Asam laktat merupakan suatu produk hasil metabolisme karbohidrat, tanpa menggunakan oksigen. Asam laktat merupakan zat sisa yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, namun jika asam laktat yang diproduksi terlalu berlebihan, dan kemudian mengalami penumpukan pada bagian otot, maka akan menyebabkan kelelahan selama berolahraga dan setelah selesai melakuakn aktifitas olahraga, dan adanya kelelahan tersebut akan mulai terasa dalam kurun waktu yang cukup lama.

Kanapa adanya kenaikan asam laktat terjadi akibat suatu kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga ?

Alasan yang kuatnya yaitu, sebab ketika melakuakn olahraga, permintaan oksigen dalam tubuh mengalami kelebihan suplaian, yang kemudian akan menimbulkan metabolisme anaerob yang penghasil asam laktat, dan dari adanya asam laktat tersebut, akan diserap oleh sel otot untuk dijadikan sebagai bahan bakar. Namun di sisi lain adanya asam laktat yang berlebihan pada tubuh, akan menimbulkan suatu keadaan atau kelainan yang kurang baik pada kesehatan tubuh.

Sebenarnya adanya peningkatan kadar asam laktat pada tubuh akibat berolahraga, bukanlah penyebab utama timbulnya gangguan dan kelainan pada kesehatan tubuh, masih ada penyebab lainya yang akan sangat bepengaruh, apa saja peyabab lain yang dapat menimbulkan asam laktat meningkat kemudian menimbulkan suatu gangguan dan kelainan kesehatan pada tubuh ? mari kita sinmak bersama-sama apa saja penyebab lainnya di bawah ini.

Penyebab lain adanya peningakatan kadar asam laktat yang dapat menimbulkan suatu gangguan atau kelainan.

Berikut adalah beberapa penyebab lain, dari adanya peningkatan dan penumpukan kandungan asam laktat yang berpengaruh besar terhadap tumbuhnya suatu gangguan dan kelainan pada kesehatan tubuh :

  1. Karena memiliki riwayat penyakit anemia, yang disebabkan dari adanya sel darah merah dan sel darah putih yang mengalir pada pembuluh darah, dalam jumlah yang sedikit.
  2. Terserang oleh gangguan kanker darah, atau secara medis dikenal sebagai penyakit leukimia
  3. Sering mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan
  4. Adanya infeksi berat pada sebagian organ tubuh
  5. Adanya kerusakan pada organ hati yang mengalami keparahan
  6. Konsumsi obat-obatan yang bukan resep dari dokter
  7. Mengalami pendarahan hebat
  8. Konsumsi alkohol yang berlebihan
  9. Gagal jantung, yang disebabkan dari adanya ketidak mampuan jantung dalam memompa darah dengan normal

Kelainan yang akan di timbulkan dari adanya kandungan asam laktat yang berlebihan pada tubuh

Asam laktat merupakan suatu asam yang lemah. Sebab pada normalnya asam laktat yang terbentuk didalam tubuh akan di buang oleh otot, ginjal, dan hati. Adanya penumpukan asam laktatat akan menimbulkan suatu kelainan berupa terjadinya gangguan pada keseimbangan asam basa dalam tubuh. Kelainan yang ditimbulkan berupa tumbuhnya penyakit sindrom asidosis laktat. Gejala yang biasnya di timbulkannya berupa :

  • Seringnya mual-mual, yang kemudian disertai dengan muntah
  • Timbul rasa nyeri pada bagian perut
  • Penuruna berat badan yang secara derastis
  • Daya tahan tubuh yang melemah
  • Timbul gangguan pada pernafasan, fungsi hati, dan irama jantung
  • Kaki dan tangan sering menglami kedinginan dan membiru
  • Sering mengeluarkan keringat secara berlebihan, dimana adanya keringat berlebihan tersebut memilki bentuk seperti kristal
  • Mengalami sesak nafas
  • Dada terasa nyeri seperti ada penekanan
  • Terserang stres dan sering lupa
  • Dan pada sebagian orang akan mengalami suatu gejala berupa sering mengalami pingsan dan koma.

Bagaimana cara agar kita dapat mengetahui apakah kadar laktat didalam tubuh kita mengalami penumboukan atau tidak ?

Cara yang tepatnya yaitu, dengan rutin melakukan tes pada kadar asam laktat berupa tes darah. Dari dilakuaknnya pengecekan pada kadar asam laktat ini, maka anda dapat mengetahui kadar oksigen yang terdapat pada jaringan tubuh terlebih dahulu.

Setiap dokter pasti akan memberi saran untuk berpuasa selama 8-10 jam, dan jangan melakuakn aktifitas olahraga terlebih dahulu sebelum melakukan tes ini, agar tes yang dijalani menghasilkan suatu bukti yang akurat.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.