

Seperti apa dokter mendiagnosa terhadap seseorang bahwa dirinya terkena oelah penyakit Rhinitis?

Biasanya dokter akan melakukan pengecekan fisik dan melakukan tes terlebih dahulu, tes tersebut dapat berupa tes darah atau tes kulit, dengan dilakukannya cara pengetesan tersebut nantinya akan memberikan atau menimbulkan hasil apakah tubuhnya terkena Rhinitis yang disebabkan dari adanya alergi atau non alergi.

Jika anda terkena oleh penyakit ini, segeralah lakukan pengobatan.

Silahkan anda berkonsultasi dengan dokter, dan biasanya dokter akan memberikan resep obat seperti obat antihistamin, decongestan, dan obat semprot yang khusus untuk hidung, obat semprot tersebut memilki fungsi dalam meringankan gejala yang muncul. Ada lagi pengobatan yang dapat anda lakuakn dalam mengobati penyakit rhinitis, kemudian anda juga dapat melakan pengobatan dengan cara allergi shots atau imunoterapi. Namun agar pengobatan rhinitis anda sesuai dengan keadaan anda dan tepat cobalah untuk mengkonsultasikannya lebih lanjut dengan dokter yang sudah sering mengatasi atau mengobati penyakit rhinitis.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.