Hidung merupakan organ tubuh pernafasan yang memiliki tanggungjawab dan tugas dalam melembabkan dan menyaring udara sebelum masuk ke paru-paru. Pada organ bagian dalam hidung terdapat pembuluh darah yang berukuran kecil dimana jika pembuluh darah tersebut mengalami gangguan atau terjadi kerusakan maka akan terjadi pendarahan pada hidung anda.

Adanya pendarahan pada hidung pada umumnya disebabkan dari kekeringan pada bagian hidung yang diakibatkan dari terlalu seringnya konsumsi kafein.

Mengapa senyawa kafein menjadi akibat dari adanya pendarahan pada hidung ?

Berbagain macam minuman yang mengandung senyawa kafein seperti kopi, soda, dan minuman yang berenergi bukan hanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan dapat menumbuhkan penyakit asama bila di konsusmi dalam jumlah banyak, namun ternyata jenis minuman yang mengandung kafein juga dapat memberi dampak buruk pada hidung.

Dampak negativ yang ditimbulkannya yaitu dapat mengeringkan bagian dalam hidung, dan menarik kelembaban pada selaput lendir hidung anda, yang kemudain dari adanya kekeringan tersebutlah hidung akan mengalami iritasi dan meradang, sehingga pembuluh darah menjadi terluka yang menyebabkan mimisan.

Seperti apa cara pengobatan yang musti dilakukan jika mengalami hidung berdarah?

Jika anda saat ini sedang mengalami hidung berdarah diakibatkan dari terlalu serinnya mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein diusahakan jangan panik. kemudian lakukanlah hal-hal berikut ini yang bertujuan untuk mengobati penadarahan pada hidung anda tersebut. berikut adalah cara pengobatannya :

  • Duduk tegak, kemudian tundukanlah kepala anda kedepan.
  • Tiup lembut hidung anda, cara pengobatan ini memiliki tujuan untuk membersihkan hidung anda
  • Pencet hidung secara perlahan dengan ibu jari dan telunjuk, tahanlah¬† kira-kira 3-5 menit dan kemudain bernafaslah sementara melalui mulut. lakukan lah pengobatan ini sampai benar-benar pendarahan pada hidung anda berhenti.
  • Kompreslah hidung anda dengan memakai handuk yang telah diabasahi oleh air es, tujuannnya yaitu untuk mengecilkan pembuluh darah serta untuk membekukan darah yang keluar dari hidung sehingga pendarahan pun cepat berhenti.

Jika pendarahan tidak juga berhenti walupun sudah menjalankan pengobatan rumahan tersebut segeralah pergi kedokter dan mengkonsultasikan keadaan anda.

Pencegahan yang tepat dalam menghindari terkenanya pendarahan pada hidung

Cara terbaik dalam mencegah hidung berdarah yang diinduksi dari terlalu banyaknya senyawa kafein dalam tubuh yakni dengan cara :

  • Menjauhi dari yang namanya konsumsi minuman yang mengandung kafein.
  • Meningkatkan asupan cairan Anda dengan cara mengkonsumsi minuman hydrating seperti air dan jus buah yang dapat menghilangkan dehidrasi.
  • Gunakanklah air panas ketika mandi, kemudian ambil napas dalam-dalam selama mandi. Menghirup uap air dapat membantu untuk melembabkan hidung Anda.
  • Selama kering, musim dingin, rutinlah anda menempatkan humidifier di samping tempat tidur Anda, dimana¬†Sebuah humidifier memilki peran yang sangat baik dalam menambah kelembaban udara dan menjaga saluran hidung Anda agar tetap lembab.
  • Diusahakan jangan terlalu sering kaluar malam, dikarenakan udara pada malam hari merupakan udara yang dapat membuat kering hidung anda, dan akan membuat Anda lebih rentan terhadap mimisan ketika Anda minum kafein.

Nah itulah penjelasan sigkatnya tentang hubungan pendarahan hidung dan kafein, yang ternyata Kafein bisa menjadi penyebab dari timbulnyapendarahan pada hidung. Namun adanya pendarahan pada hidung tidak sepenuhnya diakibatkan dari adany senyawa kafein dalam tubuh, sebab pastinya setiap orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda-beda terhadap kepekaan tubuh atau organ hidung terhadap kafein, dan mungkin sejumlah orang pun ada yang bisa menolelir jumlah kafein yang terlalu banyak dalam tubuhnya.

Perhatikanlah tubuh anda dan sesuaikanlah asupan makanan yang akan dikonsumsi oleh anda. Sementara pendarahan hidung sesekali akan menandakan adanya gangguan medis yang mendasari, seperti gangguan pembekuan darah, tumor hidung atau leukemia. Jika Anda mengalami hidung biasa pendarahan atau jika hidung berdarah individu berlangsung lebih dari 20 menit, hubungi dokter Anda.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.