Terjebaknya air dalam telinga merupakan hal yang umum yang akan terjadi ketika kita telah melakukan kegiatan berenang dan mandi, adanya air yang terjebak pada telinga biasanya akan menimbulkan sensasi menggelitik dan pedengaranpun akan mengalami gangguan.

Terkadang memang air yang terjebak di dalam telinga bisa keluar dan mengalir dengan sendirinya, namun hal itu tidak semua orang mengalaminya, bahkan ada juga yang mengalami terjebaknya air didalam telinga tidak keluar dengan sendirinya, dan jika hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan infeksi yang dapat menyebabkan timbulnnya nyeri, telinga menjadi memerah, dan bahkan bisa maenyebabkan hal yang lebih patal dan membahayakan berupa adanya peradangan pada.

Mengapa adanya air yang terjebak pada telinga dapat menimbulkan infeksi ?

Jawabannya : Hal tersebut dapat disebabkan dari adanya air yang terjebak pada telinga tidak dapat keluar, dan juga dari andaya pertumbuhan bakteri pada telinga yang berasal dari air yang tersumbat.

Adanya air yang terjebak pada telinga biasanya akan menyerang pada telinga bagian ekternal, yang mana pada umumnya banyak dialami oleh para perenang, infeksi yang meyerang pada telinga bagin eksternal ini dapat timbul dari terserangnya telinga oleh bakteri pseudomonas yang biasanya ditemukan pada air dan tanah.

Ketika anda selesai melakukan mandi dan berenang kemudian merasa ada yang aneh pada telinga anda, seperti adanya suara bergemuruh, dan pendengaran merasa terganggu, kemudiana anda menduga bahwa hal tersebut diakibatkan dari adanya air yang masuk, hindarilah dari menggunakan penyekat kapas untuk menangani terjebaknya air pada telinga anda tersebut, sebab jika anda melakukan penanganan dengan cara tersebut justru akan menimbulkan dampak negatif, berupa adanya air yang terdorong dan nantinya telinga akan mengalami penyumbatan.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda melakukan salah satu dari beberapa tips di bawah ini dalam mengatasi air yang terjebak pada telinga eksternal. Apa saja tips nya ?

Tarik kuping dan miringkanlah kepala anda ke samping

Cara ini dapat anda lakukan dengan memulai menarik daun telinga anda ke atas, namun jangan terlalu kencang dalam menariknya, kemudian miringkanlah kepala anda ke arah bahu anda, ketika anda dalam posisi tersebut lakukanlah lompatan-lompatan dengan perlahan, atau anda juga bisa mengeluarkan air yang terjerat pada telinga anda dengan cara menggoyang kepala, ketika anda keluar dari kolam renang.

Maka dengan anda melakukan hal tersebut, air dengan sendirinya akan keluar sangat mudah, dan ciri yang dapat menjadi bukti bahwa air yang terhambat pada telinga sudah kelur, anda akan merasakan sensasi hangat bada bagian dalam telinga.

Menguap, mengunyah, dan melakukan Metode valsava manuver

Geraka menguap dan mengunyah akan sangat membantu dalam meredakan gangguan berupa adanya ketegangan pada tabung eustachio. Tabung eustachio merupakan sebuah lorong yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan telinga bagian belakang dekat hidung, dan memiliki fungsi sebagai pengatur tekanan udara. Pada tabung tersebutlah yang menjadi tempat dimana air terjebak.

Air yang tersumbat pada tabung tersebut dapat anda keluarkan dengan cara mencoba melakukan metode manufer valsalva, dimana metode ini dapat membuka tabung dan melepaskan air yang terjebak. Bagaimana cara melakukan metode ini ? cara untuk melakuaknnya yaitu dengan :

  • Megambil nafas dalam-dalam
  • Tutuplah mulut anda
  • Cubitlah hidung anda dengan menggunakan jari-jari anda secara lembut
  • Hembuska nafas anda secara perlahan sampai sedikit-sedikit anda bisa mendengarkan suara

Nah dari adanya kemamapuan anda yang sedah bisa mendengarkan sudara selepas melakuakn metode tersebut, maka hal tersebut menandakan bahwa tabung eustacio pada telinga anda perklahan sudah tidak terhalang oleh air dan lambat laun akan mengalami pemulihan. Ketika anda melakukan metode manufer valsalva janganlah anda membuang napas terlalu keras atau terlalu cepat karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga anda.

Letakan telapat tanga anda pada telinga yang mengalami penyumbatan.

Ketika anda menempelkan telapak tangan pada telinga anda, diusahakan jangan terlalu merapat atau terlalu menempel, berilah sedikit ruang dan hadapkanlah telinga anda ke atas, cobalah gunakan ujung jari Anda untuk membuat ruang hampa, kemudian miringkan telinga anda ke arah bahu Anda dan menutupi lubang telinga Anda dengan ujung jari Anda. Buat vakum dengan cara mendorong dan kemudian melepaskan. Ulangi gerakan ini dengan cepat sampai air mulai mendapatkan ditarik keluar dari telinga.

Pastikan untuk hanya menutupi lubang saluran telinga dan tidak menempel jari Anda ke dalam telinga, dan juga anda harus pastikan jari anda bersih dan kuku Anda pendek, aagr ketika anda mengagruk telinga tidak akan menimbulkan infeksi.

Kompreslah telinga anda denagn mengunakan air panas

Cara ini sangat membantu dalam membukakan tabung eustachius, agar air yang terjebak dapat keluar dengan cepat, langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam menjalankan cara ini yaitu dengan :

  • Memcelupkan kain lap kedalam mangkuk yang sudah berisikan air panas, da kemudian peraslah.
  • Tempelkanlah kain yang sudah di celup apda air panas tadi ke telinga yang mengalami penyumatan atau tekanan selama 30 detik.

Artikel yang berhubungan :

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.