Terkadang banyak para orang tua yang merasa aneh, ketika menonton anak-anaknya sedang menjalankan aktivitas bermainnya, rasa aneh tersebut tertuju pada sisitem pernafasan yang dimiliki anak-anaknya, meskipun mereka bermain dengan aktifnya, namun mereka tidak mudah merasakan kelalahan.

Lain halnya dengan para ibu bapaknya, bagi para orang tuanya terkadang dengan hanya menjalankan suatu aktifitas yang bisa kategorikan sebagai kegiatan yang sangat ringan saja, rasa lelah sangat mudah terasa. Apa yang menyebabkan ini terjadi? mungkin kurangnya pendingin aerobik, dan kurang membiasakan diri menjalankan hidup sehat.

Semua pernapasan akan menggunakan setiap aspek dari sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, kotak suara, dan paru-paru. Banyak faktor yang dapat menyebabkan sistem pernafasan mengalami gangguan, atau mengalami kerusakan, termasuk genetika, merokok, polusi, iritasi, dan penyakit menular, seperti penyakit yang menyerang pada organ paru-paru.

Namun sekarang ada kabar baik bagi anda yang saat ini sedang mengalami kerusakan,dan suatu gangguan yang menyerang pada sistem pernafasan, yakni berupa 8 cara untuk meningkatkan kesehatan sistem pernapasan, yang benar-benar dapat membuat sistem pernafasan anda semakin sehat, dan kuat.

Meningkatkan Kecepatan Kaki

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan kaki yakni dengan cara melakukan tindakan sederhana denga berjalan-jalan kecil di jalanan yang sepi dari lalu lalang kendaraan, namun anda harus bisa mengukur seberapa cepat, dan seberapa lama anda kuat untuk menjalani kegiatan yang baik untuk kesehatan pernafasan tersebut, jangan sampai malah memberi dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh anda.

Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan, baisanya akan memberi tekanan lebih pada paru-paru, dan semua otot yang terdapat pada organ pernafasan, yang mana dari adanya hal tersebut biasanya akan membuat mereka bekerja lebih keras dan kurang efisien.

Cara yang dapat anda jalankan untuk menjaga berat badan yakni dengan memastikan bahwa anda menjalankan diet dengan konsumsi berbagai macam jenis makanan yang  banyak mengandung nutrisi, mudah diikuti, dan yang paling penting dapat bekerja sehingga Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat .

Tetap Terhidrasi

Minum banyak air setiap hari dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, dan memberikan konsistensi tipis untuk lendir yang melapisi saluran udara dan paru-paru.

Sedangkan jika jarang konsumsi air, maka kemungkinan besar anda akan mengalami dehidrasi, dan menyebabkan lendir menjadi menebal dan lengket, yang dapat memperlambat respirasi secara keseluruhan, dan membuat Anda lebih rentan terserang penyakit, khususnya yang menyerang pada pernafasan.

Hindari merokok dan perokok Paru-paru

Merokok merupakan suatu tindakan yang dapat merusak organ paru-paru, dan sekaligus dapat mengganggu pada kesehatan pernapasan, yang dapat menginduksi peradangan, mempercepat stres oksidatif pada sel-sel pernapasan, dan bahkan dapat menyebabkan kematian sel, berpotensi menumbuhkan penyakit emfisema, penyakit paru-paru kronis, bronkitis kronis, dan kanker paru-paru.

Oleh sebab itu jika anda tidak menginginkan beberapa gangguan kesehatan tersebut menyerang pada tubuh anda maka segeralah hentikan kebisaaan merokok anda, dan menghindari perokok paru-paru.

Bagi yang sudah kecanduan pasti akan sulit, namun jangan putus asa, jika anda benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan merokok anda, terdapat banyak metode untuk berhenti merokok, salah satu caranya yakni dengan terus mencoba sampai Anda menemukan satu cara tebaik, yang dapat bekerja dalam membantu menghilangkan kebiasaan merokok anda.

Jika Anda sudah mencoba untuk berhenti sebelumnya, saatnya untuk mencoba lagi, karena hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan paru-paru, dan sistem pernafasan adalah dengan berhenti merokok.

Konsumsi Suplemen yang baik untuk kesehatan sistem pernafasan

Organ paru-paru meruapakan salah satu organ tubuh yang sangat sensitif terhadap metilasi, atau lebih dikenal sebagai sebuah proses adanya ketidak seimbangan pada Sel DNA, yang akan mengganggu pada fungsi DNA. Jika hal tersebut terjadi maka tubuh akan mudah terseran oleh berbagai jenis kanker, salah satunya yakni kanker paru-paru.

Pelajari Teknik Yoga Pernapasan

Apakah Anda nafas dangkal? Jika sebagian besar napas Anda berasal dari daerah dada, maka disarankan mulailah belajar untuk mengambil napas panjang, dan mengirim oksigen segar menujuke bagian bawah paru-paru Anda.

Hal ini tidak hanya membantu paru-paru Anda berfungsi lebih baik, tetapi juga dapat memberi rasa tenang pada diri anda. Dengan rutin menjalankan latihan yoga pernafasan maka akan sangat baik bagi kesehatan paru-paru,dan dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

Lakukan latihan sederhana namun menantang

Latihan yang dimaksud yakni dengan bernapas melalui sedotan, mengapa dengan cara seperti itu? sebab menurut hasil penelitian bernafas dengan menggunakan sedotan dapat meningkatkan fungsi paru, dan meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

Menjalankan Perawatan Chiropractic

Ini merupakan jenis perawatan sistem pernafasan yang dapat membantu anda, agar selalu merasa fit, dan aktif ketika menjalankan berbagai kegiatan, meskipun sudah berumur cukup tua.

Cara menjalankan perawatan chiropractic yakni dengan cara mengambil langkah-langkah sederhana, sepeti:

  • Tidak merokok
  • Menghindari perokok paru-paru
  • Menjaga berat badan agar tetap yang sehat
  • Menghindari paparan polutan
  • Tetap aktif
  • Rutinlah konsumsi makan sehat

Dengan cara tersebutlah maka akan dipastikan sistem pernafasan anda tidak mudah diserang oleh berbagai macam gangguan kesehatan.

2 thoughts on “8 Cara Meningkatkan Kesehatan pada Sistem Pernapasan

  1. twitter.com says:

    I thіnk you have mentioned some very interestіng points , thankyou for the post.

  2. Dane says:

    You have remɑrked very interestіng points ! pss nice site.

    “The length of a film should be directly related to the endurance of the human bladder.” Ƅy Alfred Hitchcock.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.