Penomenia adalah penyakit paru yang tergolong sangat serius dan dapat mejadi salah satu penyebab kematia jika tida segera diatasi dan diobati. penyakit yang menyerang pada paru-paru ini merupakan penyakit yang sering dikenal oleh halayak banyak denga paru-paru basah.

Secara medis timbulnya penyakit yang satu ini pada tubuh seseorang dapat diakibatkan dari adanya infeksi yang memicu inflamasi pada kantung-kantung udara pada paru-paru dan kemudian kantung-kantung yang terinfeksi tersebut nantinya akan mengalami pembengkakan dan kantung tersebut akan berisikan air dan nantinya akan menyebabkan sesak nafas, batuk berdahak, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas.

Siapa saja yang akan beresiko tinggi tubuhnya akan terserang oleh Pneomenia ?

Pneumonia akan mudah sekali menyerang pada :

  • Bayi serta anak-anak di bawah usia 2 tahun.
  • Lansia di atas 65 tahun
  • Perokok. Rokok tak hanya meningkatkan risiko pneumonia, tapi juga beragam penyakit lain.
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, misalnya pengidap HIV atau orang yang sedang menjalani kemoterapi.
  • Pengidap penyakit kronis, seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).
  • Pasien di rumah sakit, terutama yang menggunakan ventilator.

 Gejala serta tanad-tanda Pneumonia

Tanda-tanda dan gejala pneumonia akan bervariasi mulai dari gejala yang masih terilang ringan hingga yang berat, gejala yang ditimbulkan tersebut akan tergantung pada faktor-faktor berupa terserangnya tubuh oleh jenis kuman penyebab terkenanya tubuh oleh Pneomenia, Berikut adalah gejala yang umum akan timbul dari terserangnya tubuh oleh penyakit Pneomenia :

  • Sering terkena Demam
  • Sering berkeringat dan menggigil
  • Suhu pada tubuh menjadi lebih rendah, khususunya pada orang-orang yang sudah berusia di atas usia 65 tahun,
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Batuk berdahak tebal dan kentel
  • Nyeri dada saat bernapas dalam atau ketika batuk sesak napas
  • Kelelahan dan nyeri otot
  • Timbulnya rasa Mual, muntah atau diare
  • Seringnya mersa sakit dan nyeri kepala

Penyebab terserangnya tubuh oleh penyakit berbahaya menyerang paru-paru (Pneomenia)

Penyakit yang banyak sekali mengancam jiwa ini akan timbul paling seringnya dikarena adanya infeksi bakteri dan virus dari udara yang dihirup. Klasifikasi penyebab timbulnya penyakit  Pneumonia didasarkan pada jenis kuman yang menyerang pada tubuh. Berikut adalah penyebab timbulnya pneumonia beserta klasifikasi pendukungnya.

Community-acquired  pneumonia  atau dalam bahasa kita nya yaitu Pneumonia Komunitas

Ini merupakan jenis penyebab timbulnya pneumonia yang terbanyak. Jenis penyebab pneumonia ini dapat ditimbulkan dari adanya beberapa jenis virus yang menyebabkan pilek dan flu. Virus adalah penyebab pneumonia pada anak yang paling sering terjadi yakni di bawah usia 2 tahun.

Disebabkan oleh Viral pneumonia 

Penyebab paru-paru basah yang kedua ini dapat diakibatkan dari adanya virus influenza tertentu yang secara langsung dapat menyebabkan sindrom pernafasan akut yang lama kealaman akan mengalami hal-hal yang serius.

Terserangnya tubuh oleh Bakteri Streptococcus pneumoniae dan Mycoplasma pneumoniae

Bakteri yang sat ini biasanya akan menyerang pada tubuh jika anda telah mengalami flu atau batuk pilek sebagai komplikasinya. Kemudian bakteri yang keduayangdapat menimbulkan tubuh terserang oleh Pneomenia yakni diakibatkan dari terserangnya tubuh oleh Mycoplasma pneumoniae, namunpada kebiasanannya bakteri yang kedua ini tidak akanmenimbulkan hal yang memperparah keadaan.

Disebabkan oleh adanya jamur pada tubuh

Biasanya Jamur dapat ditemukan di tanah dan kotoran burung. Ini merupakan Jenis pneumonia yang paling sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti HIV-AIDS dan pada orang yang telah menghirup organisme penyebab dalam jumlah yaang besar.

Hospital-acquired pneumonia Pneumonia yang didapat di rumah sakit

penyebab initimbul dari adanya infeksi bakteri yang terjadi pada orang yang selama 48 jam atau lebih dirawat di rumah sakit karena penyakit lainnya. Pneumonia ini bisa lebih serius karena biasanya bakteri penyebab lebih resisten (kebal) terhadap antibiotik.

Health care-acquired pneumonia Perawatan kesehatan pneumonia

Penyebab timbulnya penyakit paru-paru ini adalah infeksi bakteri yang terjadi pada orang-orang yang tinggal di fasilitas perawatan jangka panjang atau telah dirawat di klinik rawat jalan, termasuk pusat-pusat dialisis ginjal. Seperti didapat di rumah sakit pneumonia.

Para perokok aktif dan orang yang  sering sekali mengkonsumsi alkohol

Perokok berat dapat mengalami iritasi yeng terletak pada saluran pernafasan, yang natinya daya sekresi tersebut akan menimbulkan sekresi mukus atau adanya bakteri. Alkohol merupakan minuman yang memiliki dampak sangat buruk pada sel-sel darah, nah jika hl tersebut menyerang pada tubuh anda maka tubuh adna akan sulit sekali dari berbagai ancaraman terinfeksinya tubuh oelh berbagai bakteri atau virus.

Penanganan serta Pengobatan Penyakit Pneomenia

Jika anda menagalami penyakit Pneomenia yang disebabkan dari adanya bakteri yang menyerang maka, pengobatan yang harus anda lakukan yaitu:

Dengan cara mengkonsumsiobat dokter yang sudah diresepkan dan diijinkan dikonsumsi oleh dokter, sebab jika anda salah dalam emlakuakn pengbatan atau mengkonsumsi obat amka bukannya kesembuhanyanga kan dras oleh adna melainkan keparahan penyakit yang menyerang paru-paru anda.

Penangana dan pengobatan yang dilakukan untuk penyakit Pneomenia yang diakibatkan dari adanya Virus

Pengoatan yang biasanya diklakuak pada penyakit yang menyerang paru-paru dan berbahaya ini biasanya akan sama dengan cara mengobati penyakit flu, hanya saja pada pengobatan Pneomenia ini lebih ditekankan lagi untuk beristirahat yang cukup  dan mengkonsumsi makanna yang mengandung gizi yang dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh.

Penanganan serta pengobatan Pneomenia yang disebabkan dari adanya jamur

Bagi anda yang mengalami hal ini maka biasanya doter akan mengbatinya dengan cara memberikan obat anti jamur, dan pemberian obat yang dapat membantu mnegurangi nyeri, demam dan sakit kepala serta obat anti penekan batuk. Dalam mengkonsumsi obat penekan batuk dianjurkan untuk menggunakan dosis yang rendah ya. Manfaat dari obat penekan batuk ini sangat baik sekali karena dapat membantu dalam membersihkan sekresi mukus pada paru-paru.

Penanganan serta pengobatan Pneomenia dengan terapi herbal

Terapi herbal dalam menembuhkan penyakit apda paru-paru in dapat mengunakan beberapa tanaman obat atau tanaman tradisional, anaman obat dan bahan alami tadisional tersebut berupa sambilato, kencur, dan jenis herbal yang dianjurkan lainnya.

Nah itulah beberapa informasi mengenai penyakit paru-paru Pneomenia yang sangat membahayakan dan akan menyebabkan kematian pada penderitanya, segralah lakuakn pencegahan dan pengobatan jika anda terkena oleh penyakit Pneomenia.

 

Baca juga Artikel yang lainnya yang berhubungan dengan Paru-Paru anda berikut

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.