Pada kebiasaan atau pada normalnya septum pada hidung berguna untuk memisahkan lorong hidung menjadi dua bagian yang sama dan septum pada hidung tersebut akan terletak tepat ditengah hidung. Namun ternyata kenormalan pada septum juga banyak yang tidak mengalaminya dikarena faktor-faktor tertentu,ada yang disebabkan oleh faktor kongenital atau bisa juga disebabkan dari kecelakaan yang mengenai hidung yang nantinya akan timbul cedera pada hidung.

Akibat dari cidera yang menyerang hidung tersebut maka akan mengakibatkan septum pada hidung yang asalnya berada pada garis tengah menjadi bergeser ke arah yang berlawanan atau terjadi pembengkokan pada septum. Kondisi tersebulah yang nantinya akan membuat salah satu bagian pada hidung menjadi lebih kecil dari yang lain dan dikenal sebagai deviasi septum.

Hal apa saja yang Menunjukkan jika hidung kita terkena gangguan Deviasi Septum?

Hal trsebut mungkin dapat diartikan sebagai gejala, gejala yang paling utama jika hidung kita ternyata terserasng atau terkena oleh gangguan Deviasi Septum yakni akan munsul kesulitan bernapas, dan natinya kesulitan benafas tersebut dapat mengakibatkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan.Kemudian gejala yang lainnya yang memberi tanda bahwa hidung kita terkena oleh gangguan  Deviasi Septum, yakni sebagai berikut:

  1. Terjadinya infeksi sinus yang sering terjadi akibat adanya lendir yang terjebak dalam sinus karena ukuran lorong hidung yang lebih kecil. Dan kemudian dikarena adanya infeksi tersebut sinus nantinya akan mengalami pembengkakan yang disertai dengan peningkatan tekanan, dan hidungpun akan tersumbat, dari hal tersaebutpun nantinya akan memicu timbulnya penyakit sinus,dan dikarenakan keterlambatan dalam pengobatan akhirnya, timbulah gangguan Deviasi septum yang mengakibatkan tergangunya aliran udara yang normal pada lubang hidung. Seiring waktu, kondisi ini akan menyebabkan septum atau rongga hidung menjadi sangat kering dan nantinya akan menyebabkan seringnya mengalami mimisan.
  2. Timbul nyeri pada wajah. Nyeri yang dirasakan tersebut  terjadi diakibatkan dari adanya infeksi sinus atau karena septum mengiritasi dinding luar pada hidung.
  3. Jika seseoorang mengelami ganguan yang menyerang pada hidung ini, biasanya ketika tidur sering mendengkut, hal tersebut dapat diakibatkan adria danya aliran udara yang terhambat saat melalui saluran hidung.
  4. Gejala terakhir yang timbul diakibatkan dari adanya gangguan Deviasi septumyang menyerang pada hidung yaitu akan berkurangnya indra penciuman.

Pengobatan yang dilakukan dalam menyembuhkan gangguan Deviasi septum

Dalam mengobati ganguan yang menyerang pada hidung ini, akan beragam sesuai dengan gejala yang dirasanya, untuk lebih jelasnya berikut dalah beberapa pengobatan yang dilakukan dalam mengobati Deviasi septum :

  • Pengobatan Deviasi septum yang tidak menimbulkan gejala yang cukup parah, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan seperti dekongestan, dan  antihistamin.
  • Namun beda halnya dengan pengobatan Deviasi septum yang sudah menimbulakan gejala kondisi adanya gangguan Deviasi septum  yang menimbulkan seringnya mimisan, adanya infeksi sinus pada hidung, timbulnya masalah pada pernapasan berat atau gejala parah lainnya, nah jika hal-hal itu timbul maka cara mengobatinya dengan menggunakan prosedur bedah yang disebut septoplasty. Septoplasty dilakukan bertujuan untuk memperbaiki secara permanen gangauan yang menyerang pada hidung. Dalam operasi septoplasty, baisanya dokter yang ahli bedah akan memperbaiki atau menyingkirkan bagian septum yang menyimpang sehingga septum bisa dipindahkan ke posisi yang normal. Terkadang pengobatan dengan menggunakan septoplasty sering dikombinasikan dengan rhinoplasty dimana ahli bedah juga melakukan operasi untuk memperbaiki penampilan hidung. Bersama-sama, prosedur ini disebut septorhinoplasty.
Pemulihan yang akan terjadi dari dilakukannya pengobatan dengan menggunakan septoplasty tergantung pada tingkat keparahan kondisi pada penderita Deviasi septum . Komplikasi operasi langka yang mungkin timbul meliputi infeksi, perforasi pada septum, berkurang atau hilangnya indera penciuman, dan perdarahan.

Apakan ada cara pencegahan agar tidak terkena oleh gangguan Deviasi septum ?

Tentunya ada, Bagi anda yang saat ini tidak merasakan gejala-gejala dari terserangnya hidung oleh gangguan Deviasi septum , segeralah melakukan salah satu pencegahan yang satu ini, pencegahan nya berupa :

Penceahan yang pertama yang dapat anda lakukan yaitu ketika anda berkendara pakailah sabuk pegaman jika anda mengendarai mobil, beda hal nya dengan anda yang memakai kendaraaan bermotor, bagia anda yang menggunakan motor untuk melakukan suatu aktifitas atau  melakukan perjalanan pakailah selalu helm yang sudah teerbukti keamanannya, mengapa pencegahan nya seperti itu? sebab hal tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengakibatkan timbulnya gangguan Deviasi septum.

 

 

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.