Apakan anda sekarang sering mengalami sesak nafas? jika benar begitu segeralah berkonsultasi dengan dokter, sebab hal itu merupakan gejala awal dari adanya penyakit empisema pada tubuh anda.

Penyakit Empisema

Emfisema merupakan penyekit yang pada umumnya akan menyebabkan pernapasan seseorang menjadi pendek. Timbulnya pernafasan yang pendek tersebut diakibatkan dari adanya kerusakan pada jaringan paru-paru yang memiliki peran sebagai pembentuk fisik paru-paru dan memiliki fungsi pernapasan.

Menurut para ahli medis menyebutkan bahwa, penyakit empisaema merupakan penyakit paru yang kronis, apakah benar begitu?

jawabannya: sangat benar sekali, dan pendapat itupun merupakan hasil dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli medis terhadap penyakit empisema, Berikut adalah penjelasannnya.

Empisema adalah salah satu penyakit yang termasuk kedalam kelompok penyakit paru yang obstruktif atau kronis. Mengapa penyakit ini digolongkan penyakit paru-paru yang obstruktif? Hal tersebut dikarenakan adanya kerusakan pada jaringan paru-paru di sekitar saluran pernafasan yang lebih kecil, atau dikenal juga dengan bronkiolus. Kerusakan tersebutpun nantinya akan mengakibatkan berubahnya bentuk fisik paru-paru menjadi abnormal, bentuk fisik paru-paru yang abnormal tersebut dapat menimbulkan oksigen yang masuk dan karbondioksida yang keluar dari aliran darah di paru-paru tidak berjalan dengan maksimal.

Seperti apa bahaya dari adanya penyakit Emfisema pada paru-paru?

Bahaya yang akan timbul jika organ paru-paru kita terserang oleh penyakit Emfisema yaitu:

  • Akan munculnya kerusakan pada jaringan paru
  • Kantung-kantung udara atau dikenal dengan alveoli pada paru-paru akan terjadi kerusakan
  • Elastisitas yang membantu kantung-kantung udara dalam mengembang dan mengempisnya akan hilang, dan menyebabkan udara segar sulit untuk masuk pada paru-paru.

Gejala apa saja yang akan timbul dari terserangnya tubuh oleh penyakit Emfisema?

Tidak sedikit orang yang belum menyadari bahawa ia terkena oleh gejala yang ditimbulkan dari adanya penyakit empisema, dikarenakan kurang mengetahui dan kurangnya berkonsultasi dengan dokter dengan keadaan tubuhnya. Oleh sebab itu marilah kita mulai mengenal gejala apa saja yang akan timbul jika tubuh kita terkena atau terserang oleh penyakit empisema.

Gejala utama yang timbul dari adanya penyakit emfisema yakni perubahan pada pernapasan yang menjadi pendek atau serin dikenal dengan istilah sesak napas. Ketika penderita empisematerkena gejala ini maka, sirinya akan kesulitan untuk menghembuskan napas keluar. Cara yang biasanya dilakukan oleh penderita empisema jika dirinya terkena oleh gejjala umum ini yaitu dengan memulai menghindari aktivitas yang akan menimbulkan sesak napasnya kambuh.

Selain dari timbulnya gejala pernafasan yang menjadi pendek, anda juga harys segera berkonsultasi kepada dokter, jika anda penderita empisema mengalami gejala-gejala empisema yang lainnya, gejala yang klainnya tersebut berupa:

  • Menurunnya kemampuan dalam melakukan kegiatan olahraga dan menjalani aktivitas rutinitasnya
  • Ketika setelah menaiki tangga napas menjadi pendek dan membuat tubuh menjadi lemas
  • Timbulnya perubahan bibir dan kuku menjadi berwarna biru atau abu-abu.

Memang gejala yang ditimbulkan dari penyakit empisema ini tidaklah banyak, namun jika anda membiarkannya dan tidak melakukan pengobatan, maka gejala-gejala yang akan ditimbulkan dan dirasakan oleh anda semakin parah dan membanyak.

Penyebab timbulnya penyakit Emfisema

Penyebab utama yang akan menimbulkan terserangnya tubuh oleh penyakit emfisema biasanya disebabkan dari terhirup asap rokok masuk ke paru-paru, asap rokok yang terhirup tersebutpun nantinya akan menimbulkan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan pada paru, seperti:

  • Sel kekebalan tubuh pada paru-paru mengalami pelemahan, sehingga terjadilah ketidak efektifpan tubuh dalam melawan dan¬†membersihkan paru-paru dari bakteri yang terkandung pada partikel-partikel yang terkandung dalam rokok.
  • Menghancurkan jaringan paru-paru sehingga menimbulkan obstruksi.
  • Menyebabkan peradangan dan iritasi saluran pernapasan yang bisa memperburuk emfisema.

Selain dari asap roko, apaka ada penyebab lain yang dapat menimbulkan adanya penyakit emfisema ?

Tentu ada, penyebab lainnya itu yakni :

  • Disebabkan dari adanya polusi udara
  • Paru-paru mengalami kekurangan pasokan zat-zat yang bermanfaat seperti zat Alpha-1-antitrypsin, dan protein yang berfungsi melindungi struktur elastis
  • Disebabkan dari usia yang sudah tua, sebab jaringan paru-paru pada orang-orang lansia akan lebih rentan mengalami kerusakan sehingga bisa menyebabkan timbulnya penyakit empisema pada tubuhnya.

Menurut para dokter penyakit emfisema merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun anda jangan dulu khawatir, ada hal yang dapat anda lakukan sebagai penanganan, namun penanganan tersebut biasanya ditujukan untuk meringankan gejala dan memperlambat perkembangan penyakit emfisema yang dirasakan.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.