Banyak mitos yang menyebutkan, bahwa adanya mulut yang berbau dapat disebabkan dari makanan yang di konsumsi, padahal tidak semuanya seperti itu, sebab bisa jadi, atau besar kemungkinan adanya bau pada mulut tersebut menandakan bahwa tubuh anda sedang mengalami suatu gangguan kesehatan seperti adanya kondisi gangguan yang menyerang pada lidah, hidung, dan gusi anda, atau juga bisa di sebabkan dari tumbuhnya amandel, adanya gangguan yang menyerang pada saluran pencernaan, gangguan yang menyerang pada lambung, dan terganggunya tubuh oleh beberapa penyakit sistemik.

Namun untuk secara umumnya yang dapat menjadi pemicu adanya bau mulut yakni :

  1. Menyikat gigi yang tidak benar
  2. Adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi dan lidah
  3. Mulut kering
  4. Terserang oleh penyakit gusi
  5. Konsumsi bawang merah, dan bawang putih
  6. Menjalankan diet rendah karbohidrat
  7. Kebiasaan konsumsi alkohol
  8. Kebiasaan merokok
  9. Tubuh terserang oleh Gastro Esophageal Reflux Disease
  10. Diabetes
  11. Infeksi paru-paru
  12. Konsumsi obat-obat tertentu, seperti obat-obatan Anti-alergi, dan antidepresan trisiklik

Jika bau mulut disebabkan karena adanya suatu ganguan penyakit yang menyerang pada tubuh, alangkah baiknya anda segera melakukan pengecekan kepada dokter, atau bisa juga dengan menjalankan suatu pengobatan rumahan yang menggunakan bahan-bahan tradisional.

Pengobatan rumahan atasi bau mulut yang sangat menggangu

Beberpa jenis pengobatan berikut ini sangat mudah sekali untuk anda jalani, apalagi ketika anda sedang merasakan suatu keadaan yang kurang enak pada mulut anda. Caranyapun sangatlah sederhana, dan sudah banyak orang yang menjalankannya, disebabkan khasiat yang di timbulkannya sangat efektif dalam menghilangkan bau mulut yang sifatnya biasa, dan bau mulut yang sudah kronis, dan inilah bebrapa jenis pengobatannya.

  • Rutinlah melakukan kegiatan menyikat. Terdapat tiga tempat pada bagian mulut, yang wajib sekali disikat secara benar, setidaknya dua kali dalam setiap harinya, bagian mulut tersebut dapat berupa area gigi, lidah, dan langit-langit, nah ketiga bagain mulut tersebut sangat wajib anda berseihkan dengan cara rutin menyikatnya.
  • Gunakan benang sutera berukuran pendek, untuk membersihkan sisa makan yang tertinggal, pada sela-sela gigi anda. Harus anda ketahui, adanya sisa makanan yang banyak tertinggal pada sela-sela gigi akan sangat berpengaruh pada timbulnya bau mulut yang sangat mengganggu, dan jika tidak segera diatasi maka bau pada mulut anda akan semakin meningkat, dan akan membuat kepercayaan diri anda hilang, serta orang-orang yang berada disekitar andapun kemungkinan besar akan merasa terganggu. Oleh sebab itu sangat disarankan ketika anda selesai konsumsi makanan, diusahakan untuk sesegera mungkin membersihkan sela-sela gigi anda, jika tidak memungkinkan terlihat oleh anda, cobalah untuk berkaca.
  • Makan, Bilas, Menyegarkan. Inilah selogan yang perlu sekali anda ingat ketika anda sedang menjalankan kegiatan makan, apa maksud dari selogan tersebut ? maksudnya ketika anda selesai menjalankan kegiatan makanan, baik itu makanan berat, maupun makanan ringan, diusakan untuk segera membilas muluta na sengn cara mengosok gigi, agar sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi anda tidak menumbuhkan bekteri penyebab bau mulut, dan mulut andapun akan terus merasa segar.
  • Gunakan obat kumur dengan pH yang seimbang. Ini mungkin cara yang akan sangat banyak diambil, atau di gunakan bagi orang-orang yang sedang mengalami masalah pada mulutnya, berupa timbulnya bau. Namu ketika anda akan menggunakanya, diusahakan gunakankah jenis obat kumur yang baik, dapat menurunkan kadar keasaman pada mulut, dan dapat bertindak sebagai antibakteri untuk mengurangi bau mulut secara efektif.
  • Hindari dari konsumsi makanan yang banyak menggunakan bawang merah dan bawang putih mentah, seperti makan yang banyak di hidangkan di india. Sebab akan memberi efek yang kurang baik bagi nafas mulut anda dan bawang merah menyebabkan bau mulut.
  • Gunakan obat kumur non alkohol. Tidak semua obat kumur akan memecahkan masalah bau mulut Anda. sebab jika dilihat secara khusus sebagian produk obat kumur sekarang ini sudah banyak di campur dengan alkohol, pada alkohol dapat┬ábertindak sebagai pemicu dari bau mulut, karena dapat mengering mulut. Oleh sebab itu dsarankan untuk saat ini anda harus leboh teliti dalam memilih obat kumur yang akan anda gunakan.
  • Jangan membiarkan mulut anda mengalami kekeringan, sebab dari adanya mulut yang kering dapat mendorong pada peningkatan pertumbuhan bakteri penyebab timbulnya bau mulut. Cara yang sangat efektif agar mulut anda tidak mengalami kekeringan yakni dengan tidak sering melewatkan makan.
  • Mengganti pasta gigi anda dengan Baking Soda. Ini merupakan bahan pengembang yang biasanya digunakan dalam pembuatan kue, namun disamping itu semua, ternyata bahan yang satu ini juga dapat dijadikan sebagi obat yang efektif untuk mengatasi bau mulut, sebab baking soda dapat menyeimbangkan tingkat PH pada mulut, sekaligus mengurangi tingkat keasaman pada mulut. Bagi anda yang ingin menggunakan bahan ini untuk mengatasi masalah pada mulut anda, anda bisa mengolahnya denan cara menjadikanya sebagai penggannti pasta gigi anda, untuk beberapa hari saja. Maka jika anda rutin menggunkannya lambat laun anda pun akan merasakan manfat yang akan di timbulkannya, berupa bau mulut yang hilang, dan memiliki gigi yang putih

Segera coba beberapa cara diatas jika anda mengalami gangguan, pada mulu berupa adanya bau yang akan sangat mengangu pada kepercayaa diri anda, dan juga dapat mengganggu pada orang-orang di sekelelilling anda.

Artikel yang berhubungan :

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.