Gastroparesis merupakan suatu penyakit  pada lambung yang akan menimbulkan kondisi otot-otot didalam perut tidak berfungsi secara normal. Menurut para medis penyakit ini berupa kontraksi otot yang kuat dalam mendorong makanan melalui saluran pencernaan.
Ketika terjadi gastroparesis, otot-otot dinding perut bekerja buruk atau tidak bekerja sama sekali.
Gastroparesis biasanya akan mengganggu pencernaan, yang kemudian akan menyebabkan mual, muntah, serta akan timbulnya masalah yang berhubungan dengan kadar gula darah dan nutrisi dalam tubuh.

Penyebab apa saja yang dapat menimbulkan tubuh terkena oleh penyakit Gastroparesis?

Diabetes melitus, merupakan penyebab utama terkenanya penyakit Gastroparesis pada tubuh seseorang yang diakibat dari adanya kadar glukosa dalam darah yang teralu banyak dan telalu tinggi yang nantiny akan mempegaruhi susunan kimia pada saraf vagus yang berfungsi untuk berbicara dan menelan suatu makanan.

Kemudian penyaki ini juga, selain disebabkan dari diabetes melitus, ternyata dapat disebabkan pula dari adanya penyakit neuromuskuler, penyakit ini merupakan gangguan yang dapat menyerang pada saraf motorik. Selan itu, penyakit Gastroparesis juga bisa timbul akibat dari proses pembedahan abdomen, infeksi yang diakibatkan dari adanya luka pada lambung, juga dapat diakibatkan dari obat-obatan tertentu yang memperlambat laju pengosongan lambung seperti obat untuk narkotika dan atidepresan, pengobatan untuk kanker, anoreksia, scleroderma, penyakit Parkinson, hipotiroidisme dan terlalu banyuak emngkonsumsi makanaan yang mengandung serat yang tinggi.

Gejala seperti apa yang akan timbul jika tubuh ternyata terserang oleh penyakit yang mengganggu otot perut tersebut?

Secara medis gejala yang akan dirasakan ketka tubuh terkena oleh penyakit Gastroparesis, biasa nya akan timbul seperti:

  • Sering merasa mual
  • Muntah setiap kali telah selesai makan
  • Timbul rasa nyeri dan kejang paa bagian perut, tepatnya paa dinding perut
  • Perut terasa mudah kenyang, padahal makanan yang dikonsumsi ndalam jumlah yang sedikit.
  • Malnutrisi, atau adanya gangguan yang menyerang pada pencernaan akibat kurang nya tubuh dalam menyerap nutrisi makanan yang optimal
  • Adanya jadar glukoda yang tidak normal atau tidak menentu
  • Kehilangan berat baaada yang derastis karena tubuh kekurangan nutrisi.

Jika anda merasakan beberapa gejala-gejala yang sudah sisebutkan diatas, maka tubuh anda terdiagnosa terkena atau terserang oleh penyakit Gastroparesis. Oleh sebab itu jika anda sudah meras gejala-gejala tersebut segeralah berkosultasi kepada dokter agar dapat segera tertangani dan tuidak menimbulkan penyakit yang lebih membahayakan tubuh anda.

Pengobatan apa saja yang harus dilakukan oleh orang-orang yang terekna penyakit ini?

Terdapat beberapa pengobatan yang sanagt aman bagi anda yang akan melakukan penyembuhan penyakit Gastroparesis apda diri anda. Selain melakukan pengobatan dengan arahan dari dokter seperti di rumah sakit, ternyata and juga dapat melakukan pengobatan penyakit Gastroparesis, di rumah loh. Berikut adalah beberapa pengobatan yang harus dilakukan oleh anda yang tubuhnya terserang oleh penyakit Gastroparesis.

Pada tahap awal mungkin seorang dokter akan melakukan pengobatan yang bertujuan untuk mengendalikan dan mengurangi kadar gula dalam darah terlebih dahulu, sebab hal tersebutkan merupapakan penyebab awal tumbuhnya penyakit Gastroparesis dalam diri seseorang, cara yang dilakukan dokter dalam menguurangi kadar gula berlebih tersebut yaitu dengan cara memberi saran kepada anda untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung serat tinggi, makanan yang berlemak, atau makanan padat yang akan merusak pada pencernaan. Selain anda di sarankan untuk menjauhi makanan tersebut, anda pun akan diberikan obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokterr sebagai obat otot perut seperti: metoclopramid dan obat erythromycin.

Namun beda halnya dengan anda yang mengalami gejala penyakit Gastroparesis berupa mual, dan muntah, obat yang akan diberikan dokter akan berbeda. Biasanya dokter akan memberikan obat kepada anda berupa obat antimetik seperti:  prochlorperazine (Compro), thiethylperazine dan diphenhydramine (Benadryl, Unisom).

Yang harus anda ketahui, ternyata penyakit Gastroparesis akan mengakibatkan pasiennya tidak bisa menyerap makanan dan minuman apapun loh, namun jangan khawatir jika anda sampai mengalami hal seperti itu, maka dokterpun akan langsung melakukan cara yang efektif dalam menyembuhkannya yaitu dengan cara melakukan prosedur operasi dengan cara menaruh tabung makan di usus anda.

Namun sebelum pengobatan-pengobatan diatas dilakukan biasanya dokter akan melakukan tes terlebih dahulu, tes yang dalakukan oleh dokter diantaranya yaitu:

  1. Pada awal tes, dokter biasanya akan mengecek terlebih dahulu pernapasan seorang pasien penderita Gastroparesis
  2. Dengan melakuka tes menggunakan CT Scan dengan mengambil kontras barium di dalam bagian atas pencernaan dan kemusian akan mengukur seberapa dalam barium melewati perut
  3. Tes dengan menggunakan endoskopi di kluar pencernaan bagian atas yang mempunyai tujuan untuk melihat apakan mokosa lambung memiliki kelainan atau tidak.

Pengobatan seperti apa yang dapat dilakukan dirumah dalam menyembuhkan penyakit Gastroparesis?

Pengobatan yang dilakukan dirumah dalam mengobati penyakit Gastroparesis, yaitu dengan cara merubah gaya dan pola hidup dan melakukan pengobatan rumahan seperti berikut ini:

  1. Cobalah untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang berserat dan mengandung lemak,makanan tersebut seperti: sayur lemak, kerupuk, permen, makanan ringan, makanan yang dimasak menggunakan minyak banyak, mentega, dan dudu.
  2. Anda harus selalu mengikuti sran atau intruksi dari dokter, dan jangan menggunakan obat tanpa resep dari dokter, atau berhenti mengkonsumsi obta yang diberikan oleh dokter tanpa ada izin seorang dokter.
  3. Anda harus membuat jadwal untukpemeriksaan dalm mengontrol perkembangan gejala serta kondisi pada kesehatan anda.
  4. Anda harus bisa mengendalikan kadar gula darah anda, dengan cara mnegganti beberapa obat diabetes atau insulin.

Semoga informasi tentang penyakit Gastroparesis ini dapat bermanfaat ya bagi kalian, da jika anda terkena penyekit in segeralah melakukan pengobatan agar penyakit yang menyerang otot perut anda tersebut tidak berujung pad pertumbuhannyapenyakit yang kronis yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.