Adanya peradangan pada sinus yang disebabkan dari terhirupnya udara yang mengandung virus, bakteri dan jamur merupakan suatu penyebab dari terserangnya tubuh oleh penyakit sinusitis.

Gejala umum dari adanya sinuitis dapat berupa adanya debit cairan di hidung yang menebal, adanya perubahan warna  cairan pada hidung, terjadi pendarahan pada hidung yang diakibataka dari adanya iritasi, peradanga dan infeksi, adanya penyumbatan pada hidung yang disertai dengan adanya rasa sakit, timbulnya demam ringan, sering batuk dan sering mengalami kelelahan.

Untku mengenali lebih jelasnya mengenai gejala sinusitis tersebut, marilah kita simak penjelasan selengkapnya  di bawah ini.

Terjadi Pendarahan pada hidung

Adanya infeksi pada sinus yang menjadi penyebab dari adanya hidung yang teriritasi akan menimbulkan pendarahan yang bercampur dengan lendir, dan jika pendarahan ini mengalami keparahan perlu konsultasi langsung secara serius dengan dokter yang sudah ahli dalam menangani ganguan THT, sehingga perkembangan gejala yang berupa pendarahan pada hidung akan reda dalam jangka waktu yang cukup singkat.

Rasa sakit

Sinusitis biasanya akan menimbulkan gejala berupa adanya rasa sakit, adanya rasa sakit tersebut biasanya bertitik pada daerah mata, tulang pipi dan dahi. Rasa sakit di dahi merupakan akibat dari adanya peradangan pada sinus frontalis, nyeri dahi dapat menyebabkan visi terdistorsi dan hilangnya bau dan rasa.

Rasa nyeri yang timbul dan dirasakan di bagian atas-gigi dapat diakibatkan dari adanya tekanan yang bertempat pada akar gigi. Oleh sebab itu jika anda merasakan sakit gigi perlu dievaluasi dengan segera oleh dokter gigi agar anda mengetahui apakah sakit yang yang menyerag pada gigi dan gusi tersebut di sebabkan oleh adanya penyakit sinusitis atau bukan.

Kemudian dari adanya serangaan penyakit sinusitis biasanya pipi akan lebih sensitif terhadap sentuhan ketika sinus maksilaris adalah infeksi. Rasa sakit dari infeksi sinus dapat juga dirasakan di bagian belakang leher sebagai kusam, sakit berdenyut.

Hidung tersumbat

Adanya hidung yang tersumbat merupakan gejala sinusitis yang ketiga, hidung yang terseumbat biasanya dapat diakibatkan dari adanya blok rongga sinus yang meradang dan kemudian nantinya akan mengganggu pada kemampuan seseorang untuk bernapas normal.

Hidung yang mengalami penyumbatan yang diakibatkan dari sinus yang meradang perlu melakukan pengobatan dengan menggunakan dekongestan, adanya pengobatan tersebutlah yang nantinya akan dapat mengurangi pembengkakan pada hidung anda yang menjadi penyebab tibulnya gejala tersumbatnya hidung.

Sebagian orang juga banyak yang melakuakn pengobaan dengan cara meniup hidung, namun sebenarnya dengan pengobatan tersebut  bukanlah pengobatan yang dapat membantu meringankan hidung tersumbat akibat sinus membengkak.

Mengalami demam pada kelas rendah

Demam merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan pada suhu tubuh kita yang dapat diakibatkan dariadanya infeksi ringan dan infeksi yang sudah terbilang parah. Demam juga dapat diaktakan sebagai bagian daria dnay proses kekebalan tubuh terhadap adanya perlawanan infeksi virus, bakteri, dan parasit.

Sebuah demam ringan yang dapat berkembang dengan cepat jika seseroag terserang oleh sinusitis, oleh sebab itu jika seseorang yang mengalami demam mengalami peningkatan segeralah melakuakn pengobatan agar demam yang dirasakan tidak menimbulkan kondisi yang lebih serius.

Batuk

Batuk yang diakibatkan dari adanya infeksi sinus dengan disertai adanya darah dapat disebbakan dari adanya post-nasal drip. post-nasal drip disebut juga sebagai sindrom batuk pada saluran nafas. Ketika seseoran mengalami batuk yang diakibatkan dari terserangnya sinusitis biasnaya akan di barengi dengan adanya akumulasi lendir pada tenggorokan, hal ini juga dapat menyebabkan bau mulut, dan timbulnya sakit pada tenggorokan.

Batuk berdahak

Karena banyaknya lendir, terkadang cairan tidak bisa keluar melalui hidung dan dialirkan ke tenggorokan. Akibat dari masuknya lendir ke tenggorokan, maka lendir akan menumpuk dan bisa menyebabkan batuk berdahak.

Kelelahan

Kelelahan suatu hal yang disebabkan dari andanya penurunan tenaga pada seluruh bagian tubuh, dimana ketika menjalankan aktivitaspun menjadi kurang bersemangat. Gejala yang biasanya timbul dari adanya kelelahan yakni berupa Sering merasa lesu, ngantuk, pusing, berkurangnya tingkat kewaspadaan, berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi, presepsi yang buruk dan lambat, gairah dalam melakuakn pekerjaan  menjadi berkurang.

Kelelahan juga dapat dikategorikan sebagai gejala yang ditimbulkan dari terseranganya tubuh oleh penyakit sinusitis, kelalahan yang diakibatkan oleh sinusitis ini merupakan respon tubuh untuk melawan infeksi pada sinus. Tubuh anda pasti sangat menginginkan beristirahat untuk fokus lebih banyak energi pada menyerang infeksi.

Flu lebih dari seminggu

Biasanya sinusitis berawal dari gejala klasik flu, yang disertai dengan adanya hidung gatal, meriang, tenggorokan gatal, dan perasaan lemah. Setelah tiga atau empat hari, gejala tersebut akan semakin memburuk, dan di hari kelima atau ketujuh akan membaik. Jika sudah seminggu gejalanya tidak juga hilang, kemungkinan sudah terjadi infeksi bakteri apda hidung anda, dan harus sesegera mungkin melakukan pengobatan yang sesuai.

Tekanan pada bagian sinus

Infeksi sinus bisa membuat wajah dan area sinus (rongga udara di balik tulang wajah) terasa lebih tertekan, hingga terkadang menyebabkan sakit kepala. Ada juga orang yang merasa bagian sinusnya membengkak. Pengobatan sinus dilakukan untuk mengatasi peradangan pada sinus, serta pemberian antibiotik. Bagi sinusitis yang disebabkan dampak dari alergi, pemicu alerginya haruslah segera ditemukan dan diselesaikan dengan cara anda melakukan konsultasi dan pengobatan pada dokter.

Artikel yang berhubungan :

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.