Junk food merupakan makanan cepat saji yang saat ini sudah sangat dikenal luas oleh banyak orang di dunia, dan juga banyak sekali yang menyukainya. Dengan mengkonsumsi jenis makanan cepat saji ini sebenarnya akan membuat orang yang mengkonsumsinya tidak akan merasa kenyang, malah justru akan menyebabkan seseorang makan dengan porsi yang berlebihan, yang kemudian nantiya akan menimbulkan masalah yang berhubunga dengan berat badan dan kesehatannya, sebab pada makanna yang siap saji tersebut mengandung kalori yang berlebihan.

Beberapa Bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan cepat saji, sangat banyak sekali dan dapat membahayakan pada kesehatan tubuh seseorang, berikut adalah beberapa bahaya yang akan timbul dan dirasakan ketika seseorang terlalu sering mengkonsumsi makana siap saji atau dikenal dengan junk food.

Beresiko Terkena Penyakit Diabetes

Resiko ini adalah Salah satu faktor utama yang disebabkan dari terlalu seringnya mengkonsumsi makanan yang siap saji.

Penyakit ini akan berkembang ketika tubuh sedang melakukan penyerap asupan  makanan junk food, yang kemudian akan mengakibatkan stres yang berlebihan pada metabolisme tubuh sehingga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar.

Menurut seorang peneliti yang berkecimpung di dunia kedokteran, makanan junk food tidak memiliki kandungan serat sedikitpun, yang berakibat menghasilkan lonjakan kadar gula yang cukup tinggi sehingga berkembanglah penyakit diabetes pada tubuh orang yang sering mengkomsumsi makanan cepat saji tersebut.

Meningkatkan resiko penyakit jantung

Di dalam sebuah junk food terdapat kandungan yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, kandungan tersebut yaitu berupa kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang secara langsung dapat meningkatkan, dan menumbuhkan kolesterol jahat dalam tubuh dan trigliserida dalam darah, yang mana hal tersebut dapat berpengaruh terhadap pembentukan plak dan penyakit jantung. Selain itu, mengkonsumsi junk food juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang meningkat secara tiba-tiba.

Junk food juga akan merusak lapisan-lapisan pembuluh darah yang menyebabkan peradangan kronis. Peradangan ini dapat menyebabkan kolesterol jahat akan menempel pada dinding arteri, dan kemudian akan menghalangi aliran darah ke jantung, sehingga  serangan jantung pun kapan saja bisa terjadi.

Dapat meningkatkan resiko gangguan pada ginjal

Pada makan junk food seperti kentang goreng dan keripik yang rasanya begitu memanjakan lidah, ternyata memiliki kandungan garam halus yang dapat meningkatkan air liur dan sekresi enzim, Kandungan lemak jahat dan natrium yang tinggi dari garam tersebut dapat mengganggu keseimbangan sodium-potasium tubuh yang dapat menyebabkan hipertensi. Oleh sebab itulah ginjal akan menjadi terganggu.

Peningkatan Resiko kanker

Alasan utama mengapa konsumsi junk food sangat terkait dengan peningkatan risiko kanker pada sistem pencernaan adalah, karena pada makanan siap saji ini tidak mengandung serat sedikit pun.

Dalam sebuah penelitian pernah dijelaskan bahwa dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi akan kadar gula, dan lemaknya maka akan dapat menimbulkan peningkatan peluang terkenanya kanker kolorektal dan juga dapat meningkatan risiko kanker prostat yang biasanya dialami oleh kaum laki-laki.

Akan menimbulkan masalah pada kulit dan tulang

Dalam mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, dan gula seperti yang terdapat pada makanan cepat saji ini, maka akan menyebabkan bakteri yang berada di mulut menghasilkan asam yang kemudain akan dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi, serta dapat menghancurkan enamel gigi, yang dapat menyebabakan gigi menjadi berlubang.

Selain itu kandungan natrium yang berlebih yang terdapat dalam junk food atau makanan cepat saji ini, juga dapat meningkatkan resiko terkenanya osteoporosis atau kerusakan pada tulang yang kemudian akna mengalami kerapuhan.

Menurut seorang ahli gizi di Mumbai Selatan tepatnya di Cumballa Hill Hospital, seorang ahli giji tersebut bernama Dr Niti Desai, “Junk food memang memeliki harga yang cukup murah, mudah tersedia, lebih cepat untuk dimakan dan rasanya juga lezat, namun jenis makanan tersebut justru malah berdampak bahaya bagi kesehatan. Bukan hanya kekurangan nutrisi penting bagi tubuh, tetapi juga memberikan efek yang berbahaya, yang berupa terkenanya penyakit yang sudah dibilang berbahaya.”

Tips dalam mengatasi seseorang yang terlanjur sudah kecanduan mengkonsumsi junk food

Berikut adalah beberapa tips bagi anda yang terlanjur sudah sangat menyukai makanan cepat saji, agar anda bisa melalkukan pencegahan dini terhadap akibat yang akan ditimbulka dari keseringan mengkonsumsi makanan siap saji.

  • Hindarilah jus-jus buah kemasan, sebab pada jus kemasan ini mengandung banyak pengawet dan bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan tubuh,  buah yang sudah di jus dan kemudian dicampur dangan bahan-bahan lain maka kandungan dan nutrosi pada buah akan hilang, oleh sebab itu konsumsilah buah-buahan yang masih utuh, agar nutrisi yang yang terdapat pada buah yang dikonsumsi dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Perbanyaklah konsumsi gandum, sebab gandum memiliki banyak sekali kandungan-kandungan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kandungan yang terdapat pada gandum tersebut yaitu diantaranya: mengandung serat, protein, asam lemak yang baik bagi tubuh, bahan kimia tanaman, vitamin, dan mineral seperti tembaga, besi, seng dan magnesium yang dapat digunakan menjadi sarapan yang terbilang sempurna.
  • Konsumsilah sayuran yang berdaun seperti bayam dan selada, sebab pada sayuran tersebut terdapat banyak sekali serat tinggi yang dapat bermanfaat bagi tubuh, sehingga kadar gula dalam darah dapat berkurang. Agar dapat menambah nutrisi yang lainnya cobalah konsumsi sayuran ini dibarebgi dengan konsumsi ikan , telur, kacang-kacangan, atau makanan yang lainnya yang mengandung banyak sekali protein didalamnya.
  • Banyak mengkonsumsi beras merah, yang menjadikan pengganti dari nasi putih. Pada beras merah terkandunmg serat alami yang baik bagi tubuh dan dapat memberikan asupan nutrisi yang terbilang cukup dan berguna bagi tubuh.
  • Namun bagi anda yang terlanjur sudah terkena dampak dari terlalu mengkonsumsi makanan siap saji, segeralah berobat dan melakukan konsultasi dengan dokter, agar penyakit ayng anda rasakan akibat terlalu sering mengkonsumsi makan cepat saji tersebut dapat segera ditangani dan diobati.
  • Cobalah untuk mengkonsumsi obat herbal yang berbahan dasar teripang, sebab pada obat herbal tersebut mengandung banyak sekali nutrisi, dan sudah mbanyak di buktikan pula oleh banyak orang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dari penyakit yang masih terbilang ringan sanmoai penyakit yang sudah didiagnosa krons. Oleh sebab ityu obat herbal inipun cocok dikonsumsi oleh anda yang sudah terlanjur terkena penyakit yang ditimbulkan dari terlalu seringanya mengkonsumsi makanan siap saji.

itulah bebarapa dampak negetip dari adanya kebiasaan konsumsi makana yang siap saji, yang akan sangat berpengaruh besar terhadap tumbuhnya beberapa macam gangguan kesehatan, dan beberapa cara mengatasuinya. Semoga informais tersebut dapat, menjadi salaha satu langkah yang baik untuk anda bisa mengatasi dan memberhrntikan kebiasaan konsumsi makaan yang siap saji anda tersebut secara cepat, dan tepat.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.