Probiotik merupakan suatu istilah yang umum digunakan atau disandingkan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain atau pada inangnya, beberapa contohnnya yakni seperti pada makanan, dan suplemen diet yang mengandung bakteri yang berguna dalam mengahasilkan asam laktat sebagai mikroba yang paling umum dipakai.

Mungkin akan banyak orang yang memberi respon buruk ketikan mendengan kata bakteri, disebbakan bakteri biasanya akan erat kaitannya dengan pertumbuhan penyakit. Sebetulnya hal tersebut memanglah bukan hal yang patut untuk dipersalahkan, namun disamping itu semua masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa bakteri juga ada yang dapat berperan dalam menunjang kesehatan tubuh, nama bakteri yang baik itu ialah probiotik.

Banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dari adanya pebriotik, yakni dapat mengatasi penyakit kulit eskim, menjaga kesehatan urin dan vagina, mencegah alergi dan demam, menyehatkan gigi dan mulut. Bagaimana cara yang dapat saya lakukan untuk mendapatkan manfaat yang dihasikan dari adanya bakteri pebriotik pada tubuh ? caranya sangat gampang dan sangat alami, anda hanya cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri pebriotik secara rutin,  makana  yang mengandung bakteri pebriotik tersebut diantaranya yakni :

yogurt

Yoghurt adalah susu yang ditambah dengan probiotik seperti lactobacillus atau acidophilus. Jika anda membeli di supermarket, perhatikanlah terlebih dahulu bahan-bahan tambahan yang terdapat pada produk yoghurt tersebut.

Yoghurt merupakan salah satu sumber makanan terbaik yang mengandung probiotik. Makanan yang mengandung pebriotik yang pertama ini dapat berupa puding atau es. Namun anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya, sebab tidak semua yoghurt diolah dengan cara yang baik. Oleh sebab lebih baik anda membuatnya sendiri saja agar kehigenisan dan keamanan terjaga

Kefir

Ini merupakan makanan yang mengandung pebriotik yang dihasilkan dari adanya fermentasi yang di campur dengan kafein grain, minumah hasil prementasi ini yang mengandung bakteri yang sangat bermanfaat bagi tubuh, berupa lactobacilli dan bifidus. Selain itu dari adnaya manfaat tersebut dapat dihasilkan dari adanya kandungan antioksida pada kefir.

Pada umumnya susu kambing yang sudah melaui tahap prementasi ini, memiliki rasa yang sama seperti yogurt, namun keberadaannya cukup langka tdak sama seperti yogert yang sudah anyak sekali di perjual belikan, mungmin makanan yang dihasilkan dari prementasi susu kambing ini hana da di tempat perbelanjaan besar tertentu. 

Kol parut

Fermentasi kubis atau kol, juga dikenal sebagai sauerkraut, merupakan sumber yang baik yang dapat meningkatkan probiotik pada tubuh anda, menurut Medical University of South Carolina. Budaya ditambahkan dan menjadi aktif dalam proses fermentasi. Pilih sauerkraut jika yogurt atau susu kanmbing yang sudah di prementasi tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Suplemen probiotik

Bakteri probiotik Ternyata juga dapat ditemukan di berbagai suplemen yang mengandung acidophilus dan bifido bakteri, dan suplemen yang mengandung pebriotik ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk menggantikan bakteri bersahabat dalam usus tersebut.

Fermentasi Produk

Makan sedikit produk fermentasi tinggi probiotik dianjurkan jika Anda mampu mentoleransinya tanpa menimbulkan gangguan pencernaan. Beberapa makanan atau produk lainya yang dibuatnya dengan cara di prementasi yaitu :

Dark Chocolate

Probiotik dapat ditemukan di dark chocolate yang berkualitas tinggi. Bahkan kandungan probiotiknya bisa mencapai 4 kali lebih besar dibandingkan dari produk-produk berbasis susu.

Microalgae

Mikrolagae merpakan makanan-makanan yang berbasis tumbuhan laut seperti spirulina, chlorella, dan alga biru-hijau juga merupakan makanan probiotik yang meningkatkan jumlah Lactobacillus dan bifidobacteria didalam sistem pencernaan.

Tempe

Makanan yang biasanya jadi menu sehari-hari di Indonesia ini juga kaya akan probiotik. Berasal dari fermentasi kacang kedelai, tempe mengandung vitamin B12. Termasuk sebagai makanan vegetarian, tempe juga bisa disajikan dengan digoreng sedikit, dipanggang, atau dimakan dengan salad.

Kimchi

Kimchi adalah Sauerkraut versi Asia. Kimchi adalah hasil fermentasi sawi atau sayuran lain, yang memilki rasa asin, asam, sekaligus pedas. Biasanya Kimchi disajikan dengan makanan-makanan lain yang khas di Korea. Selain mengandung bakteri yang bermanfaat, Kimchi juga mengandung beta-carotene, kalsium, zat besi, dan vitamin A, C, B1, dan B2

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.