Sakit pada telinga dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun pada kebanyakan kasus adanya nyeri pada telinga disebabkan oleh ganguan yang menyerang pada telinga berupa penyakit seperti telinga berdenging, Perikondritis, Meniere, Othematoma, dan masih banyak lagi ganguan yang menyerang pada telinga yang menjadi penyebab dari adanya rasa sakit pada telinga.

Pemicu timbulnya rasa sakit peda telinga

Berikut adalah beberapa pemicu umum adanya rasa sakit pada telinga :

Kotoran telinga.

Jika kotoran pada teklinga anda mengalami penumpukan dan mengeras disarankan jangalah anda membersihkanya dengan menggunakan catton bud, sebab jika anda memlakuakn hal tersebut maka kotoran pada telinga anda akan malah terdorong ke dalam, dan menyebabkan gendang pada telinga mengalami keurusakan. Nah jika hal tersebut tidak segera ditangani maka rasa sakit pada telinga lambat laun akan muncul dengan sendirinya. Oleh sebab itu gunakanlah cara yang tepat ketika anda akan membersihkan kotoran pada telinga anda.

Penyakit eksim pada lubang telinga

Penyakit eksim merupakan penyakit yang akan sangat mempengaruhi pada setiap daerah kulit yang memilki kandungan minyak yang alami, salah satunya yaitu daerah telinga. Adanya penyerang penyakit eksim yang menyarang pada bagian kulit telinga biasanya akan menimbulkan gejala berupa adanya iritasi, kemerahan, peradangan, bersisik dan adnya rasa nyeri pada sekitar lubang telinga.

Infeksi

infeksi pada telinga biasanya akan menyerang pada siapa saja tanpa mengenal usia dan lainnya. Ketika telinga mengalami infeksi maka akan memperlihatkan gejalanya berupa adanya bisul pada bagian lubang telinga, dan bisul terebut emnimbulkan rasa sakit. Bisul pada telinga tersebut lama kelamaan akan pecah dan sembuh dengan ditandai keluarnya nanah.

Abses gusi

Ini adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya nanah yang terbentuk pada gusi yang diakibatkan dari adanya infeksi dari suatu bakteri. Kondisi ini sangat berpengaruh pada timbulnya sakit yang menyerang pada kepala dan telinga.

Bahan alami pereda sakit telinga

Sebenarnya banyak sekali bahan alami yang dapat anda gunakan untuk meredakan sakit pada telinga, namun untuk bahan alami yang berikut ini merupakan bahan alami yang sudah umum digunakan dan sudah terbukti ampuh dalam meredakan rasa sakit yang menyerang pada telinga sangat menyiksa. Berikut adalah bahan-bahan alaminya :

Kunyit

Dalam mengobati sakit pada telinga dengan menggumnakan bahan alami berupa kunyit, anda harus mencampurkannya dengan bahan lain berupa daun iler dan biji mahoni, dan cara yang dapat anda lakukan ketika mengolahnya yaitu dengan :

  • Menghaluskan semua bahan, kemudian panaskan 3 sendok makan minyak wijen diatas api yang kecil
  • Campurkan kunyit dan dauniler diminak wijen yang sudah di panaskan, setelah itu tunggu sampai suhunya berubah menjadi dingin dan jika sudah benar-benar dingin barulah anda melakukan cara selanjutnya dengan meneteskannya pada telinga anda secara perlahan

Ketika anda meneteskan ramuan ini harus benar-benar dalam keadaan sudah dingin.

Bawang merah

bahan alami ini memiliki kandungan yang bersifat antibakteri serta memiliki peran sangat baik dalam melawan berbagai bakteri penyebab timbulnya sakit pada telinga. Cara mengolahnya yaitu hanya dengan menumbuknya sampai halus, dan kemudian campurkanlah dengan sedikit air, lalu oleskan pada bagian telinga anda yang terasa sakit yang disertai dengan adanya pembengkakan.

Madu murni

Ini merupakan salah satu bahan alami yang sangat banyak sekali digunakan sebagai aktenatif pengobatan untuk beberapa jenis penyakit, salah satunya yaitu untuk meredakan rasa sakit yang menyerang pada telinga. Mengatasi rasa nyeri dengan mengguankan bahan ini sangat simpel dan tidaka akan membuat anda repot, karna hanya dengan anda mencampurkan madu dengan air putih lalu mengoleskannya pada telinga yang mengalami gangguan dan menimbulkan rasa sakit, maka rasa sakit pada telinga anda perlahan akan hilang dengan sendirinya.

Minyak zaitun

Bahan alami ini merupakan salah satu jenis minyak yang memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit, yang mana khasiat tersebut timbul dari adanya kandungan yang sangat bermanfaat didalamnya. Selain itu adanya kandungan yang bermanfaat tersebut ternyata juga sangat efektif dalam meredakan rasa sakit yang menyerang pada telinga.

Cara yang dapat anda lakuakn ketika akan mengolahnya yakni dengan menghangatkan terlenbih dahulu beberapa tetes minyak zaitun, kemudian masukanlah beberapa tetes minyak zaitun yang sudah di panaskan tersebut kedalam botol yang sudah di bersihkan, dan kemudian teteskanlah minyak zaitun tersebut kedalam telinga anda secara rutin agar rasa sakit yang menyerang pada telinga anda cepat mengalami penyembuhan.

Uap minyak eukaliptus dan lavender

Mungkin ini merupakan pengobatan yang terbayang sangat rumit, padahal hal tersebut tidaklah benar, sebab cara yang dilakukan dalam menjalankan pengobatan ini sangatlah mudah yakni hanya dengan :

  • Menyiapkan sebuah mangkuk berbahan plastik, kemudian tambahkanlah beberapa tetes dari kedua jenis minyak tersebut
  • Taruhlah anduk diatas kepala anda dan kemudain hiruplah uap air yang terdapat pada mangkuk yang berisikan air hangat dan campuran minyak eukaliptus dan lavender.

Pengobatan dengan menggunakan cara yang terakhir ini akan sangat membantu dalam meringankan gejala yangn ditimbulkan dari adanya gangguan yang menyerang pada telinga berupa rasa sakit.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.