Lambung merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan manusia yang mempunyai fungsi untuk mencerna makanan dan menyerap beberapa nutrisi pada makanan

Luka pada lambung Sering juga disebut oleh banyak orang dengan tukak lambung. luka ini akan menyerang pada bagian dinding lambung yang diakibatkan dari kurang sehatnya pola hidup,seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat.

Ciri-ciri yang akan timbul pada seseorang, saat mengalami luka pada lambung

Ciri utama jika seseorang terkena luka pada lambungnya, biasanya akan sering merasakan nyeri, atau panas pada bagian lambung yang biasanya akan muncul pada malam hari, ketika perut sedang kosong, dan akibat mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Selain itu, ciri selanjutnya yang biasanya dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit ini yaitu:

  • Perubahan nafsu makan atu kehilangan nafsu makan
  • Menimbulkan gangguan pada pencernaan
  • Penurunan berat badan
  • Mual atau muntah
  • Perut menjadi terasa kembung
  • Merasakan sensasi panas pada dada
  • Selalul bersendawa
  • Adanya darah pada tinja atau tinja menjadi berwarna hitam.

Penyebab Yang menjadikan timbulnya luka di lambung

Penyebab adanya luka pada lambung dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu diantaranya:

  • Penyebab umum yang dapat menurunnya perlindungan pada lambung adalah adanya infeksi bakteri dan penggunaan obat anti inflamasi, selain itu juga dapat disebabkan karena sering meroko dan mengkonsumsi minuman keras, sebab dalam minuman kerass terdapat kandungan alkohol yang sangat banyak.
  • Bahkan banyak sekali yang beranggapan bahwa dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, minuman yang berkafein tinggi dan kondisi seseorang yang stres juga dapat mengakibatkan lambung menjadi luka, anggapan itupun memang sudah terbukti kebenarannya.

Gejala apa saja yang akan dirasakan apabila seseorang terkena luka pada lambungnya ?

Gejala utama yang akan dirasakan jika seseorang mengalami luka pada lambungnya adalah nyeri atau perih pada perut. Namun gejala yang umumnya dirasakan oleh banyak orang, yaitu :

Timbulnya sakit yang menyebar ke leher, pusar, hingga punggung, dan rasa sakit itu akan muncul pada malam hari. Di samping nyeri pada perut, ada beberapa gejala lain yang mungkin akan dialami, di antaranya nyeri ulu hati, tidak nafsu makan, mual, serta gangguan pencernaan.

Beberapa jenis luka yang terdapat pada lambung

Luka pada lambung mempunyai jenis yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan letak lukanya, berikut adalah jenis luka yang terdapat pada lambung: Luka lambung yang palling sering terjadi terletak pada kurvatura minor atau proximal insisura, dekat pada junction mukosa onsitik dan antral, dan luka yang letaknya berada pada 2 cm dari pilorus

Pengobatan apa saja yang dapat dilakukan ketika seseorang mengalami luka di lambungnya ?

pada tahap pengobatan dalam menyembuhkan atua menghilangkan luka pada lambung tiap pasien tentu tidak sama.Pengobatan tersebut akan disesuaikan dengan penyebabnya terlebih dahulu. Namun ada beberapa jenis obat yang pada umumnya akan digunakan untuk menangani tukak lambung, yaitu seperti :

  • Pemberian Antibiotik. pada tahap pengobatan ini luka yang terdapat pada lambung dapat diakibatkan oleh bakteri H. pylori.
    Atibiotik yang biasanya diberikan bagi penderita yang lambungnya terluka biasanya yaitu: Amoxicillin, metronidazole dan clarithromycin.
  • Dengan cara melakukan Penghambat pompa proton. pada tahap pengobatan ini, akan dilakukan oleh dokter jika pasien yang mengaklami luka pada lambungnya itu disebabkan oleh obat anti inflamasi non-steroid, Pengobatan ini adalah cara yabg paling sering di gunakan oleh para dokter dalam menangani luka pada lambung seseorang.
  • Pengobatan dengan menggunakan Obat penghambat reseptor H2. tujuan seorang dokter dalam mengobati luka pada lambung dengan cara¬† ini yaitu untuk menurunkan kadar asam lambung.
  • Cara pengobatan dengan menggunakan Antasida dan alginat, yang berguna dalam menetralisasi asam lambung untuk waktu singkat, sedangkan alginat berfungsi untuk melindungi dinding lambung.
  • Selain dari pengobatan tersebut, sekarang juga telah hadir obat herbal alami yang berbahan dasar teripang, yaitu Qnc jelly gamat yang tanpa efek samping dan sudah banyak direkomendasikan pula oleh para dokter dapat menyembuhka luka pada lambung.

Apakah ada langkah sederhana yang dapat dilakukan membantu proses penyembuhan serta terhindar dari luka lambung yang makin parah ?

Jelas ada,Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan agar luka pada lambung dapat segera sembuh dan juga dapat terhindar dari luka lambung yang makin parah :

  1. Seringlah Mengonsumsi produk berbahan dasar susu, sebab susu dapat melindungi lambung.
  2. kemudian hindarilah konsumsi makanan yang memiliki rasa pedas atau makanan yang berlemak.
  3. Harus bisa membatasi konsumsi minuman keras.
  4. Bagi yang sering merokok, cobalah untuk berhenti, sebab Rokok dapat menghambat penyembuhan sekaligus meningkatkan risiko tukak lambung.
  5. yang terakhir, yang musti dilakukan oleh anda yang mengalami luka dilambung anda, yaitu dengan cara Kurangilah konsumsi teh dan kopi agar kadar asam lambung tidak meningkat.

Itulah beberapa informasi tentang luka yang terdapat pada lambung, Semoga informasi ini dapat memberi pengetahuan yang baru pada anda yang telah membacanya.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.