Sakit tenggorokan merupakan gangguan yang umum terjadi pada orang-orang dari segala usia adanya sakit pada tenggorokan juga dapat dikatakan sebagai gejala utama dari terserangnya tubuh oleh penyakit faringitis berupa adanya peradangan pada tenggorokan atau faring.

Adanya sakit pada tenggorokan biasanya dapat diakibatkan dari adanya infeksi yang disebabkan oleh virus. Namun, terkadang adanya sakit pada tenggorokan dapat diakibatkan pula dari adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi bakteri biasanya diobati dengan antibiotik, tetapi sakit tenggorokan karena infeksi virus dapat diobati di rumah.

Obat herbal seperti teh peppermint dapat menjadi suatu pengobatan yang dapat anda jalankan dirumah untukĀ  mengobati sakit tenggorokan anda, dimana obat herbal yang menggunakan bahan dasar peppermint ini akan sangatĀ  bermanfaat dalam menenangkan sakit tenggorokan Anda, namun sebelum anda menjalankan pengobata tersebut diusahakan untuk mendapatkan saran dari dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh anda.

Gejala yang biasanya timbul dari adanya sakit pada tenggorokan

Gejala yang ditimbulkan dari adanya sakit pada tenggorokan biasanya dapat berupa gejala yang terbilang ringan sampai sedang, tergantung pada penyebab yang ditimbulkannya.

Gejala umum dari terserangnya tenggorokan oleh suatu ganguan dapat berupa amandel yang memerah dan membengkak, adanya kesulitan menelan, gatal pada tenggorokan, nyeri yang tampaknya lebih buruk ketika berbicara atau menelan, tenggorokan kering, kantong nanah atau bercak putih pada tenggorokan, dan adanya kelenjar yang membengkak di daerah leher. Sakit tenggorokan juga dapat disebabkan dari adanya pilek atau flu, demam, tubuh pegal dan batuk.

Bagaimana cara pengobatan yang dianjurkan oleh dokter dalam mengobati sakit tenggorokan dengan menggunakan Peppermint ?

Peppermint adalah ramuan yang umum digunakan sebagai agen penyedap dalam produk konsumen seperti permen karet dan pasta gigi. Selain itu, telah digunakan juga selama bertahun-tahun untuk mengobati kondisi seperti gangguan pencernaan, kecemasan dan kram pada saat menstruasi.

Adanya sensasi mentol yang diakibatkan dari adanya bahan utama dalam peppermint, yang mana sensasi mentol tersebut dapat berperan sebagai dekongestan yang efektif dan ekspektoran. Peppermint juga baik untuk menenangkan faringitis dan sakit pada tenggorokan.

Bentuk Peppermint

Peppermint tersedia dalam bentuk kapsul, tincture, krim dan daun herbal kering. Untuk membuat teh peppermint yang dapat menenangkan dan mendinginkan sakit tenggorokan, seorang peneliti kesehatan menyarankan untuk mengolahnya yakni dengan cara :

  • Menambahkan satu sendok teh daun peppermint kedalam secangkir air yang mendidih dan diamkalah selama 10 menit
  • Kemudian Saring campuran daun peppermint dan air hangat tersebut dan tunggu sampai suhunya dingin, jika sudah benar-benar dingin anda boleh langsung mengkonsumsinya

Campuran dari daun kering peppermint dan air hangat ini dapat diminum sampai lima kali per hari, sesuai kebutuhan.

Perhatikanlah beberapa hal berikut ini yang perlu anda perhatikan ketika anda melakuakn pengobatan herbal berbahan daun peppermint

Pengobatan herbal denagn menggunakan peppermint sangat tidak dianjurkan untuk :

  • Diberikan atau dikonsumsi kepada bayi atau anak-anak kecil.
  • Jika Anda menderita refluks gastrointestinal atau umumnya dikenal sebagai GERD, Anda tidak dianjurkan dn tidak diharus untuk menggunakan obat ini.
  • Peppermint dapat mengurangi efektivitas obat-obatan tertentu seperti obat asam lambung, obat diabetes dan obat tekanan darah.
  • Minyak peppermint tidak boleh digunakan jika Anda menderita penyakit kandung empedu atau batu empedu, karena dapat membuat mereka lebih buruk.
  • Ramuan ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan atau dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.