Kotoran yang terdapat pada telinga dapat timbul disebabkan dari adanya cerumen yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous pada telinga, dari adanya hal tersebutlah nantinya akan menimbulkan manfaat yang baik dalam menjaga kelembaban pada kulit dan sel-sel kulit mati yang terdapat pada telinga kita, oleh sebab itu anda jangan terlalau sering mengorek dan membersihkanya ya. Karena pada kenyatannnya telinga juga amemiliki kemampuan membersihkan kotoran tersebut dengan caranya sediri, cara membersihkannya yaitu dengan cara mendorongnya keluar.

Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan sekali pada anda untuk mengorek-ngorek lubang telinga anda, apalagi sampai kebagian terdalam telinga, mengapa sangat tidak dianjurkan? Sebab jika anda melakukan hal tersebut dan sudah menjadikannya sebagai kebiasaan rutin maka nantinya telinga anda akan mengalaimi berbagai gangguan yang akan menyerang saat pelepasan kulit mati pada telinga dan menyebabkan produksi kotoran menjadi semakin menumpuk.

Kesalahan dalam membersihkan tenga apa lagi yang akan menimbulkan bahaya pada telinga kita ?

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering sekali orang lakuakn dalam membersihkan kotoran pada telinganya :

Membersihkan telinga secara teratur

Sebenarnya anda tidak perlu melakuakn pembersihan terhadap telinga anda secara rutin atau teratur apalag sampai setiap hari. Mengapa demkian?

Karena menurut seorang ahli ilmuan menyeutkan bahwa “telinga memiliki kemampuan membersihkan diri secara alami, sehinga tidak perlu untuk membersihkannya dengan sering, sebab jika anda melakukan pembersihan terhadap telingan anda dengan sering justru bukan manfaat yang aakn didapat anda melainkan babahaya yang aka menyerang anda.”

Membersihkan telinga dengan mengunakan cotton buds

Kesalahan ini mungkin sudah menjadi kebiasann yang umum dilakukan oleh banyak masyarakat, padahal kebiasaan yang satu ini akan menimbulkan hal yang akan membahayakan pada fungsi pendenganran anda.

Oleh sebab itu mulai dari sekarang berhentilah melakukan kebiasan tersebut takut-takutnya jika anda tetap melakukannya, gendan pada telinga anda mengalami kerusakan dan menimbulkan gejala yang lebih serius pada telinga anda.

Kesalahan dalam membersihkan kotoran tlinga dengan cara memasukkan benda runcing

Benda runcing yang biasanya digunnakan oleh para masyarakan dalam membersihkan telinganya yaitu diantaranya: jarum jahit, penjepit rambut, dan kuku jari yang panjang dan tajam. Mungkin bagi anda bagi yang ga pernah melakukannya pasti akan merasa ngerikan?, namun beda halnya dengan yang sudah biasa. mereka mungkin sudah tidak memikirkan ngeri atau tidaknya.

Membersihkan telinga dnegan cara terapi lilin

Cara yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang yang membersihkan telinganya dengan menggunakan lilin yakni dengan memanaskan lilin terlebih dahulu dan kemudian di letakan di atas telinga, cara ini diklaim atau dianggap oleh masyarakat merpakan cara yang sangat efektif dalam menyedot kotoran yang berada didalam telinga.

Namun pendapat masyarakat tersebut langsung mendapat tangagapan dari berbagai medis yang kemudian menyebutkan bahwa hal tersebut adalah mitos, justru dari dilakuaknya pembersihan dengan cara seperti itu malah akan menimbulkan bahaya yang serius yang akan meyerang apad gendanga telinga dan sisitem pendengaran anda.

Pembersihan gendang telinga dengan menggunakan alat suntik

Alat suntik yang biasanya digunakan dalam membersihkan kotoran pada telinga biasanya tanpa jarum, sebab alat suntik yang digunakan hanya untuk menyemprotkan air kedalam telinga dan kemudain kotoran pun akan keluar.

Dampak buruk apa yang akan terjadi jika kita keseringan melakukan pembersihan telinga dengan cara mengorek atau dengan cara yang lainnya?

Bahaya yang petama yang akan timbul dari terlalu sering dan terlalu dalamya dalam membersihkan telinga yakni :

  • Akan timbulnya kebocoran cairan pada telinga bagian dalam
  • Timbulnya penyakit vertigo dan hilangnya sebagian fungsi pada pendengaran
  • Kulit yang berada pada saluran telinga entah itu yang berada didalam maupun diluar telinga akan mengalami penipisan
  • Kulit pada telinga sangat mudah terluka jika terkena goresan atau benuran
  • Timbulnya infeksi pada telinga
  • Meningkatkan tekanan pada badian gendang telinga yang lama kelamaan jika kebiasann anda mengorek-ngorek telinga maka gendang telingapun nantinya akan peca
  • Terjadinya penyumbatan pada telinga

Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar ?

Banyak sekali cara yang dapat anda lakukan dalam membersihkan kotora yang mengganggua pada telinga anda, namun dari banyaknya cara pembersihan tersebut ada cara yang sangat ampuh dalam memberishkannya, cara yang ampuh tersebut yaitu dengan :

Meneteskan satu atau dua tetes hidrogen peroksida ke telinga sekitar 10 menit sebelum mandi. Dari diteteskannya hidrogen Peroksida pada telinga tersebut nantinya akan bermanfaat sekali dalam  mencairkan kotoran yang menyumbatpada telinga, selain kotoran yang berada di dalam telinga hidrogen peroksida juga dapat berpern dalam membersihkan bagian terluar telinga khususnya pada daun telinga sambil mandi.

Atau bagi anda yang memiliki kulit di bagian dalam maupun dibagian terluar telinga anda yang kering, dalam mengatasinya yaitu dengan cara meneteskan satu tetes minyak mineral ke telinga Anda setiap hari, hal tersebut sangat berguna dalam membantu melembabkan kulit di daerah telinga.

Nah sekarang, mualilah ubah kebiasaan burumu dalam membersihkan telinga ya, agar adna terbebas dari bahaya yang ditimbulkannya, yang sudah di absensi satu persatu pada sub judul yang kedua. Dan cobalah praktekan cara membersihkan telinga anda diats ya…

Artikel terkait :

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.