Setiap individu tentunya akan mengalami perbedaan dalam bernafas. Namun setelah diteliti ternyata pada umumnya banyak orang yang bernafas  dengan menggunakan mulut, apalagi pada saat melakukan kegiatan olahraga, dan tidur.

Sebenarnya bernafas dengan menggunakan mulut merupakan hal yang memilki akibat kurang baik bagi kesehatan tubuh dikarenakan ketika seseorang bernafas dengan mulut maka adanya pengeluaran karbondioksida pada tubuh yang terlalu cepat akan mengakibatkan produksi lendir dalam tubuh menjadi lebih banyak, dari adanya produksi lendir yang berlebihan pada tubuh tersebutlah yang nantinya akan menimbulkan beberapa gangguan yang akan menyerang pada sistem kerja pernafasan anda.

Bacalah tips mengatasi masalah pernafasan dengan mudah

Bernafas melalui hidung

Bernapasan melalui hidung akan lebih menyehatkan dibanding dengan bernafas menggunakan mulut. Hal tersebut timbul tentunya bukan tanpa alasan. Alasan yang sangat jelas dan kongkrit mengapa dengan menghirup udara menggunakan hidung akan lebih menyehatkan dibandingkan dengan menggunakan mulut yaitu disebabkan dari menghirup udara dengan menggunakan hidung maka akan membuat paru-paru anda akan lebh efektif dalam mengambil oksigen dari udara segar yang berada disekelilingnya, dan penyerapan oksigen terjadi sebagian besar pada pernafasan.

Menghembuskan napas melalui hidung, yang lebih kecil dari mulut akan menciptakan tekanan udara yang lebih besar dan lembut pada sistem pernafasan anda. Hal ini akan memberikan efek baik pada paru-paru dalam mengekstrak oksigen dalam jumlah besar.

Kegiatan olahraga

Pernapasan hidung lebih efisien dari pada melakukan pernafasan dengan mulut dalam segi memasok oksigen ke tubuh, apalagi ketika anda melakukan latihan kardiovaskular, oleh karena itu lebih baik untuk menarik dan menghembuskan napas melalui hidung. Namun jika anda Ketika anda melakukan latihan kardiovaskular mengalami kehabisan napas, maka andapun bisa membantunya dengan bernafas melalui mulut tapi ini akan mengurangi jumlah oksigen yang diambil dari setiap pernafasan.

Selain itu, lubang hidung dan sinus berperan dalam penyaringan dan pemanasan udara yang dihirup ke dalam paru-paru. Efek penyaringan ini membantu dalam menjaga bakteri dan partikel keluar dari tubuh Anda. Janganlah melakuakn kegiatan olahraga disaat cuaca sedang hujan, sebab apda waktu tersebut akan meningkatkan suhu dingin yang apabila susu dingin tersebut terhirup oleh hidung maka akan menyebabkan dada dan tenggorokan menjadi terasa sakit.

Cara dalam meningkatkan pernapasan pada hidung anda.

Berikut adalah 5 cara yang dapat anda lakukan dalam meningkatkan pernafasan pada hidung anda :

  • Berkonsentrasi pada hidung pernapasan sepanjang hari akan membantu Anda meningkatkan hidung pernapasan dan mengurangi pernapasan mulut.
  • Meditasi dan latihan pernapasan juga dapat membantu, karena hidung lebih kecil dari mulut.
  • pernapasan hidung secara inheren dalapat amda jalankan untukmmengurangi kebiasaan bernafas dengan mulut , dan dari cara tersbutpun sangat membantu dalam mengurangi stres dan hipertensi.
  • coba gunakan strip hidung, yang cocok seperti perban di atas jembatan hidung dan membuka saluran udara hidung untuk mempromosikan bernapas melalui hidung bukan mulut.
  • Konsumsilah obat yang memilkikhasiat untuk mengurangi mendengkur anda, yang di sebabkan dari salahnya bernafas ketika tidur.

Bernafas melalui mulut

Pernapasan melalui mulut merupakan pernafasan yang umum dilakukan oleh banyak individu yang bagian hidung diblokir atau dibatasi. Sebagai contoh, sebuah septum menyimpang atau ukuran hidung kecil dapat menyebabkan seseorang untuk bernapas terutama melalui mulut bukan hidung. Bernapas melalui mulut dikatakan kurang efisien untuk dilakuakan dikarenakan akan menimbulkan hiperventilasi.

Hiperventilasi merupakan nafas yang berlebih akibat dari kecemasan yang mungkin disertai dengan histeria atau serangan kepanikan, keadaan ini bisa terjadi akbat metabolisme tubuuhyang terlampau tinggi sehingga alveolus melakukan ventilasi secara berlebihan. Hal ini, pada gilirannya,akan menyebabkan atau memperburuk gejala asma, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Berikut adalah kegiatan sehari-hari yang biasanya menggunakan peranfasan melalui mulut:

Bernafas melalui mulut ketika tidur

Bernapas melalui mulut mungkin akan sering dilakukan saat tidur, dan biasanya hal tersebutsering dikaitkan dengan mendengkur keras. Hal ini terjadi karena cara pernapasan diatur oleh saraf di bagian hidung.

Area hidung yang dikenal sebagai mukosa hidung merupakan sensor untuk udara yang dihirup, dan ketika pernapasan hidung terjadi, mukosa hidung mengirimkan rangsangan ke saraf refleks nafas-pengendali.

Ketika pernapasan mulut terjadi, mukosa hidung tidak mengirimkan rangsangan ini ke saraf refleks, dan ini dapat mengakibatkan pola pernapasan anda menjadi tidak teratur. Dari hal tersebutlah  yang nantiny akan dapat menyebabkan kondisi jantung atau pengembangan apnea saat anda tidur, dan akan menyebabkan kurangnya bernapas.

Nah sekarang anda sudah mengetahui bukan bahwa bernapas melalui hidung merupakan hal yang akan lebih bermanfaat dibanding dengan bernafas melalui mulut? oleh sebab itu mulai dari sekarang cobalah untuk berusha untuk bernafas dengan menggunakan hidung jika sulit, lakuaklah cara yang telah dijelaskan pada bagian cara meningkatkan kesehatan sistem pernapasan.

One thought on “Bernafas dengan mulut VS Bernafas dengan hidung, mana yang baik untuk dilakukan ?

  1. Jane says:

    Hello, I rsad youyr neww suff daily. Yoour humoristic
    style iis witty, kep itt up! Saved as a favorite, I lovfe your blog!
    I really like it when peopoe cpme together and share thoughts.
    Great site, contiinue thee good work!

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.