Mungkin saat ini sebagian orang mengira bahwa kolesterol dengan penyakit kolesterol itu sama, padahal dalam kenyataannya kolersterol dan penyakit kolesterol adalah suatu presepsi yang sangat berbeda, namun disisi perbedaan tersebut meiliki hubungan antara satu sama lainnya. Kolesterol merupakan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh, dan penyakit kolesterol  merupakan penyakit yang diakibatkan dari berlebihnya kadar kolesterol pada tubuh.

Bagaimana? Bedakan kolesterol dengan penyakit kolesterol? agar anda lebih paham dengan perbedaannya, mari kita simak penjelasan yang membahas tentang kolesterol dengan penyakit kolesterol dibawah ini

Kolesterol

Koleserol merupakan komponen lemak yang terdapat dalam pembuluh darah,kolesterol juga merupakan suatu senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. kolesterol sangat berguna sebagai sumber energi, sebagai pembentuk hormon-hormon steroid, dan berfungsi sebagai pembentukan dinding sel dalam tubuh. Senyawa yang satu ini sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh. Kolesterol terbagi menjadi 2 jenis yaitu: kolesterol HDL(Kolesterol baik) dan kolesterol LDL(kolesterol jahat).

Tentunya kolesterol yang baik bagi kesehatan tubuh itu adalah kolesterol HDL. Kolesterol HDL berperan sangat baik dalam memusnahkan atau mengambil kolesterol jahat. oleh sebab itu jika tubuh banyak mengandung kolesterol jenis HDL, maka tubuhpun akan terjaga dari yang namanya terkena oleh penyakit koleserol. Berikut adalah manfaat dari adanya senyawa kolesterol HDL pada tubuh:

  • Mempunyai peran yang asngat penting dalam membantu perkembangan jaringan otak
  • Pelarut vitamin A,D,E, dan K
  • Berperan sebagai pembuatan ampedu yang penting untuk mencerna lemak
  • Pembentuk hormin steroid
  • Pelapisan selaput sel
  • Pembungkus jaringan saraf
  • Penyumbang energi yang lebih tinggi

Beda halnya jika didalam tubuh banyak mengandung kolesterol jenis LDL maka hal tersebut merupakan keadaan yang akan membuat tubuh anda terserang oleh penyakit kolesterol, mengapa demikian? karena Jika didalam tubuh terlalu banyak mengandung senyawa kolesterol jenis LDL maka sel-sel pada tubuh akan rusak, dan kemudian lemak yang tidak baik tersebut kemudian mngendap atau menumpuk di dinding pembuluh darah, dan kemudian nantinya akan erbentuk lah plek yang akan memperkecil diameter pembuluh darah, yang nantinya akan mengakibatkan suplaian nutrisi, oksigen,  keseluruh tubuh menjadi terhambat, dan jika anda tidak melakukan pengobatan maka akan mengakibatkan tumbuhnya penyakit kolesterol.

Penyakit kolesterol

Pada jaman dahulu penyakit kolesterol hanyakan menyerang pada orang-orang yang berusia 50 tahun keatas, namun ternyata untuk sekarang ini, penyakit kolesterol juga banyak menyerang pada usia muda sekitar umur 25-34 tahunan, hal tersebut diakibatkan dari kurang sehatnya pola hidup yang dijalaninya, baik itu aktivitas yang dilakukannya maupun makanan yang di konsumsinya.
Oleh seab itu bagi anda yang berusia lebib dari 20 tahun harus sesegera mungkin melakukan pemeriksaan yang rutin minimal satu kali dalam lima tahun, pemeriksaan tersebut dengan menggunakan tes profil lipid(lemak)

Timbulnnya penyakit kolesterol pada tubuh dapat diakibatkan dari adanya kadar kolesterol LDL yang tinggi yang mengakibatkan adanya penebalan plek didalam pembuluh darah, hal tersebyt akan memicu terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Penyakit kolesterol bukan hanya akan menyerang pada orang yang memiliki bentuk tubuh yang gemuk saja, namun bagi anda yang memiliki bentuk tubuh kuruspun tidak mustahil terserang oleh penyakit kolesterol. Sebab enyakit kolesterol bukan hanya diakibatkan dari makanan yang dikonsumsi saja, namun sebagian besar penyakit kolesterol akan ditimbulkan dari terganggunya fungsi hati akibat dari terlalu banyaknya lemak jahat pada tubuh.

Nah sekarang anda sudah dapat memebedakannya kan? antara Kolesterol dengan Penyakit Kolesterol. Ternyata memang bedakan antara satu sama lainnya, namun jika kedua hal tersebut disatukan maka akan saling berkaitan satu sama lainnya.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.