Organ paru merupakan suatu kantung jaringan yang letaknya berada persis di bagian bawah tulang rusuk, dan di atas diafragma, ini adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh. Namun terkadang organ yang memiliki fungsi yang sangat penting ini jarang sekali diperhatikan kesehatannya.

Secara medis, paru memilki tekstur yang sangat lembek, seperti karet busa. Jika keadaan paru sehat, maka akan berwarna abu-abu merah muda, namun jika paru tercemar oleh suatu udara yang tercemar , maka paru perlahan warnanya kanberubah menjadi menghitam.

Ukuran paru-paru sangatlah berbeda. Paru yang berada pada sisi kanan, cenderung berukuran lebih besar, dan lebih pendek, sebab organ paru yang berada di sisi kiri ini harus memberi ruang bagi organ hati yang berada dibawahnya. Sedangkan paru yang berada sisi kiri lebih kecil, dan sempit karena berdekatan dengan jantung.

Anda wajib sekali untuk menjaga kesehatan organ paru anda, sebab jika anda kurang menjaganya, kemungkinan besar organ paru anda, akan terserang oleh berbagai gangguan penyakit.

Penyakit yang akan menyeranga pada organ paru-paru

Beberapa penyakit yang menyerang pada paru-paru, biasanya dapat disebabkan dari adanya bawaan gen, kebiasaan buruk seperti seringnya merokok, pola hidup yang kurang sehat, dan juga bisa di sebabkan dari adanya serangan virus dan bakteri, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang akan menyerang pada organ paru-paru :

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian. Faktor utama tumbuhnya kanker pada paru, yakni adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada suatu jaringan paru-paru, seringnya menghirup asap tembabakau, dan polusi udara.

Gejala yang akan ditimbulkan dari terseranganya tubuh oleh kanker paru antara lain yakni :

  • Adanya napas yang pendek
  • Timbul rasa nyeri dada
  • Mengalami batuk yang berkepanjangan
  • Batuk yang disertai dengan adanya darah
  • Adanya penurunan berat badan secara derastis

Asma

Ini adalah penyaki yang akan menyerang pada paru-paru, yang timbul akibat adanya gangguan yang titik penyerangannya pada saluran pernapasan,  dimana akan terjadi suatu peradangan, dan penyempitan pada saluran pernafasan.

Selain itu penyakit asma juga dapa timbul, akibat adanya saluran pernapasan terserang oleh berapa macam aleregen seperti debu dan asap roko.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

PPOK, merupakan jenis penyakit yang menyerang pada paru-paru dalam jangka panjang, yang dapat menyebabkan seseorang tidak bisa bernapas dengan lancar, disebabkan dari adanya kelebihan lendir, dan adanya degenerasi pada paru-paru.

Penyakit paru jenis yang lainya, seperti Bronkitis kronis dan emfisema juga dapat tergolong sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) . Sekitar 80 sampai 90% penyakit paru ini dapat tergolon penyakit paru yang kedua yang dapat merenggut nyawa, dan kebanyakan hal tersebut disebabkan dari seringnya merokok, akibat mendapatkan transpalasi paru, atau juga dapat disebabkan dari pendonoran paru

Infeksi paru

Adanya paru yang mengalami infeksi, secara umum dapat disebabakan dari terserangnya tubuh oleh virus dan bakteri yang bisa menyebabkan bronkhitis dan pneumonia. Paru-paru yang mengalami infeksi yang parah, biasnaya akan ditandai dengan adanya :

  • Cairan di paru-paru
  • Kelenjar getah bening
  • Batuk darah
  • Demam yang tak kunjung sembuh.

Mulailah dari sekarang lakukan penjagaan pada kesehatan paru anda, sebelum anda terserang oleh berbagai macam penyakit paru, caranya yakni dengan menghindari asap rokok , rutin melakukan latihan pernafasan, menjaga hidrasi tubuh, dan rutinlah berolahraga.

Namun bagi anda yang saat ini sudah terlanjur terserang oleh salah satu penyakit yang menyerang pada paru-paru, rutinlah berkonsultasi kepada dokter, atau bisa juga mengkonsumsi obat herbal yang sudah banyak diakui oleh seluruh masyarakat aman untuk dikonsumsi, dan memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan, salah satunya gangguan kesehatan yang menyerang pada paru-paru.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.