Sering terbangun di malam hari, dada merasa terbakar, adanya rasa mulas yang sangat menyiksa, merupakan beberapa gejala yang akan timbul dari adanya asam lambung meningkat, dimana yang menjadi penyebab utamanya yakni dari jenis makanan, dan minun yang dikonsumsi.

Jenis Makanan apa saja yang dapat memicu naiknya asam lambung ?

Ada banyak jenis makanan yang dapat menjadi pemicu utama naiknya asam lambung, namun kemungkinan besar ada yang sulit untuk menjauhinya, dan menghentikan untuk mengkonsumsinya. Mau tahu apa aja jenis makanannnya? segera simak penjelasan berikut ini ya, tapi kalian jangan sampai terkejut.

  • Makanan berbahan dasar daging. Seperti daging sapi, marmer sirloin, nugget ayam, sayap ayam, dan daging kerbau.
  • Jenis makanan yang banyak mengandung lemak. Jenis makann tersebut berupa coklat, popcorn, keripik kentang, cookies yang salah satu bahan pembuatannya menggunakan mentega belemak tinggi, brownies bertekstur lembut, donat, salad berminyak, dan gorengan, dimana jenis makana tersebut dapat tergolong ke jenisĀ  makanan berlemak secara umum.
  • Buah. Agar asam lambung tidak mudah mengalami penigkatan, alangkah lebih baiknya segera hindari konsumsi jenis buah-buahan yang banyak mengandung serat seperti buah jeruk, lemon, limun,tomat, pisang, dan apel.
  • Olahan jus yang harus dihindari agar asam lambung tidak mudah mengalami peningkatan, diantaranya yaitu jus jeruk, dan jus cranberry.
  • Jenis sayuran. Sayuran yang dapatĀ  digolongkan sebagai penyebab utama naiknya asam lambung, dan secara otomatis harus dihindari untuk dikonsumsi bagi para penderita lambung yakni berupa kentang tumbuk, kentang goreng, bawang mentah, dan salad kentang.
  • Makanan berbahan dasar biji-bijian. Ada beberapa jenis makanan berbahan dasar biji-bijian yang akan sangat memicu terhadap naiknya asam lambung, yakni Makaroni, dan spaghetti dengan menggunakan saus marinara.
  • Makanan yang tinggi akan kandungan lemaknya. Jika anda mengkonsumsi jenis makanan yang sangat tinggi akan kandungan lemaknya dalam porsi yang cukup banyak, mungkin asam lambung akan mengalami peningkatan secara cepat.
  • Makanan dalam porsi yang terlalu banyak. Hal ini akan sangar berpengaruh terhadap meningkatnya tekanan pada perut, yang mana akan menyebabkan kadar asam yang terdapat pada perut akan kembali ke kerongkongan, dnan hal tersbutlah yang menjadi pemicu utama dari meningkatnya asam lambung.
  • Olahan makanan yang berbahan dasar susu, seperti : krim asam, susu kocok, es krim, biasa keju cottage.

Minuman pemicu naiknya asam lambung

Selain makanan, ternyata minuman juga ada yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung, beberapa minuman tersebut diantaranya yakni :

  • Minuman keras, minuman anggur, kopi, dan teh
  • Rokok. merokok juga merupakan suatu tindakan yang memiliki peran besar dari adanya asam lambung yang meningkat
  • Minuman yang berkarbonasi. Jenis minuman ini dapat memberikan penekanan pada perut, dan dapat memaksa asam lambung untuk kembali naik ke kerongkongan.

Cara terbaik agar asam lambung anda tidak sering mengalami peningkatan, hindari atau kurangilah dari mengkonsumsi berapa jenis makanan dan minuman tersebut, tapi bukan dengan cara mengubah apa yang sudah anda makan, melainkan dengan cara melakukan perubahan sederhana denga cara menjalankan diet sehat, dan merubah gaya hidup, karena dengan cara seperti itulah, asam lambung tidak akan mudah mengalami peningkatan.

Anda harus baca ini:
Cara Konsumsi QnC Jelly Gamat Untuk Mengobati Asam Lambung

Salah satu contoh yang dapat menggambarkan bagaimana gaya hidup yang musti di jalankan, agar asam lambung tidak mudah mengalami peningkatan, yakni dengan cara mengurangi porsi konsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan. Mengapa yang dicontokannya hanya gorengan? Sebab jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang sangat sulit sekali dihentikan untuk megngkonsumsinya.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.